pendidikan

Saturday, February 8, 2014

KALENDER PENDIDIKAN



No Bulan Tanggal
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31
1 2010 Juli Tahun pelajaran 2009/2010 1 2 3 4 5 6 LU 7 8 9 10 11 12 LU 13 14 15 16 17 18
2 Agustus LU 19 20 21 22 23 24 LU 25 LPP LPP LPP 26 27 LU 28 29 30 31 32 33 LU 34 35 36 37 38 39 LU 40 41
3 September 42 43 44 45 LU LHR LHR LHR LHR LHB LHB LU LHR LHR LHR LHR LHR LHR LU 46 47 48 49 50 51 LU 52 53 54 55
4 Oktober 56 57 LU Perkiraan UTS 1 64 65 66 67 68 69 LU 70 71 72 73 74 75 LU 76 77 78 79 80 81 LU
5 Nopember 82 83 84 85 86 87 LU 88 89 90 91 92 93 LU 94 95 LHB 96 97 98 LU 99 100 101 102 103 104 LU 105 106
6 Desember 107 108 109 110 LU 111 LHB 112 113 114 115 LU Perkiraan UAS 1 LU Pensi smstr 1 LHB LU LS1 LS1 LS1 LS1 LS1
7 2011 Januari  LHB LU 1 2 3 4 5 6 LU 7 8 9 10 11 12 LU 13 14 15 16 17 18 LU 19 20 21 22 23 24 LU 25
8 Februari 26 27 LHB 28 29 LU 30 31 32 33 34 35 LU 36 37 38 39 40 41 LU 42 43 44 45 46 47 LU 48
9 Maret 49 50 51 52 LHB LU 53 54 55 56 57 58 LU 59 60 61 62 63 64 LU 65 66 67 68 69 70 LU Perkiraan UAN
10 April 75 76 LU Perkiraan UTS 2 LU Perkiraan UAM/BN LU 89 90 91 92 LHB 93 LU 94 95 96 97 98 99
11 Mei LU 100 101 102 103 104 105 LU 106 107 108 109 110 111 LU 112 LHB 113 114 115 116 LU 117 118 119 120 121 122 LU 123 124
12 Juni 125 LHB 126 127 LU Perkiraan UAS 2 LU Perkiraan Kenaikan Kelas LU LS2 LS2 LS2 LS2 LS2 LS2 LU LS2 LS2 LS2 LS2
13 LS2 LS2 LU LS2 LS2 LS2 LS2 LS2 LS2 LU Tahun pelajaran 2011/2012




































Keterangan :
LU Libur Umum





Jumlah Hari Efektif :


















