pendidikan

Monday, October 1, 2012

SILABUS DAN RPP IPS TERPADU



Silabus

Sekolah                      : MTs PSA AL-FALAH “YASMI”
Kelas                          : VII (tujuh)
Mata Pelajaran        : Ilmu Pengetahuan Sosial
Semester                  : 1 (satu)

Standar Kompetensi : 1.  Memahami lingkungan kehidupan manusia.



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1.1 Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan.
Tenaga Endogen dan Tenaga Eksogen










Gejala diastropisme dan vulkanisme




Faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi

Jenis-jenis batuan



Proses pelapukan


Proses erosi dan penyebabnya






Proses sedimentasi.


Dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangan-nya.
Mengamati gambar bentukan-bentukan di mka bumi yang merupakan hasil dari tenaga geologi.









Mengamati gambar tentang gejala-gejala diastropisme dan vulkanisme.
Mengamati peta sebaran tipe gunung api di Indonesia.


Mengkaji faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi.



Mengamati contoh jenis batuan melalui gambar dan batuan yang ada di lingkungan sekitar.

Mengamati gambar dan lingkungan sekitar tentang proses pelapukan.

Mengamati obyek dan  gambar tentang erosi.






Menelaah contoh kenampakan hasil proses sedimentasi


Membaca buku sumber tentang dampak positif dan negatif tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangannya.

·Mendeskripsikan proses alam endogen yang menyebabkan   terjadinya bentuk muka bumi.










·Mendeskripsikan gejala diastropisme dan vulkanisme serta sebaran tipe gunung api.




·Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkannya.


·Mengindentifikasi jenis batuan berdasarkan proses pembentukannya.

·Mendeskripsikan  proses pelapukan.

·Mendeskripsikan  proses erosi, dan faktor-faktor penyebabnya, dampaknya..





·Memberikan contoh bentukan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi.

·Mengidentifikasi dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangannya.


Tes Tulis












Tes tulis






Penugasan




Tes tulis



Tes tulis


Tes tulis







Tertulis



Tertulis
PG
.











Pilihan Ganda





Tugas rumah



Tes Uraian



Tes Uraian


Pilihan ganda






Tes Uraian



Tes Uraian
Penyebab terjadinya tenaga Endogen adalah ....
A.      Konvergen, devergen dan mendatar
B.      Tektonisme, vulkanisme dan seisme
C.     Konvergen, vulkanisme dan gempa
D.     Devergen, tektonisme dan mendatar
E.      Tektonisme, vulkanisme dan mendatar


Tipe gunung api yang banyak terdapat di Indonesia yaitu ….
a.     maar
b.     perisai
c.     starto
d.     kaldera

Buatlah peta jalur gempa bumi di Indonesia pada kertas karton ukuran A2!


Berikan dua contoh jenis batuan sedimen!


Jelaskan proses pelapukan biologis!


Erosi yang disebabkan gelombang air laut yang mengikis pantai disebut ....
a.     abrasi
b.     deflasi
c.     glasial
d.     korasi

Berilah 2 contoh bentang alam hasil sedimentasi oleh air!


Jelaskan 3 manfaat material vulkanik gunung api !






12 JP
Peta
Atlas
Globe
Gambar proses terjadinya diastropisme.
Gambar tipe gunung api
Gambar jenis batuan
LKS
CD
Buku sumber yang relevan.


1.2.Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra-aksara di Indonesia.

Pengertian dan kurun waktu pra-aksara

Jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra –aksara

Perkembangan kehidupan pada masa  pra-aksara.




Peninggalan –peninggalan kebudayaan.




Kedatangan nenek moyang dari Yunan tersebar di Nusantara.
Membaca referensi untuk merumuskan pengertian dan kurun waktu masa pra -aksara

Dengan Atlas Sejarah dan foto –foto/ gambar mengamati jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa Pra-aksara


Membaca buku referensi, mengamati gambar dan diskusi  untuk menelaah kehidupan pada masa pra-aksara dan peralatan yang digunakan.


Membaca buku referensi dan mengamati gambar untuk mengidentifikasi peninggalan –peninggalan kebudayaan pada masa pra aksara.


Mengamati atlas sejarah kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia.

·   Menjelaskan pengertian  dan kurun waktu masa pra –aksara


·   Mengidentifikasi jenis- jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra- aksara



·   Mendeskripsikan perkembangan kehidupan  pada masa pra- aksara dan peralatan kehidupan yang dipergunakan.



·   Mengidentiifikasi peninggalan –peninggalan kebudayaan pada masa pra-aksara.




·   Melacak  kedatangan dan  persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara dengan atlas sejarah.

Tes tulis



Penugasan





Tes tulis






Tes tulis






Penugasan
Tes Uraian



Tugas rumah




 Tes Uraian






Tes pilihan ganda





Tugas rumah
 Jelaskan pengertian masa pra aksara.


Kumpulkan gambar manusia purba dan peninggalan kebudayaannya serta kelompokkan sesuai kurun waktunya kemudian buatlah mading
Secara berkelompok

Berilah contoh-contoh peralatan yang dipergunakan pada masa berburu!




Peninggalan budaya Megalithikum diantaranya ialah ....
a.menhir dan dolmen
b.nekara dan menhir
c.sarkopagus dan dolmen
d.kapak lonjong dan moko

Buatlah peta kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara!
8 JP
Buku sumber yang relefan
Atlas Sejarah
Foto –foto
Gambar –gambar sejarah
Musium
Situs sejarah



















Standar Kompetensi : 2. Memahami kehidupan sosial manusia.


