pendidikan

Thursday, October 18, 2012

contoh prota bahasa Inggris


PROGRAM SEMESTER





























Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
















Kelas/semester
: VII/Ganjil
Tingkat : MTs
















Tahun Pelajaran : 2010/2011





























No Nomor SK/KD Standar Kompetensi Dasar/Indikator Alokasi Waktu Bulan/Minggu ke- Keterangan
Juli Agustus September  Oktober Nopember Desember
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4
Mendengarkan
1 1 memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan terdekatlingkungan 
1.1  Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan interpersonal    (bersosialisasi ) yang mengunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk  berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri / orang lain, dan memerintah atau melarang
memahami lagu singkat
1.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan interpersonal (bersosialisasi ) yang mengunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk  beriteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan
Merespon ungkapan-ungkapan :
Meminta dan memberi informasi
Ungkapan terima kasih
Permintaan maaf
Kesantunan 
Mendengarkan
2 2 Memahami makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat 
2.1 Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
merespon makna dalam teks lisan fungsional pendek berupa:
Instruksi
Pertanyaan menanyakan keberadaan suatu benda.
2.2 Merespon makna gagasan yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Mengidentifikasi makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek berupa:
Instruksi 
Berbicara
3 3 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
3.1 Melakukan interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : orang menyapa yang belum dikenal, memperkenalkan diri sendiri / orang lain, dan memerintah atau melarang
Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
Menyapa yang belum/sudah dikenal
Memperkenalkan diri sendiri/orang lain.
Memerintah/melarang
3.2 Melakukan interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : orang menyapa yang belum dikenal, memperkenalkan diri sendiri / orang lain, dan memerintah atau melarang
·   Mengucapkan terima kasih
·   Meminta maaf
2. Mengungkapkan kesantunan
 Berbicara
4 4 Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat 
4.1 Mengungkapkan makna tindak tutur fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Memberi instruksi 
2.Menyebut daftar benda  
4.2 Mengungkapkan makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
1.     Memberi insruksi secara lisan.
2.     Menggunakan jenis sapaan yang sesuai dengan umur lawan bicara (orang dewasa, teman, dsb).
Membaca
5 5 Memahami makna dalam teks  tulis fungsional pendek sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
5.1 Membaca nyaring bermakna kata, frasa, dan kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Melafalkan kata, frasa dan kalimat dengan baik dan benar .
Membaca kata frasa dan kalimat dengan intonasi yang benar.
Membaca nyaring dengan baik dan benar. 
Membaca dialog dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Menyanyikan lagu dengan lafal yang tepat dan benar
5.2 Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek berbentuk : 
Instruksi 
Menulis
6 6 Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
6.1 Mengungkapkan makna gagasan dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Melengkapi teks fungsional pendek
2.Menyusun kata/urutan kata menjadi kalimat yang padu 
3.Menulis teks fungsional pendek
6.2 Mengungkapkan langkah retorika dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat 
1.     Membuat teks fungsional pendek
2.     Menggunakan langkah retorika dalam menulis teks fungsional pendek 































Mengetahui, 
















Cicantayan,    Juli 2010


Kepala, 
















Guru,

























































































































































Drs Johan Abdul Fatah 
















Babay Mudhori, S.Pd.I