LHB Libur Hari Besar




Semester 1 : 115 Hari


















LHR Libur Hari Raya 




Semester 2 : 127 Hari


















LPP Libur Persiapan Puasa


























LS Libur Semester


























Mengetahui,














Cicantayan, 19 Juli 2010







Kepala Madrasah














PKs Kurikulum,















































































































































Drs JOHAN ABDUL FATAH














RAHDI GALASAPUTRA, S. IP





Linux



Didalam era tekhnologi yang canggih ini, kebutuhan akan server sangat diperlukan, terutama untuk instansi-instansi atau perusahaan-perusahaan besar. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya tuntutan pekerjaan yang memerlukan adanya server.
Dahulu server berbentuk fisik, sekarang hal tersebut sudah tidak menjadi tren lagi, karena ada yang lebih hemat dan lebih efisien, yaitu server virtual, jadi server yang dibuat nantinya berada komputer di dalam komputer. Sehingga hal ini akan menghemat biaya investasi dan juga penghematan ruangan.
1.1 Latar Belakang
Secara sederhana virtualisasi adalah komputer didalam komputer yang di implementasikan oleh software yaitu virtual machine. Sebuah virtual machine menyamakan keseluruhan sistem hardware, mulai dari processor sampai network card, dan memungkinkan beberapa sistem operasi untuk berjalan secara bersamaan. Setiap sistem operasi berada pada partisi software yang berbeda secara independent. (http://wss-id.org/blogs/leonardo/default.aspx 20 Ferbruari 2009).
Teknologi virtualisasi muncul karena adanya keinginan sebuah perusahaan atau instansi untuk membangun sebuah infrastuktur teknologi informasi ke level yang lebih tinggi tanpa harus dihadapkan pada ongkos investasi yang berlipat. Hal ini sangat penting karena seiring pertumbuhan bisnisnya, perusahaan atau instansi dihadapkan pada kebutuhan infrastruktur teknologi informasi yang semakin besar. Hal tersebut tentu akan berimbas pada naiknya kebutuhan energi, tambahan sumber daya manusia, dan secara keseluruhan akan menaikkan total biaya yang harus dikeluarkan.
Dalam penerapan virtualisasi, virtual machine merupakan sebuah solusi dalam pengimplementasian virtualisasi karena virtual machine memiliki perlindungan yang lengkap pada berbagai sistem sumber daya, yaitu dengan meniadakan pembagian sumber daya secara langsung, sehingga tidak ada masalah proteksi dalam virtual machine. Sistem virtual machine adalah kendaraan yang sempurna untuk penelitian dan pengembangan sistem operasi. Dengan virtual machine, jika terdapat suatu perubahan pada satu bagian dari mesin, maka dijamin tidak akan mengubah komponen lainnya.
Pada penerapan virtualisasi server ini, virtual machine yang digunakan yaitu VirtualBox. dan yang dijadikan sebagai host adalah sistem operasi linux Ubuntu 8.10 sedangkan yang dijadikan sebagai guest adalah linux Ubuntu 8.10 server. Linux Ubuntu dipilih karena lisensi linux adalah GNU yaitu sistem operasi lengkap bergaya UNIX yang bebas bagi masyarakat. Dan juga dikarenakan linux Ubuntu mempunyai banyak komunitas.
Dengan menggunakan linux Ubuntu sebagai server, berbagai macam kebutuhan seperti DNS server, web server, dan sebagainya bisa diterapkan dengan mudah dan murah karena paket-paket program server tersebut telah disertakan dalam CD linux Ubuntu server yang ada.
1.2 Perumusan Masalah
Karena luasnya pembahasan yang berhubungan dengan virtualisasi server, maka perlu adanya pembahasan yang sistematis. Dan pembahasan tersebut dapat dirumuskan sebagai berikut:
1. Bagaimana mengimplementasikan server didalam lingkungan VirtualBox..
2. Bagaimana backup server di lingkungan VirtualBox.
3. Mengkonfigurasi paket–paket yang ada pada server.
1.3 Batasan Masalah
Adapun batasan masalah dalam perancangan dan pembuatan virtualisasi server ini adalah sebagai berikut:
1. Sistem operasi yang digunakan sebagai host adalah linux Ubuntu 8.10.
2. Sistem operasi yang dijadikan sebagai guest adalah linux Ubuntu 8.10 server.
3. Konfigurasi paket server menyesuaikan spesifikasi hardware PC yang digunakan.
1.4 Tujuan Tugas Akhir
Tujuan dari tugas akhir ini adalah:
1. Membuat suatu desain dan implementasi teknologi virtualisasi server linux dengan menggunakan VirtualBox.
2. Mengimplementasikan teknologi virtualisasi dengan memvirtualisasi server linux dengan menggunakan VirtualBox.
3. Memberikan gambaran kepada para pengembang di dunia teknologi informasi untuk bisa memanfaatkan dan menggunakan teknologi virtualisasi server secara maksimal.
1.5 Manfaat Tugas Akhir
Manfaat yang diharapkan dari pembuatan tugas akhir ini adalah:
1. Peningkatan efisiensi konsumsi daya dan utilitas server.
2. Meningkatkan pemanfaatan host menjadi lebih maksimal.
3. Memberikan kemudahan dalam membackup server di lingkungan virtual.
4. Pengamanan dalam bentuk fisik lebih terpusat, karena di dalam virtualisasi justru yang perlu diperhatikan adalah pengamanan mesin-mesin virtual yang ada pada host tersebut.
5. Mengetahui dan memahami tentang konsep membangun sebuah server dengan memanfaatkan teknologi virtuialisasi.
1.6 Metode Penulisan
Metode yang dilakukan dalam menyusun tugas akhir ini adalah:
1. Interview
Melakukan tanya jawab, baik itu bertemu secara langsung, lewat forum diskusi atau mailing list di internet untuk memperoleh informasi atau data.
2. Literatur
Mempelajari berbagai literatur yang berhubungan dengan virtual machine dan server sebuah Jaringan Komputer baik itu dari buku bacaan maupun dari internet.
1.7 Sistematika Penulisan
Tugas akhir ini akan menjelaskan beberapa bahasan yang berhubungan dengan virtualisasi server linux dengan menggunakan VirtualBox.
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini menjelaskan tentang latar belakang, perumusan masalah, tujuan tugas akhir, manfaat tugas akhir, metode penulisan, dan sistematika penulisan.
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
Bab ini menjelaskan landasan teori yang dipakai sebagai penunjang pembuatan tugas akhir ini. Penjelasanya meliputi pengetahuan tentang linux, Ubuntu, server, virtual machine (VM), VirtualBox, dan pengetahuan tentang jaringan komputer.
BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM
Bab ini menjelaskan mengenai Analisa sistem dan perancangan sistem. Dimana pada perancangan sistem meliputi kebutuhan sistem, alur kerja, dan perancangan virtualisasi server linux Ubuntu dengan VirtualBox.
BAB IV IMPLEMENTASI SISTEM
Bab ini menjelaskan bagaimana mengimplementasikan virtualisasi server linux Ubuntu dengan menggunakan VirtualBox. Serta menjelaskan kebutuhan apa saja yang diperlukan dan konfigurasi apa yang digunakan supaya tujuan dari tugas akhir ini tercapai dan berjalan dengan baik.
BAB V UJI COBA DAN EVALUASI
Bab ini menjelaskan tentang pengujian yang dilakukan untuk mengetahui apakah virtualisasi server linux dengan menggunakan VirtualBox bisa bekerja dengan baik.
BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN
Bab ini menjelaskan tentang kesimpulan dari keseluruhan isi dari laporan tugas akhir ini. Serta saran yang disampaikan penulis untuk mengembangkan sistem yang ada demi kesempurnaan sistem yang lebih baik.
DAFTAR PUSTAKA
Pada bagian ini akan dipaparkan tentang sumber-sumber literatur, tutorial, buku maupun sistus web yang digunakan dalam pembutan tugas akhir ini.