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
2.1  Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial


Kaitan interaksi sosial dengan proses sosial.



Pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial.

Mengkaji kaitan interaksi sosial dan proses sosial dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan terdeka.


Mengkaji pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial.


·   Menjelaskan kaitan interaksi sosial dan proses sosial.




·   Menjelaskan pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial.


Tes tulis






Portofolio


Tes Uraian






Rubrik


Jelaskan kaitan interaksi sosial dengan proses sosial!




Buatlah kliping yang terdiri dari 5 peristiwa proses assosiatif dan 5 proses dissosiatif dari surat kabar atau tabloid.


4 JP
Gambar-gambar tentang interaksi sosial dan sosialisasi.
VCD
Buku-buku sumber yang relevan.
Surat kabar.
Masyarakat

2.2Mendeskripsikan sosialisasi sebagai  proses pembentukan kepribadian



Pengertian sosialisasi

Faktor yang mempengaruhi sosialisasi.

Fungsi sosialisasi dalam pembentukan kepribadian.

Tanya jawab tentang pengertian sosialisasi.

Mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi sosialisasi.


Diskusi tentang fungsi sosialisasi dalam pembentukan kepribadian.



·   Menjelaskan pengertian dan pentingnya proses sosialisasi.

·   Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi sosialisasi.


·   Menguraikan fungsi sosialisasi dalam pembentukan kepribadian.



Tes tulis


Tes tulis



Tes tulis


Tes Uraian


Tes Uraian



Pilihan ganda

Jelaskan pengertian sosialisasi!


Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi sosialisasi!


Seorang anak diajarkan untuk mencium tangan orangtuanya. Proses sosialisasi ini digolongkan sebagai sosialisasi ....
a.     primer
b.     skunder
c.     tersier
d.     kuarter
6 JP
Gambar-gambar tentang interaksi sosial dan sosialisasi.
VCD
Buku-buku sumber yang relevan.
Surat kabar.
Masyarakat

2.3Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial



Syarat-syarat terjadinya interaksi sosial.




Bentuk-bentuk interaksi sosial:
Antar individu dengan individu.
Antar individu dengan kelompok.
Antar keompok dengan kelompok.


Tanya jawab tentang syarat-syarat terjadinya interaksi sosial.





Diskusi tentang bentuk-bentuk interaksi sosial.



·   Menjelaskan syarat-syarat terjadinya interaksi sosial.





·   Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial.



Tes tulis






Tes unjuk kerja

Pilihan ganda





Tes petik kerja prosedur dan produk

Contoh interaksi sosial berikut ini adalah ....
a.     Guru mengajar siswa
b.     Petani menyiram tanaman
c.     Pawang melatih gajah
d.     Sopir menyetir taksi

Buatlah kliping berita dari media cetak, masing-masing lima contoh peristiwa tentang interaksi sosial antar :
-        individu dengan individu
-        individu dengan kelompok
-        kelompok dengan kelompok


6 JP
Gambar-gambar tentang interaksi sosial dan sosialisasi.
VCD
Buku-buku sumber yang relevan.
Surat kabar.
Masyarakat

2.4Mengurai-kan proses interaksi sosial



Proses sosial asosiatif


Proses sosial disosiatif.




Diskusi tentang proses sosial asosiatif .


Diskusi tentang proses sosial disosiatif.






·   Mengidentifikasi proses sosial asosiatif .


·   Memberi contoh proses sosial disosiatif.

Tes tulis



Tes unjuk kerja

Tes Uraian



Panduan observasi

Jelaskan apa yang dimaksud dengan kerjasama!


Cobalah identifikasi contoh dan proses sosial disosiatif yang terjadi di lingkungan masyarakatmu!

6 JP

Gambar-gambar tentang interaksi sosial dan sosialisasi.
VCD
Buku-buku sumber yang relevan.
Surat kabar.
Masyarakat



Standar Kompetensi : 3. Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
3.1.     Mendes-krepsikan  manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang  bermoral dalam memenui kebutuh-an














Hakekat manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral


Makna manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi.

Ciri-ciri manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi.



Mengaplikasikan hubungan yang harmonis antar manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral.
Mendiskusikan hakekat manusia hakekat makhluk sosial dan ekonomi





Mengkaji  tentang  makna  manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi  yang bermoral



Membaca buku referensi selanjutnya mendiskusikan  ciri-ciri manusia sbagai makhluk sosial dan ekonomi  yg bermoral




Menyimpulkan cara mengaplikasikan hubungan yang harmonis antar manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral.



·         Mendeskripsikan  hakekat manusia    sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral



·         Mengidentifikasi  makna manusia sebagai    makhluk sosial  dan makhluk  ekonomi yang bermoral


·         Mengidentifikasi ciri-citi makhluk sosial dan makhluk ekonomi yangbermoral




·         Mewujudkan  hubungan yang harmonis antarmanusia sebagai makhluk sosial & ekonomi   yang bermoral

Tes
  Lisan





Tes tulis





Tes tulis




  

Observasi


Daftar pertanyaan





Tes Uraian





Tes pilihan ganda





Lembar Observasi

Coba berikan contoh dalam
kehidupan sehari-hari kegiatan
manusia sebagai makhluk sosial




Jelaskan makna manusia sebagai
makhluk ekonomi yang bermoral!




