pendidikan

Saturday, October 13, 2012

Contoh RPP seni Budaya



RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                                    :
Kelas                                       : VII ( tujuh )
Mata Pelajaran             : SENI BUDAYA /SENI MUSIK
Semester                                  : 1 (satu)
Alokasi Waktu             : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi                 : Mengapresiasikan Karya Seni Musik
Kompetensi Dasar                    : Mengidentifikasi jenis lagu daerah setempat
Indikator                                  :
·  Mengidentifikasi jenis-jenis lagu etnik dari daerah setempat
·  Mengidentifikasi elemen-elemen musik; irama, tempo, nada, dinamika dan  dari lagu daerah setempat
·  Mendeskripsikan lagu (pemainan pergaulan)  yang ada  di daerah setempat

  1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pelajaran siswa dapat         
a.       menyebutkan judul lagu yang diperdengarkan
b.      menyebutkan elemen-elemen lagu seperti : irama, nada, tempo dan dinamika lagu
c.       menjelaskan makna dari lagu daerah setempat

     2. Materi Ajar         : lagu etnik daerah setempat

     3. Metode               : ModelPendekatan Ctldan Lifeskill

     4. Langkah-langkah  Pembelajaran :

Kegiatan Pendahuluan
a.       Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan

b.      Kegiatan Inti
·        Mendengarkan lagu-lagu etnik daerah setempat melalui VCD/CD/kaset atau guru
·        Mendiskusikan tentang elemen-elemen musik seperti : irama, tempo, nada serta dinamika
·        Melakukan tanya jawab tentang lagu yang sudah diperdengarkan
·        Memberikan tanggapan pribadi secara lisan atau tertulis.

c.       Kegiatan Akhir
Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
Menyimpulkan materi pembelajaran



    5. Alat/Sumber belajar  : Buku teks, lagu-lagu etnik daerah, dan vcd/cd/kaset/guru
     6. Penilaian              : Teknik                       : Tes lisan/ tertulis

                                      Bentuk Instrumen      : Daftar pertanyaan

                                      Contoh Instrumen      : a.  Sebutkan nama irama,dinamika,tempo lagu yang diperdengarkan
                                                                           b.  Sebutkan alat musik yang digunakan dalam lagu yang diperdengarkan
                                                                            c.  Sebutkan fungsi lagu yang diperdengarkan dalam kehidupan masyarakat setempat
                                                                            d.  Ceritakan makna lagu yang diperdengarkan














RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       
Kelas                           : VII ( tujuh )
Mata Pelajaran : Seni Budaya/seni Tari
Semester                      : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

Standar Kompetensi      : Mengekspresikan Karya Seni tari

Kompetensi Dasar          : Mengekplorasi gerak dan pola lantai dari tari  tunggal   daerah setempat

Indikator                        :  a.  Menyebutkan jenis-jenis tari tunggal daerah
                                                Setempat
b.      Menyebutkan ragam gerak tari tunggal
c.       Menjelaskan keragaman tari tunggal berdasarkan fungsinya dalam masyarakat daerah setempat

     1. Tujuan Pembelajaran       : Siswa mampu :
a.  membuat eksplorasi gerak tari tunggal
b. membuat pola lantai gerak tari tunggal
c. membuat komposisi tari sederhana.
d. melengkapi tari dengan tata rias dan busana.
e. menampilkan tari hasil ciptaan sendiri.


     2. Materi Ajar                     : tari tunggal dari daerah setempat

     3. Metode                           : Demonstrasi, resifrokal (saling menilai)

     4. Langkah-langkah  Pembelajaran :
                                                Kegiatan Pendahuluan
a.   Tanya jawab berbagai hal terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan apresiasi.
b.   Kegiatan Inti
1.      Menyaksikan, mengamati tari etnik daerah setempat melalui VCD/CD/casset
2.      Mendiskusikan tentang unsur-unsur tari
3.      Membuat gerakan tari yang sesuai dengan tata rias dan tata busana tari
4.      Mendiskusikan pola lantai untuk tari tunggal
5.      Latihan tari sesuai komposisi yang dirancang
6.      Menampilkan tari yang sudah dirancang

c.   Kegiatan Penutup
Membuat kesimpulan hasil latihan kelompok tentang tari etnik daerah setempat
    5. Sumber belajar     : Buku teks
   tarian etnik daerah setempat
   tape recorder dan
   vcd/cd
                                       guru
             
    6. Penilaian               : Teknik                       : Tes unjuk kerja, lisan,
                                                                           Tulis dan penugasan.

                                      Bentuk Insrumen         : uji petik prosedur dan
                                                   Produk,pertanyaan
                                                   Lisan dan simulasi.

Contoh instrumen     : a.   buatlah pola lantai yang sesuai dengan komposisi  yang   berdasarkan tari etnik daerah setempat
                  b.   peragakan/tampil kan hasil karya tarimu didepan kelas

   Contoh lembar penilaian penampilan tari
         

Aspek-aspek yang dinilai
Kriteria Penilaian
1
2
3
4
5
 Teknik kaki





 Teknik tangan





 Koordinasi gerak kaki dan tangan





 Kelenturan





 Keserasian gerak tari dengan musik pengiring, dan penjiwaan.








Keterangan :
  1 = sangat kurang
  2 = kurang
  3 = cukup
  4 = baik
  5 = sangat baik








No comments:

Post a Comment