Silabus Bahasa Indonesia



Silabus


Sekolah                      : MTs YASMI PSA AL-FALAH
Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : VIII/1

Standar Kompetensi : Mendengarkan
1.      Memahami wacana  lisan berbentuk laporan


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1.1                
Meng­­­ana­lisis laporan

 Penganalisisan laporan perjalanan
o  Mendengarkan laporan
o  Menuliskan  pokok-pokok laporan yang diperdengarkan dengan kalimat  singkat
o  Bertanya jawab tentang laporan yang diperdengarkan
o  Menganalisis pola urutan waktu atau ruang dalam laporan yang diperdengarkan.
·   Mampu menuliskan  pokok-pokok laporan yang diperdengarkan dengan kalimat singkat
·   Mampu menganalisis pola urutan waktu atau ruang dalam laporan yang diperdengarkan.

Tes lisan


Tes tulis

Dafttar pertanyaan

Tes uraian

§   Tulislah enam pokok laporan dari laporan yang kamu dengarkan!

§   Tentukan pola urutan laporan dan buktikan dengan cara mencuplik isinya!

4 X 40’
Narasumber (Siswa)

1.2                
Me­nang­gapi isi laporan

Cara menanggapi laporan perjalanan dan implementasi- nya
o  Mendengarkan laporan perjalan­an
o  Menuliskan pokok-pokok isi laporan perjalanan dengan kalimat singkat
o  Memberikan tanggapan, kritik, saran terhadap laporan perjalan­an
·   Mampu menanggapi laporan perjalanan teman dengan mengajukan pertanyaan atau pendapat
·   Mampu memberikan masukan terhadap laporan perjalanan teman

Observasi


Observasi
Lembar observasi

Lembar observasi
§   Tanggapilah isi laporan perjalanan yang dibacakan!

§   Berilah tanggapan, kritik, ataupun saran atas laporan perjalanan yang dibacakan!

2 X 40’
Narasumber
(siswa)







Standar Kompetensi :  Berbicara
                                           2.  Megungkap berbagai informasi melalui wawancara dan presentasi laporan


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
2.1 Ber­wa­wan­­cara de­ngan nara­sumber dari berbagai kalangan dengan perhatikan etika ber­wawancara



Cara berwawancara  dan implementasi-nya

o  Mendengarkan wawancara untuk bertanya jawab tentang etika berwawancara
o  Menentukan narasumber yang akan diwawancarai
o  Menentukan topik wawancara
o  Membuat daftar pertanyaan untuk wawancara
o  Melakukan wawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan
o  Mencatat pokok-pokok hasil wawancara
·   Mampu membuat daftar  pokok-pokok pertanyaan untuk wawancara
·   Mampu melakukan wawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara

Tes tulis


Tes unjuk kerja



Tes uraian


Tes simulasi



§   Buatlah daftar pokok-pokok pertanyaan untuk wawancara!

§   Lakukan wawancara dengan narasumber! (Guru harus dapat melihat wawancara itu sehingga dia dapat menilai kemampuan berwawancara siswa)


6 X40’
Buku Teks
Nara sumber
Rekaman Wawancara

2.2 Menya­mpaikan laporan se­cara lisan dengan ba­hasa yang baik dan benar


Penyampaian laporan perjalanan
o  Mendengarkan laporan perjalanan (model)
o  Menanggapi cara penyampaian laporan dari sisi lafal, intonasi, ekspresi
o  Mencatat pokok-pokok laporan berdasarkan pola tertentu
o  Berlatih menyampaikan laporan
o  Menyampaikan laporan secara pribadi
·   Mampu mencatat pokok-pokok laporan berdasarkan pola urutan waktu, ruang, atau topik
·   Mampu menyampaikan laporan secara lisan

Tes lisan


Tes unjuk kerja

Tes uraian


Uji petik kerja produk
§   Buatlah catatan kecil pokok-pokok laporan yang akan kamu sampai­kan secara lisan!
§   Sampaikan laporan perjalananmu secara lisan di depan kelas!