Berikut ini yang bukan ciri-ciri makhluk sosial adalah :
 a. saling tolong menolong
 b. setia kawan dan toleransi
 c. individual  dan egois
 d. simpati dan empati

Lakukan pengamatan pada warga di sekitar tempat tinggalmu kegiatan sosial apa yang dilakukan




8 JP


















Guru IPS 

Buku Materi
Yang relefan

Lingkungan sekolah

Lingkungan
Keluarga

Lingkungan masyarakat











3.2.           Mengidentifikasi  tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari

Pemanfaatan
sumber daya
ekonomi



Tindakan
ekonomi


Pengertian motif dan prinsip ekonomi

macam-macam motif dan prinsip ekonomi.




Kegiatan/tindak-an ekonomi sehari-hari  berdasar motif dan   prinsip   ekonomi.




 Manfaat/prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari.
Mendiskusikan perilaku manusia  dalam memanfaatkan sumber   daya




Mendiskusikan   tindakan ekonomi      rasional yg  dila-kukan manusia


Mendiskusikan     pengertian  motif  dan prinsip  ekonomi


Membaca literatur dan mendiskusikan macam –  macam  motif  dan prinsip Ekonomi




Mendiskusikan tentang   contoh-contoh dan pentingnya kegiatan / tindakan ekonomi yang berdasarkan motif dan  prinsip ekonomi






Tanya jawab tentang     manfaat/   pentingnya    prinsip ekonomi    dalam kehidupan sehari-hari.
·   Mendeskripsikan perilaku  manusia dalam memanfaatkan sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya

·   Mendeskripsikan berbagai tindakan ekonomi rasional yang dilakukan manusia

·   Mendefinisikan pengertian motif dan prinsip  ekonomi.


·   Mengidentifikasi macam-macam motif  dan prinsip  ekonomi.




·   Mengaplikasikan  kegiatan  /  tindakan ekonomi sehari-hari  berdasar motif dan   prinsip   ekonomi.




·   Mengidentifikasi manfaat /pentingnya prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari.
Tes   Lisan





Tes tulis

  

Tes tulis



Tes tulis







Observasi







Tes tulis
Daftar pertanyaan




Tes Isian



Tes Uraian



Tes pilihan ganda






 Lembar Observasi






Tes Uraian
Bagaimana sikap kita dalam
memanfaatkan sumberdaya
yang terbatas ?



Salah satu tindakan ekonomi
yang rasional yg dpt kita lakukan adalah ... .

Jelaskan pengertian motif ekonomi.



Pada umumnya motif ekonomi yang dilakukan manusia adalah karena ... .
a. kebutuhan
b. keuntungan
c. sosial
d. penghargaan

Amatilah kegiatan penduduk disekitarmu! Buatlah laporan tentang kegiatan  sehari-hari  yang dilakukan berdasarkan  motif  ekonomi!



Tentukan 5 macam kegiatan ekonomi  yang dilakukan seseorang dalam kehidupan  sehari-hari yang berdasarkan prinsip ekonomi.

6 JP

Guru PS
Ekonomi

Buku
Materi yg relevan


Keluarga

Lingkung
    an masya
    rakat

                                                                                                                                               

Mengetahui,                                                                                                                                                                                    Cicantayan, 18 Juli 2011

Kepala Madrasah                                                                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,





Drs Johan Abdul FAtah                                                                                                                                                                                           Rahdi Galasaputra, S.IP

 

Silabus

Sekolah                      : MTs PSA AL-FALAH “YASMI”
Kelas                          : VII(tujuh)
Mata Pelajaran        : Ilmu Pengetahuan Sosial
Semester                  : 2(dua)


Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya.


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
4.1.           Menggunakan peta, atlas,dan globe, untuk mendapat-kan informasi keruangan


Pengertian peta, atlas, dan globe.

Jenis peta dan bentuk peta.


Penggunaan indeks, daftar isi, garis lintang dan bujur, serta keterangan tepi pada peta, atlas, dan globe untuk mencari informasi geografis pada peta.

Skala peta.




Memperbesar dan memper-kecil peta.

Menyimpulkan perbedaan antara peta, atlas, dan globe.


Mengamati berbagai jenis dan bentuk peta.


Mengamati peta, atlas, dan globe tentang informasi geografis yang ada di dalamnya.










·   Menelaah arti berbagai jenis skala yang terdapat pada peta.



Praktik memperbesar dan memperkecil peta dengan garis-garis koordinat.

·   Membedakan peta, atlas, dan globe.


·   Mengidentifikasi jenis,bentuk dan pemanfaatan peta.


·   Mengidentifikasi informasi geografis dari peta, atlas dan globe.










·   Mengartikan berbagai skala.




·   Memperbesar dan memperkecil peta dengan bantuan garis-garis koordinat

Tes tulis



Tes tulis



Tes unjuk kerja











Tes tulis




Tes unjuk kerja
Tes Uraian



Tes Uraian



Tes identifikasi











Tes Uraian




Petik uji kerja produk

Jelaskan perbedaan peta dan atlas.



Jelaskan perbedaan peta umum dengan peta khusus !

Carilah kota Ampenan pada Atlasmu dengan menggunakan indeks .











Pada peta yang bersksla 1 : 5.000.000 jarak kota A ke B hádala 5 centimeter. Berapakah jarak sebenarnya?

Pilihlah peta salah satu pulau di Indonesia dalam atlasmu, kemudian perbesarlah 2 kali!

8 JP
Peta
Atlas
Globe
LKS
CD
Buku geografi yang relevan.

4.2.    Membuat sketsa dan peta wilayah yang menggam barkan obyek geografi


Sketsa wilayah dan obyek geografi.

Menentukan skala peta.