6 X 40’
Buku teks
Kaset rekaman Contoh laporan









Standar Kompetensi:  Membaca
                                          3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai, membaca cepat


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
3.1 Mene­mu­kan infor­masi seca­ra cepat dan tepat dari ensik­lopedi/
Bu­­­ku tele­pon de­ngan mem­baca me­mindai



Cara menemukan informasi di dalam ensiklo­pedi/buku te­­le­pon dan implementasi- nya
o  Mencari ensiklopedi/buku telepon di perpustakaan untuk menentukan subjek informasi
o  Mencari subjek informasi (lema) secara cepat dan tepat
o  Membaca informasi secara cepat dan tepat.
o  Menutup ensiklopedi/buku telepon
o  Mengemukakan kembali informasi dalam ensiklopedi/buku telepon  dengan bahasa sendiri.
·   Mampu menemukan subjek informasi secara cepat dan tepat
·   Mampu menemukan informasi secara cepat dan tepat
·   Mampu mengemukakan kembali informasi itu dengan bahasa sendiri

Observasi

Observasi

Observasi
Lembar Obs.
Lembar observasi
Lembar observasi
§   Temukan kata ”lema” dalam waktu 10 detik!
§   Temukan informasi tentang ... dalam waktu 2 menit!
§   Kemukakan informasi yang kamu peroleh secara lisan!
4 X 40’
Perpustaka-an
Buku telepon
Ensiklopedi
Buku teks
3.2 Mendes-kripsikan tem­pat atau arah dalam kon­teks yang se­benarnya se­suai de­ngan yang tertera dalam denah

Pendeskripsian tempat dan arah berdasarkan denah
o  Mencermati petunjuk arah mata angin
o  Bertanya jawab tentang  petunjuk arah
o  Mencermati denah
o  Mendiskusikan perjalanan yang paling mudah  ke arah tempat yang dituju
o  Mengemukakan rute perjalanan ke tempat yang dituju
·   Mampu membaca arah mata angin
·   Mampu memberikan penjelasan arah ke tempat yang dituju dari tempat yang paling dekat
·   Mampu mendeskripsikan arah ke tempat yang dituju


Observasi

Observasi


Tes tulis
Lembar observasi
Lembar observasi

Tes uraian
§   Kemukakan arah mata angin dengan arah sebenarnya!
§   Kemukakan tempat yang dituju de­ngan memberikan penjelasan arah dari tempat yang paling dekat!
§   Uraikan  perjalananmu ke arah tem­pat yang dituju!
2 X 40’
Buku teks
Denah
3.3 Menyim­pul­kan isi suatu teks dengan membaca ce­pat 250 kata per menit
Penyimpulan isi teks bacaan
o  Membaca cepat dengan waktu tertentu
o  Mengukur kecepatan membaca cepat diri sendiri dan teman
o  Membaca cepat dengan target 250 kata per menit
o  Menjawab pertanyaan
o  Menghitung KEM sendiri dan teman
o  Mendiskusikan simpulan isi teks
·   Mampu mengukur kecepatan membaca untuk diri sendiri dan teman
·   Mampu menjawab pertanyaan dengan peluang ketepatan 75%

·   Mampu menyimpulkan isi teks bacaan
Observasi


Tes tertulis



Tes tertulis
Lembar observasi

Tes isian atau tes pilihan ganda
Tes uraian
§   Bacalah teks kemudian hitung kecepatan membacamu!

§   Jawablah pertanyaan berikut ini! 

§   Tulislah simpulan bacaan dalam beberapa kalimat!
2 X 40’
Media cetak, Buku referensi
Pengukur waktu

Standar Kompetensi: Menulis
                                   4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat dinas, dan petunjuk

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
4.1               Menulis laporan de­ngan baha­sa yang ba­ik dan be­nar

Penulisan laporan perjalanan


o        Membaca teks laporan perjalanan atau menikmati tayangan perja­­- la­n­­an di TV
o        Mendiskusikan pokok-pokok la­poran perjalanan
o        Menyusun kerangka laporan
o        Menulis laporan perjalanan pri­badi
·   Mampu menyusun kerangka la­poran berdasarkan urutan ruang, waktu, atau tema
·   Mampu mengembangkan kerang­ka laporan dengan bahasa yang komunikatif

Tes tulis


Tes unjuk kerja

Tes uraian


Uji petik kerja produk
§   Buatlah kerangka laporan perjalanan dengan pola tertentu!

§   Kembangkan kerangka laporan menjadi laporan tertulis!
2 X 40’
Media cetak, media elektronik (rekaman perjalanan)
4.2               Menulis surat dinas berkenaan de­ngan kegi­atan sekolah dengan sis­te­matika yang tepat dan bahasa baku

Penulisan surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah

o  Mengamati beberapa surat dinas, kemudian mendiskusikan siste­ma­tika  surat dinas
o  Mendiskusikan penggunaan ba­hasa dalam surat dinas
o  Bertanya jawab mengenai kegiat­an sekolah yang akan dilaksana­kan
o  Menulis surat dinas yang berkenaan dengan kegiatan sekolah yang akan dilaksanakan dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku.
o  Menyunting surat dinas
·   Mampu menentukan sistematika surat dinas
·   Mampu menulis surat dinas dengan bahasa baku


·   Mampu menyunting surat dinas



Tes tertulis

Tes unjuk kerja


Tes unjuk kerja

Tes uraian

Uji petik kerja produk

Uji petik kerja produk

§   Tentukan  sistematika surat dinas!

§   Tulislah surat dinas kepada kepala sekolah untuk minta izin melakukan kegiatan Osis di ruang aula (Kamu adalah ketua Osis)!
§   Suntinglah surat dinas temanmu!
2 X 40’
Contoh Surat-surat dinas di sekolah
Buku teks
Buku referensi
4.3               Menulis petunjuk me­lakukan sesu­atu dengan urutan yang tepat dan meng­guna­kan bahasa yang efektif


Penulisan bahasa petunjuk
o        Membaca petunjuk (model)
o        Mendiskusikan urutan-urutan
o        Membandingkan bahasa petunjuk dengan bahasa deskriptif
o        Menyimpulkan ciri-ciri bahasa petunjuk
o        Tanya jawab tentang penyuntingan  bahasa petunjuk (model) yang belum efektif
o        Menulis petunjuk
o        Menyunting bahasa petunjuk teman
·   Mampu mendata urutan melakukan sesuatu
·   Mampu menyimpulkan ciri-ciri bahasa petuntuk
·   Mampu menulis petunjuk dengan bahasa yang efektif

·   Menyunting bahasa petunjuk


Tes tulis

Tes tulis

Tes unjuk kerja

Tes unjuk kerja

Tes uraian

Tes uraian

Uji petik kerja produk
Uji petik kerja produk

§   Datalah urutan melakukan sesuatu yang ada dalam petunjuk!
§   Tulislah ciri-ciri bahasa petunjuk!

§   Tulislah petunjuk tentang cara minum obat!

§   Suntinglah bahasa petunjuk temanmu!
2 X 40 ‘
Model-model petunjuk Buku teks








Standar Kompetensi : Mendengarkan
                                     5. Mengapresiasi pementasan drama


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
5.1 Menang­­-gapi unsur pementasan naskah dra­ma


Cara menanggapi unsur-unsur pementasan drama dan implementasi- nya
o        Mendengarkan/menonton pementasan drama (model)
o        Mendiskusikan unsur-unsur drama
o        Menanggapi dangan cara memberi pendapat, kritik, maupun saran
o  Mampu menentukan unsur-unsur pementasan drama
·   Mampu menanggapi tiap-tiap unsur dengan alasan yang logis


Tes tulis

Observasi
Tes uraian

Lembar observasi
§   Tentukan unsur-unsur drama!

§   Tanggapilah drama yang baru kamu dengar/tonton!
4 X 40’
Pementasan drama  atau model pementasan yang dilakukan siswa
5.2 Menge­valu­asi pemeran tokoh dalam pementasan drama


Cara mengevaluasi pemeran dan implementasi- nya
o  Mendengarkan/menonton pementasana drama (model)
o  Tanya jawab tentang   karakter tiap-tiap tokoh
o  Mengevaluasi pemeranan tokoh dengan alasan yang logis
o  Mampu menentukan karakter tiap-tiap tokoh
·   Mampu mengevaluasi pemeranan tokoh berdasarkan karakter yang seharusnya diperankan dengan alasan yang logis

Tes tulis

Tes unjuk kerja
Uraian

Uji petik  kerja produk
§   Tentukan  karakter tokoh!

§   Berikan penilaian tentang pemeranan tokoh dengan alasan yang logis!
4 X 40’
Pementasan drama  atau model pementasan yang dilakukan siswa















Standar Kompetensi : Berbicara
                                    6. Mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan bermain peran


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
6.1 Bermain peran sesuai dengan nas­kah yang di­tulis siswa





Bermain peran
o  Membaca teks drama yang telah ditulis
o  Menentukan karakter tokoh
o  Memilih tokoh yang akan diperankan
o  Berlatih menghayati karakter tokoh beserta teman sebagai lawan main
o  Olah vokal
o  Menyiapkan perangkat pendukung tokoh yang akan diperankan
o  Memerankan tokoh sesuai karakter yang dituntut dengan lafal yang jelas dan intonasi yang tepat
·   Mampu menentukan karakter tokoh dalam naskah yang telah ditulis siswa
·   Mampu memerankan tokoh sesuai karakter yang dituntut dengan lafal yang jelas dan  intonasi yang tepat

Tes lisan


Tes unjuk kerja
Daftar pertanyaan

Tes simulasi
§   Tentukan karakter setiap tokoh!