Simbol-simbol geografi pada peta.
Membuat sketsa wilayah dan obyek geografi dari peta atau observasi lapangan.

Menghitung dan menentukan skala peta.

Menentukan simbol-simbol geografi dapa peta.
·   Membuat sketsa wilayah dan obyek geografi.


·   Menentukan skala peta.


·   Menentukan simbol-simbol geografi pada peta.
Tes unjuk kerja


Tes unjuk kerja

Tes unjuk kerja.
Uji petik kerja produk

Tes identifikasi

Tes identifikasi
Buatlah sketsa tempat tinggalmu!



Tentukan skala sketsa yang telah kamu buat!

Tentukan simbol-simbol obyek yang ada di lingkungan tempat tinggalmu dan tempatkan pada sketsa yang telah kamu buat.
4 JP
Peta
Atlas
Globe
LKS
Buku geografi yang relevan.
4.3.    Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk
Deskripsi kondisi geografis suatu wilayah pada peta.

Deskripsi kondisi peduduk suatu wilayah.

Kaitan antara kondisi geografis dengan keadaan penduduk.
Membaca peta tentang kondisi geografis suatu wilayah.




Mendiskusikan keadaan penduduk suatu wialayah pada peta.



Diskusi tentang kaitan antara keadaan  geografis dengan keadaan penduduk.
·   Mendeskripsikan kondisi geografis suatu wilayah pada peta.



·   Mendeskripsikan kondisi penduduk suatu wilayah.



·   Menganalisis kaitan antara kondisi geografis dengan keadaan penduduk.
Tes tulis





Tes unjuk kerja



Penugasan
Tes Uraian





Uji petik kerja produk


Tugas proyek
Perhatiakan peta Pulau Sumatera. Jelaskan relief Pulau Sumatera agian timur!



Buatlah peta persebaran penduduk daerah tempat tinggalmu!



Amatilah keadaan kepadatan penduduk pada kondisi geografis tertentu (misalnya: di pantai, dataran rendah, pegunungan)
4 JP
Peta Indonesia
Atlas
LKS
Buku sumber yang relevan


4.4.    Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan.
Sifat fisik atmosfer.



Unsur-unsur cuaca dan iklim.

Tipe-tipe hujan.




Faktor yang mempengaruhi suhu udara.


Proses terjadinya angin dan jenis-jenis angin.


Siklus hidrologi.


Jenis-jenis air permukaan dan air tanah.


Zona laut menurut letak dan keda-lamannya.


Batas wilayah laut.

Mengamati dan tanya jawab tentang keadaan udara di luar kelas untuk menyimpulkan sifat-sifat fisik udara.

Tanya jawab tentang sifat fisik atmosfer serta unsur-unsur cuaca dan iklim.

Mengamati gambar dan tanya jawab tentang tipe-tipe hujan.



Menghitung suhu suatu daerah berdasarkan ketinggian di atas permukaan air laut.


Pengamatan gambar dan tanya jawab tentang proses terjadinya angina jenis-jenis angina, dan contoh-contohnya.


Pengamatan gambar dan tanya  tentang siklus hidrologi.


Pengamatan langsung atau gambar tentang bentuk-bentuk tubuh air.



Pengamatan gambar dan peta serta tanya jawab tentang zona laut menurut letak (laut pedalaman, laut tepi, laut tengah) dan kedalamannya (litoral, batial dan abisal).

Pengamatan peta tentang batas-batas wilayah laut.

·   Mendeskripsikan sifat-sifat fisik atmosfer.


·   Mendiskripsikan cuaca dan iklim.


·   Mengidentifikasi tipe hujan (orografis, zenithal, frontal).



·   Menghitung suhu suatu daerah berdasarkan ketinggian di atas permukaan air laut.


·   Menganalisis proses terjadinya angin dan memberikan contoh-contohnya.




·Mendeskripsikan siklus hidrologi dan bagian-bagiannya.


·Mengklasifikasikan bentuk-bentuk tubuh air permukaan dan air tanah serta pemanfaatannya.


·Mendiskripsikan zona laut menurut letak (laut pedalaman, laut tepi, laut tengah) dan kedalamannya (litoral, batial, abisal).

·Menafsirkan pengertian batas landas kontinen, laut territorial, dan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) dan menunjukkannya pada peta.
Tes lisan



Tes tulis



Penugasan




Tes tulis




Tes unjuk kerja




 
Portofolio



Unjuk kerja




Tes unjuk kerja




Tes lunjuk kerja



·   Daftar pertanyaan


·   Tes Uraian



·   Tugas rumah



Tes Uraian




Uji petik kerja produk




Karya



Uji petik kerja produk.


Tes identifikasi




Tes identifikasi



·   Sebutkan sifat-sifat fisik udara !
·    


·   Tuliskan 5 unsur cuaca dan iklim!



·   Buatlah gambar proses terjadinya , hujan zenithal, hujan orografis, hujan frontal (pilih salah satu) ¡


Hitunglah suhu udara di kota Bogor  yang terletak pada ketinggian 700 meter di atas permukaan laut.


Buatlah gambar proses terjadinya angin fohn, angin darat dan laut, angin gunung dan lembah (pilih salah satu) ¡



Buatlah gambar siklus hidrologis dan bagian-bagiannya!


Sebutkan jenis-jenis air permukaan!




Tunjukkan pada peta, laut-laut yang termasuk dangkalan sahul!




Jelaskan apa yang dimaksud dengan laut teritorial!
8 JP
Peta Indonesia
Atlas
LKS
Buku sumber yang relevan

Peta arah angin muson di Indonesia

Gambar-gambar.