§   Perankan tokoh sesuai dengan ka­rakter dan dialog antartokoh!
6 X 40’
Buku teks drama
Lingkungan kelas
Perangkat pendukung pementasan

6.2 Bermain pe­ran dengan cara impro­vi­sasi sesuai de­ngan ke­rangka nas­kah yang di­tulis oleh sis­wa




Bermain peran dengan berimpro­visasi
o  Membaca kerangka teks drama yang telah ditulis
o  Menentukan karakter tokoh
o  Memilih tokoh yang akan diperankan
o  Berlatih menghayati karakter tokoh beserta teman sebagai lawan main
o  Olah vokal
o  Menyiapkan perangkat pendukung tokoh yang akan diperankan
o  Memerankan tokoh dengan improvisasi

·   Mampu menentukan karakter to­koh
·   Mampu berimprovisasi berdasar­kan kerangka naskah


Tes lisan

Tes unjuk kerja
Daftar pertanyaan
Tes simulasi
§   Tentukan karakter setiap tokoh se­perti yang terdapat di dalam ke­rang­ka naskah tulisan siswa!

§   Perankan tokoh sesuai dengan ka­rakter dan kerangka cerita dengan cara improvisasi!
6X 40’
Buku Teks
Lingkungan kelas
Perangkat pendukung pementasan


Standar Kompetensi:  Membaca
                                    7. Memahami teks drama dan novel remaja


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
7.1 Mengiden­tifika-si unsur intrinsik teks drama




Pengidentifikasian unsur intrinsik teks drama
o  Membaca teks drama, kemudian mendiskusikan  unsur-unsur in­strin­sik teks drama
o  Menganisis  unsur-unsur intrinsik teks drama melalui diskusi
o  Mendiskusikan keterkaitan antar­unsur intrinsik agar bisa menemu­kan makna secara utuh

·   Mampu menentukan unsur-unsur intrinsik teks drama
·   Mampu menganalisis teks drama berdasarkan unsur-unsur intrin­siknya
·   Menganalisis keterkaitan antar­unsur intrinsik dalam teks drama

Tes tulis

Tes tulis


Tes unjuk kerja
Tes
Uraian
Tes Uraian


Uji petik kerja produk
§   Apakah tema teks drama yang te­lah kamu baca?
§   Tentukan dua intrinsik  teks drama disertai dengan contoh!

§   Tentukan  sebuah makna dengan cara mengaitkan  minimal dua un­sur intrinsik!

4 X 40’
Buku teks
Buku referensi
7.2 Membuat sinopsis no­vel remaja Indonesia


Pembuatan sinopsis novel
o        Mendiskusikan cara menentukan kerangka cerita dalam novel
o        Menentukan kerangka novel
o        Menulis sinopsis novel
·   Mampu menganalisis kerangka novel remaja yang dibaca
·   Mampu menyusun sinopsis cerita novel berdasarkan kerangka si­nopsis

Penugasan


Tugas proyek

§   Bacalah sebuah novel remaja Indonesia kemudian buatlah kerangka sinopsis dan sinopsis ceritanya!
4 X 40’
Novel remaja Indonesia



Standar Kompetensi: Menulis
                                   8. Mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis kreatif naskah drama


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
8.1 Menulis kreatif nas­kah drama sa­tu babak dengan mem­perhatikan keaslian ide


Penulisan naskah drama dengan keaslian ide
o  Mendata cerita, kemudian memi­lih satu cerita untuk diangkat se­ba­gai dasar penulisan naskah drama
o  Menyusun kerangka cerita drama berdasarkan cerita yang sudah dipilih.
o  Bertanya jawab mengenai keasli­an ide
o  Menulis naskah drama satu ba­bak berdasarkan kerangka naskah drama
·   Mampu menyusun kerangka nas­kah drama yang mengandung ke­aslian ide.
·   Mampu mengembangkan ke­rang­ka cerita menjadi teks drama satu babak yang mengandung keas­li­an ide.


Tes unjuk kerja
Uji petik kerja produk
Susunlah kerangka cerita drama berdasarkan cerita yang sudah ka­mu pilih kemudian kembangkan men­jadi naskah drama!

4 X 40’
Buku teks dra­ma
Buku referensi yang berisi­kan drama
8.2 Menulis kreatif nas­kah drama sa­tu babak de­ngan mem­perhatikan ka­idah penu­lisan naskah drama

Penulisan naskah drama sesuai dengan kaidah penulisan naskah drama
o  Mendata cerita untuk memilih satu cerita untuk diangkat sebagai dasar penulisan naskah drama
o  Menyusun kerangka naskah drama berdasarkan cerita yang sudah dipilih.
o  Bertanya jawab mengenai kaidah penulisan naskah drama
o  Menulis naskah drama satu ba­bak berdasarkan kerangka cerita drama dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama.
·   Mampu menyusun kerangka cerita drama.
·   Mampu menulis naskah drama satu babak berdasarkan kerangka cerita drama dengan memperha-tikan kaidah penulisan naskah drama.
Tes unjuk kerja
Uji petik kerja produk
Susunlah kerangka cerita drama berdasarkan cerita yang sudah kamu pilih kemuian kembangkan menjadi naskah drama!

4 X 40’
Buku Teks
Buku referensi

Mengetahui,                                                                                                                                                                                          Cicantayan, …………… 2010
Kepala                                                                                                                                                                                                 Guru Mata Pelajaran


Drs Johan Abdul Fatah                                                                                                                                                                      Drs Johan Abdul Fatah

Silabus


Sekolah                      : MTs YASMI PSA AL-FALAH
Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : VIII/ 2

Standar Kompetensi : Mendengarkan
                                    9. Memahami isi berita radio/televisi


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
9.1 Mene­mu­kan pokok-pokok berita (apa, siapa, mengapa, di mana, kapan, dan bagaima­na) yang di­dengar atau ditonton me­lalui radio/te­levisi
Cara menemukan pokok-pokok berita dan implementasi- nya
o  Mendengarkan rekaman berita dari radio/TV
o  Mendiskusikan pokok-pokok beri­ta yang didengar dari rekaman
o  Menentukan pokok-pokok berita
o  Menuliskan pokok-pokok berita dengan ejaan yang benar

·   Mampu menemukan pernyataan-pernyataan yang merupakan jawaban dari pertanyaan pokok-pokok berita
·   Mampu menuliskan pokok-pokok berita dengan ejaan yang benar

Tes lisan



Tes tulis


Tes uraian



Tes uraian


§   Kemukakan secara lisan pokok-pokok berita yang terdapat di dalam berita yang akan kamu dengar!

§   Tuliskan pokok-pokok berita de­ngan singkat!


2 X 40’
TV/Radio/
Rekaman berita

9.2 Mengemu­kakan kem­ba­li berita yang dide­ngar/ditonton melalui radio/ televisi

Cara mengemukakan kembali berita dan implementasi- nya
o  Mendengarkan rekaman berita dari radio/TV
o  Menganalisis  pokok-pokok berita yang didengar
o  Mendiskusikan penulisan berita dengan urutan pokok-pokok berita yang bervariasi
o  Menulis satu teks berita
o   Menyunting teks berita tulisan sendiri atau teman
·   Mampu menuliskan pokok-pokok berita dengan ejaan yang benar

·   Mampu merangkai pokok-pokok berita  secara bervasiasi  menjadi teks berita
·   Mampu menyunting berita yang ditulis

Tes tulis


Tes unjuk kerja

Tes unjuk kerja
Tes Uraian


Uji petik kerja produk
Uji petik kerja


§   Tulis pokok-pokok berita dengan singkat!

§   Tulislah teks berita dengan cara merangkai  secara bervariasi pokok-pokok berita!
§   Suntinglah teks beritamu dan berita temanmu!
4 X 40’
TV/Radio/
Rekaman berita



Standar Kompetensi: Berbicara
                                   10. Mengemukakan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan diskusi dan protokoler


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
10.1 Menyam­paikan perse­tujuan, sang­gahan, dan penolakan pendapat da­lam diskusi disertai de­ngan bukti atau alasan

Cara menyampaikanpendapat dalam diskusi dan implementasi- nya
o  Mengamati model diskusi, kemu­dian membahas mekanisme berdiskusi
o  Mendiskusikan etika menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam diskusi melalui pengamatan model
o  Menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti atau alas an
·   Mampu menentukan mekanisme diskusi
·   Mampu menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam diskusi dengan etika yang baik dan argumentatif

Observasi
Lembar observasi
§   Tunjukkan beberapa mekanisme diskusi berdasarkan model diskusi!
§   Berdiskusilah dengan tema tertentu sesuai dengan aturan berdiskusi!
4 X 40’
Lingkungan
Narasumber, Media cetak ataupun elektronik, Model,
Buku teks, Buku referensi
10.2 Membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar serta santun






Cara membawakan acara dan implementasi- nya
o  Mengamati nara sumber membawakan acara
o  Tanya jawab untuk menyimpulkan tata cara protokoler pembawa acara dalam berbagai acara
o  Menyimpulkan tata urutan sapaan, sambutan
o  Menyimpulkan garis besar susunan acara
o  Membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar serta santun sesuai dengan konteks acara
·   Mampu menyimpulkan tata cara protokoler pembawa acara dalam berbagai acara
·   Mampu menunjukkan garis besar susunan acara
·   Mampu membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar serta santun sesuai dengan konteks acara