 

 

 

 

 









Standar Kompetensi : 5. Memahaami perkembangan masyarakat sejak masa Hindu-Buddha sampai masa Kolonial Eropa.


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
5.1 Mendeskripsikan perkem-bangan masyara-kat, kebudaya-an, dan pemerintahan pada masa Hindu-Buddha serta peninggalan-pening-galannya.
Peranan perdagangan bagi masuk dan berkembangnya agama Hindu dan Buddha ke Indonesia


Peta daerah yang di pengaruhi unsur Hindu dan Buddha


Perkembangan kerajaan Hindu Buddha (Kutai, Taruma Negara, Mata-ram kuno, Sriwijaya,Kedi-ri,Singasari, dan Majapahit).


Peninggalan –peninggalan sejarah Kerajaan yang bercorak Hindu dan Buddha
Membaca  referensi dan mengamati atlas sejarah tentang masuk dan berkembangnya agama Hindu Buddha di Indonesia



Mengamati peta daerah yang dipengaruhi unsur Hindu dan Buddha


Membaca referensi dan mengamati gambar menyusun secara kronologi perkembagan kerajaan Hindu dan Buddha






Mengamati gambar untuk mengenal peninggalan –peninggalan sejarah kerajaan –kerajaan Hindu dan Buddha di Indonesia
·         Mendeskripsikan masuk dan berkembangnya agama Hindu dan Buddha di Indonesia




·         Menunjukkan pada peta daerah-daerah yang dipengaruhi unsur Hindu Buddha di Indonesia

·         Menyusun kronologi perkembangan kerajaan Hindu-Buddha ke berbagai wilayah Indonesia





·         Mengidentifikasi dan memberi contoh peninggalan-peninggalan sejarah kerajaan-kerajaan bercorak Hindu-Buddha di berbagai daerah

Tes tulis






 Penugasan




Tes tulis









Penugasan
 Tes Uraian






Tugas rumah



Tes pilihan ganda








Tugas rumah
Jelaskan proses masuknya agama Hindu dan Buddha ke Indonesia





Kumpulkan gambar peninggalan kerajaan Hindu Buddha dan kelompokkan seuai corak keagamaannya !

Kerajaan Sriwijaya dapat berkembang besar karena berbagai faktor diantaranya ialah...
a.    wilayahnya sangat luas
b.    hasil hutannya melimpah
c.    memiliki angkatan laut yang luas
d.    berhasil menarik pajak dari pedagang luar negeri

Kumpulkan gambar –gambar peninggalan sejarah kerajaan –kerajaan Hindu dan Buddha dan kelompokkan masing –masing sesuai corak agamanya
6 JP
Buku sumber yang relevan
Atlas sejarah
Foto dan gambar
Benda reflika
Musium

Situs sejarah
5.2 Mendeskripsikan perkem-bangan masyara-kat, kebudaya-an, dan pemerintahan pada masa Islam di Indonesia, serta pening-galan-pening-galannya.
Proses masuk dan berkembangnya agama Islam melalui aktivitas pelayaran dan perdagangan antara Asia Barat, India dan Cina.

Saluran-saluran Islamisasi di Indonesia

Cara yang digunakan oleh Wali Songo/Ulama lainnya dalam menyebarkan Islam.

Peta jalur dan daerah penyebaran  Islam di Inndonesia


Kronologi perkembangan kerajaan Islam di berbagai wilayah Indonesia

Contoh peninggalan –peninggalan sejarah  bercorak Islam  di berbagai daerah

Mengamati peta dan gambar-gambar untuk mendeskripsikan masuk dan berkemangnya agama Islam ke Indonesia




Diskusi tentang  saluran-saluran Islamisasi di Indonesia


Tanya jawab tentang cara yang digunakan oleh Wali Songo/Ulama lainnya dalam menyebarkan Islam.


Membaca dan mengamati peta jalur penyebaran Islam serta diskusi membahas daerah-daerah yang dipengaruhi agama Islam

Dengan membaca referensi membahas perkembangan kerajaan Islam di berbagai wilayah Indonesia


Dengan mengamati gambar-gambar dan bertanya jawab tentang peninggalan sejarah bercorak Islam di berbagai daerah di Indonesia.
·   Melacak proses masuk dan berkem-bangnya agama Islam ke  Indonesia





·   Mendiskrepsikan saluran-saluran Islamisasi di Indonesia


·   Menjelaskan cara yang digunakan oleh Wali Songo/Ulama lainnya dalam menyebarkan Islam.


·   Membaca dan membuat peta jalur dan daerah penyebaran Islam di Indonesia


·   Menyusun kronologi perkem-bangan kerajaan Islam  di berbagai wilayah Indonesia



·   Mengidentifikasi dan memberi contoh peninggalan-peninggalan sejarah     bercorak Islam diberbagai    daerah

Tes tulis







Tes tulis



Tes tulis





Penugasan




Tes tulis





Penugasan
TesPilihan Ganda






Tes uraian



Tes Uraian





Tugas rumah



Tes Uraian





Tugas rumah




Masuknya agama Islam di Indonesia diantaranya terjadi melalui....
a.proses     perdagangan
b.perluasan wilayah
c.perebutan   pengaruh
d.pengembangan    kebudayaan

Jelaskan salura-saluran Islamisasi di Indonesia!


Jelaskan peranan Sunan Gunung jati dalam proses awal perkembangan Islam



Buatlah peta jalur penyebaran Islam dan berilah batas –batas daerah-daerahyang dipengaruhi agama Islam

Jelaskan faktor-faktor penyebab kerajaan Aceh dapat berkembang pesat



Kumpulkan gambar-gambar peninggalan sejarah bercorak Islam lakukan pemajangan


8 JP
Buku sumber yang relevan

Atlas
Sejarah

Foto
Fo /gambar peniggalan bercorak Islam

Ensiklopedi
Islam

Musium

Situs sejarah



5.3 Mendeskripsikan perkem-bangan masyara-kat, kebudaya-an, dan pemerintahan pada masa Kolonial Eropa
Proses masuknya bangsa-bangsa Eropa
ke Indonesia 


Cara-cara yang digunakan bangsa Eropa untuk mencapai tujuannya

Reaksi Bangsa Indonesia terhadap bangsa Eropa; perlawanan terhadap
Portugis, Spanyol
dan VOC


Mendeskripsikanperkembangan masyarakat,kebudayaan  dan
pemerintahan pada masa kolonial  Eropa  

Melacak proses masuknya bangsa-bangsa Eropa dengan mengamati peta penjelajahan samodra

Membaca buku referensi  tentang cara-cara yang digunakan bangsa Eropa untuk mencapai tujuannya


Membaca referensi dan mengamati gambar-gambar perlawanan terhadap Portugis ,Spanyol dan VOC




Membaca referensi tentang perkembangan kehidupan masyarakat ,kebudayaan dan pemerintahan pada masa kolonial Eropa     

·   Menguraikan proses masuknya bangsa–bangsa Eropa  ke Indonesia


·   Mengidentifikasi cara- cara yang  digunakan bangsa Eropa untuk mencapai tujuannya


·   Mengidentifikasi reaksi bangsa Indonesia terhadap bangsa Eropa





·     Mendiskripsikan perkembangan  kehidupan masyarakat, kebudayaan ,dan pemerintahan pada masa kolonial Eropa





Tes Tulis




Tes Tulis




Penugasan







Tes tulis








Tes Uraian




Tes Uraian




Tugas rumah






Tes Uraian







Jelaskan tujuan kedatangan  bangsa-bangsa datang ke Indonesia


Jelaskan cara –cara yang digunakan bangsa Eropa untuk mencapai tujuannya


Kumpulkan foto/gambar perlawanan terhadap Portugis,
Spanyol dan VOC dan buatlah mading dan urutkan kronologis




Bandingkan perbedaan kehidupan pemerinthan sebelum dan sesudah masa kolonial Eropa

6 JP













BuBuku sumber yang relevan

Atlas Sejarah

Foto/ gambar





Standar Kompetensi : 6. memahami kegiatan ekonomi masyarakat.


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

6.1 Mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi penduduk, penggunaan lahan, dan pola permukiman berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi.


·   Penggunaan lahan :
Macam-macam mata pencaharian penduduk.

Kaitan bentuk muka bumi dengan penggunaan lahan.

Bentuk penggunaan lahan di pedesaan dan perkotaan.






Pola permukiman penduduk (mengikuti alur sungai, jalan dan pantai).



Kaitan bentang lahan dengan persebaran permukiman penduduk.


·   Mencari informasi dari buku sumber atau media belajar lain tentang macam-macam mata pencaharian penduduk.

·   Tanya jawab kaitan bentuk muka bumi dengan penggunaan lahan.


·   Mengamati peta tata guna lahan dan tanya jawab tentang penggunaan lahan di pedesaan dan perkaotaan..





·   Mengamati gambar dan tanya jawab tentang pola permukiman penduduk (mengikuti alur sungai, jalan, pantai).



·   Tanya jawab tentang kaitan bentang lahan dengan persebaran permukiman penduduk.serta alasan penduduk bermukim di suatu lokasi.


·   Mengidentifikasi mata pencaharian penduduk (pertanian, non pertanian).


·   Mendeskripsikan bentuk penggunaan lahan di pedesaan dan perkotaan.

·   Mendeskripsikan pola permukiman penduduk (mengikuti alur sungai, jalan, pantai).





·   Mendiskripsikan persebaran (agihan) permukiman penduduk di berbagai bentang lahan dan    mengungkapkan alasan penduduk memilih bermukim di lokasi tersebut

·   Mendeskripsikan bentang lahan dengan persebaran permukiman penduduk.


·    
·   Tes lisan




Tes lisan



·   Tes tulis








·   Non tes






Tes tulis

·   Daftar pertanyaan



Daftar pertanyaan


·   Pilihan Ganda







Rubrik






Tes Uraian

·   Sebutkan macam-macam mata pencaharian penduduk non pertanian !


Jelaskan penggunaan lahan di daerah dataran rendah!


·   Pola pemukiman penduduk di daerah sekitar alur sungai adalah ….
a.memusat
b.menyebar
c.memanjang
d.melingkar


Buatlah gambar 3 pola pemukiman penduduk !





Jelaskan mengapa daerah dataran rendah lebih padat dibanding dengan pegunungan?


6 JP

·     
·    Gambar kaitan bentuk muka bumi dengan penggunaan lahan.
·     
·   Gambar pola-pola permukiman penduduk.
·   Peta persebaran permukiman penduduk.
·   LKS
·   CD
Buku geografi yang relevan.

6.2.           Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi, yang meliputi kegiataan  konsumsi, produksi, dan distribusi barang /jasa





































































  Kegiatan 
 Pokok
 ekonomi.


Pengertian konsumsi dan jenis barang-barang yang dikonsumsi  siswa dan keluarga (harian, mingguan, dan bulanan )

Skala prioritas  dalam memenuhi kebutuhan sebagai siswa.



Aspek- aspek positif dan negatif  perilaku konsumtif seseorang.



·   faktor-faktor yang  mempenga-ruhi  konsumsi seseorang




Pengertian produksi dan sumber daya ekonomi  


Macam-macam sumber daya ekonomi


Etika ekonomi dalam  memanfaatkan fak tor-faktor produksi dalam kehidupan
satu uaha/bisnis

Usaha-usaha untuk mening-katkan jumlah dan mutu  hasil produksi (bidang




Pengertian dan tujuan distribusi



Sistem distribusi beserta contohnya (langsung, tidak langsung dan semi langsung)



Etika ekonomi   dalam kegiatan distribusi yang memenuhi unsur   keadilan dan pemerataan. 

Pengertian usaha, perusahaan  dan badan usaha

Membaca buku referensi dan mendiskusikan pengertian dan
macam- macam kegiatan
pokok    ekonomi

Mendiskusikan  pengertian
Konsumsi dan jenis-
jenis barang yang
dikonsumsi siswa dan
keluarganya



Tanya jawab tentang  skala
prioritas dalam meme-
nuhi kebutuhan



Mendiskusikan aspek positif
dan negatif perilaku konsumtif




Tanya jawab tentang  faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi
Seseorang



Mendiskusikan pengertian
Produksi  dan sumber daya
Ekonomi


Tanya jawab macam-  macam sumber daya ekonomi


Mendiskusikan etika ekonomi dalam memanfaatkan faktor-faktor produksi



 Mendiskusikan tujuan peningkatan jumlah dan mutu hasil produksi






Mendiskusikan makna  distribusi, tujuan distribusi



Tanya jawab tentangi sistem
 distribusi






Mendiskusikan   etika ekonomi             dalam   melakukan distribusi





Mendiskusikan  penger-      tian    usaha,   perusahaan dan badan   usaha, dan memberikan     contohnya.


·   Mendefinisikan penger-
    tian  dan macam-macam
    kegiatan   ekonomi.


·   Mendefinisikan pengertian
     konsumsi dan jenis
     barang-barang yang
     dikonsumsi  siswa dan
     keluarga  ( harian,
     mingguan dan
     bulanan ).

·   Menyusun skala pri-
    oritas  dalam meme-
    nuhi kebutuhan
   sebagai siswa.


·   Mengidentifikasi aspek- aspek positif dan negatif  perilaku
   konsumtif seseorang.
    


·   Mengidentifikasi faktor-faktor yang  mempengaruhi  konsumsi seseorang.



·   Mendefinisikan pengertian produksi dan sumber daya ekonomi  


·   Mengklasifikasi   macam-macam sumber daya ekonomi


·   Mengidentifikasi etika ekonomi dalam  memanfaatkan fak tor-faktor produksi dalam kehidupan
   suatu usaha/bisnis


·   Mengidentifikasi  usaha-usaha yang dapat dilakukan  guna meningkatkan jumlah dan mutu
   hasil produksi (bidang industri dan pertanian ) baik melalui   intensifikasi maupun ekstensifikasi


·   Mendefinisikan  pengertian dan tujuan distribusi


·   Mengklasifikasi sistem distribusi beserta contohnya (langsung, tidak langsung dan semi langsung)





·   Melakukan kegiatan yang  menggambarkan contoh etika ekonomi   dalam kegiatan distribusi yang memenuhi unsur   keadilan dan pemerataan. 


·   Mendefinisikan pe ngertian usaha, perusahaan  dan badan usaha


Tes tulis




Tes lisan







.Penugasan





Penugasan





Tes tulis






Tes Lisan




Tes tulis




Tes tulis




Tes tulis








Tes Lisan



 Penugasan








Observasi






Tes tulis




 Isian




Daftar pertanyaan






Tugas rumah




Tugas rumah




Pilihan Ganda





 Isian




Isian




 Tes Uraian




 Tugas Rumah







Daftar pertanyaan


Tes Uraian








Tugas Rumah





Tes Uraian



Kegiatan pokok ekonomi adalah a)...............   b) ................ c) .........



Jelaskan pengertian konsumsi







Susunlah daftar konsumsi yang  dibutuhkan siswa, kemudian   susunlah berdasarkan sk ala prioritas.


Susunlah dafatar konsumsi yang dibutuhkan keluarga di rumahmu , menurutmu bagaimana hubungan nya dgn sikap komsumtif di keluargamu.

Berikut ini yang bukan termsuk faktor-faktor yang mempengaruhi pola konsumsi seseorang adalah ...
a. penghasilan per bulan
b. jumlah anngota keluarga
c. pendidikan dan lingkungan
d. keinginan untuk maju
Pengertian produksi adalah ... .




Sumberdaya ekonomi ada empat macam yaitu :
     a. ............    b. .............
     c. ............    d. .............

Etika ekonomi dalam meman faatkan sumber daya ekonomi dapat dilakukan dgn cara bagaimana ?


Peningkatan mutu dan jumlah hasil produksi dapat dilakukan dengan beberapa cara, sebutkan.

 




 Sebutkan tujuan distribusi



Ada tiga sistim distribusi, sebutkan dan jelaskan masing-masing







Bentuk etika ekonomi yang bagaimana dalam melakukan kegiatan distribusi ?




Jelaskan perbedaan perusahaan        dengan badan usaha



8 JP















































































     
Toko/warung
di sekitar
sekolah

Sentra-sentra
usaha yang
ada di sekitar 
sekolah dan
masyarakat
tempat tinggal
siswa keluarga

 Jalan raya
 Pasar
    Lingkungan  sekolah





























































6.3. Mendes-kripsikan peran badan usaha, termasuk koperasi, sebagai tempat berlangsungnya proses  produksi dalam kaitannya dengan pelaku ekonomi



Macam- macam badan  usaha. (menurut pemilik modal, lapangan usaha banyaknya pekerja dan menurut bentuk hukum)

Tujuan badan   usaha(milik negara/daerah, milik swasta, koperasi)


Pertimbangan yang perlu diperhatikan  dalam berbisnis



Kriteria badan usaha yang dikelola    secara profesional dan manusiawi.

Peranan pemerintah sebagai pelaku dan pengatur  kegiatan ekonomi


Membaca literatur selanjutnya mendiskusikan jenis-je nis badan usaha menurut pemi lik modal, la pangan usaha, jumlah pekerja serta menurut bentuk hukum /yuridis


Tanya jawab tentang   misi/tujuan
BUMN / BUMD, BUMS dan Koperasi



Mendiskusikan beberapa pertimba ngan yang perlu diperhatikan dalam berbisnis



Tanya jawab tentang  kriteria badan usaha yang dikelola    secara profesional dan manusiawi.


Mendiskusikan peranan pemerintah sebagai pelaku dan pengatur kegiatan ekonomi



·   Mendeskripsikan  macam- macam badan  usaha. (menurut pemilik modal, lapangan usaha banyaknya pekerja dan menurut bentuk hukum)



·   Mengidentifikasi misi/tujuan badan   usaha(milik negara
      /daerah, milik swasta,
       koperasi)


·   Mengidentifikasi  beberapa   pertimbangan yang perlu diperhatikan  dalam berbisnis



·   Mengidentifikasi badan  usaha yang dikelola secara profesional dan manusiawi


·   Mendeskripsikan  peranan pemerintah sebagai pelaku dan pengatur  kegiatan ekonomi



Tes Lisan







Tes tulis





Tes tulis





Tes tulis




Penugasan



Daftar Pertanyaan






Tes pilhan ganda.




Tes uraian





 Tes uraian




PR



Susunlah macam-macam badan usaha menutut bentuk hukumnya yang ada di sekeliling tempat tinggalmu / daerahmu




Berikut ini yang bukan prinsip koperasi adalah ... .
  a. keanggotaan sukarela
  b. pengelolaan demokratis
  c. pembagian SHU sesuai jabatan
  d. dilakukan secara mandiri
Jelaskan tujuan pemerintah mendirikan badan usaha.




Sebutkan 4 pertimbangan yang perlu diperhatikan ketika seseorang  akan  mendirikan perusahaan (berbisnis)

Sebutkan peranan pemerintah sebagai pengatur dan pelaku kegiatan ekonomi



6 JP

Guru IPS
Ekonomi

Buku
Materi

Koperasi / kantin 
sekolah

Pasar

BUMN/
BUMS yang
ada di wila-yah masing-masing daerah
Guru

Buku yg relevan

Contoh benda hasil kreatifitas
Contoh jasa hasil kreatifitas
6.4.  Menggunakan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan


Kreativitas dalam tindakan ekonomi.



Pentingnya inovasi dan syarat-syarat inovasi dalam kehidupan sehari-hari.


Proses kemandirian dalam usaha meningkatkan kesejahteraa



Praktik kreatifitas dan inovasi.


Gagasan dan berlaku kreatif,
Inovatif dan kemandirian dalam kehi- dupan ekonomi



Mendiskusikan pengertian kreatif        dan contoh aplikasinya dalam tindakan ekonomi


Tanya jawab tentang  inovatif dan manfaatnya





Mendiskusikan pengertian mandiri, kemandirian dan usaha-usaha yang dilakukan agar mampu melakukannya



Mengklasifikasi hasil produktifitas dan inovasi


Mendiskusikan hasil ekonomi yang kreatif dan inovatif

·   Mendefinisikan pengertian kreatif
  dan  proses kreatifitas dalam tindakan ekonomi


·   Mendefinisikan pengertian
   inovatif dan manfaatnya dalam
   kehidupan sehari-hari yang      mampu mendorong peningkatan kesejahteraan


·   Mengidentifikasi proses
   kemandirian dalam usaha meningkatkan kesejahteraan



·   Berlatih mengerjakan sendiri dan kreatifitas dan inovasi yang direncakan
  
·   Membuat produk berupa barang/ jasa dari sumber daya yang dimiliki.



Tes tulis




Tes lisan






Penugasan





Tes tu;lis




Tes unjuk kerja


Tes Uraian




Daftar pertanyaan





 Tugas rumah




Tes uraian




Uji Petik kerja produk



Jelaskan arti  kreatif dan
 kreatifitas dalam tindakan ekonomi



Perlukah inovatif bagi seseorang dan kenapa ?





Bentuk kreatifitas apakah yang kamu lakukan agar kamu sukses dan naik kelas ?



Proses kemandirian harus dimulai dari diri sendiri, dari mana kamu mulai hidup mandiri ?


Buatlah salah satu produk yang me-rupakan bentuk kreatifitas kamu sebagai siswa (taplak meja, hiasan dinding, bunga-bungaan, dan wayang)


6 JP

 

Mengetahui,                                                                                                                                                                                    Cicantayan, 18 Juli 2011

Kepala Madrasah                                                                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,





Drs Johan Abdul FAtah                                                                                                                                                                                           Rahdi Galasaputra, S.IP