Tes unjuk kerja
Tes simulasi
§   Jelaskan apa yang dimaksud de­ngan tata cara protokoler pembawa acara!
§   Tunjukkan garis besar susunan su­a­tu acara!
§   Berperanlah sebagai pembawa aca­ra untuk mengantarkan acara sesuai dengan konteks!
6 X 40’
Nara sumber
Buku Teks, Buku referensi







Standar Kompetensi: Membaca
                                   11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca ekstensif, membaca intensif, dan membaca nyaring


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
11. 1 Menemu­kan masalah utama dari berbagai beri­ta yang ber­topik sama melalui mem­baca eks­ten­sif
Cara menemukan masalah utama dan implementasi- nya
o        Membaca beberapa berita untuk bertanya jawab mengenai perma­salahan yang dalam tiap-tiap berita
o        Bertanya jawab mengenai masa­lah utama pada setiap berita
o        Bertanya jawab untuk menyimpul­kan kesamaan masalah dalam beberapa berita
·   Mampu mendata masalah-masalah dari tiap-tiap berita

·   Mampu menentukan masalah utama dari tiap-tiap berita
·   Mampu menyimpulkan kesamaan masalah melalui kegiatan membandingkan beberapa berita

Tes tulis


Tes tulis

Tes tulis
Tes uraian


Tes uraian

Tes uraian
§         Tuliskan permasalahan-permasa­lahan yang terdapat pada tiga teks berita!
§         Tuliskan masalah utama yang ter­da­pat pada tiga teks berita!
§         Tuliskan kesamaan masalah yang terdapat di ketiga berita yang kamu baca!
4 X 40’
Media cetak
11.2 Menemu­kan informasi untuk bahan diskusi mela­lui membaca intensif
Cara menemukan informasi dan implementasi- nya
o        Membaca berita atau artikel dari media cetak
o        Mendiskusikan informasi yang problematik atau kontradiktif
o        Mendiskusikan rumusan masalah untuk bahan diskusi
·   Mampu mendata informasi yang problematik dan atau  kontradiktif dari bacaan
·   Mampu merumuskan masalah dari data yang diperoleh  untuk bahan diskusi

Tes tulis



Tes tulis
Tes uraian



Tes uraian
§         Tulislah informasi yang bersifat pro­b­lematik dan kontradiktif yang ter­da­pat pada suatu  teks!
§         Rumuskan permasalahan yang ter­dapat pada suatu teks untuk bahan diskusi!  
4 X 40’
Media cetak
11.3 Membaca­kan teks beri­ta dengan in­tonasi yang tepat serta ar­tikulasi dan volume suara yang jelas



Pembacaan teks berita
o   Mengamati nara sumber/model membacakan teks berita, kemu­dian mendiskusikan intonasi, arti­kulasi, dan ekspresi narasum­ber/ model yang bersangkutan
o   Berdiskusi untuk memberikan tanda penjedaan
o   Membacakan teks berita dengan intonasi yang tepat, arikulasi dan volume suara yang jelas, serta ekspresi sesuai dengan konteks
·   Mampu memberi tanda penjeda­an dalam teks berita
·   Mampu membacakan teks berita dengan intonasi yang tepat, arti­kulasi dan volume suara yang je­las, serta ekspresi yang  sesuai dengan konteks


Tes unjuk kerja
Uji petik kerja prosedur dan produk
§         Berilah tanda jeda pada teks berita yang akan kamu bacaa!
§         Bacakanlah teks berita tersebut di depan kelas!
6 X 40’
Buku Teks
Nara sumber




Standar Kompetensi: Menulis
                                  12 Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman, teks berita, slogan/poster


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
12. 1 Menulis rangkuman buku ilmu pe­ngetahuan po­puler



Penulisan rangkuman
o  Membaca teks
o  Mendiskusikan pokok-pokok pikiran dalam teks
o  Merangkai pokok-pokok pikiran menjadi rangkuman
o  Membaca buku ilmu pengetahuan populer/penemuan
o  Menulis pokok-pokok isi buku
o  Menulis rangkuman buku
o  Menyunting rangkuman
·   Mampu menulis pokok-pokok isi buku
·   Mampu merangkai pokok-pokok isi buku menjadi rangkuman
·   Menyunting rangkuman

Penugasan
Tugas proyek
§         Bacalah sebuah buku ilmu pengeta­huan populer/penemuan kemudian
§         Tuliskan pokok-pokok isinya!
§         Buatlah rangkuman berdasarkan pokok-pokok isi buku yang kamu baca!
§         Suntinglah dalam hal kebahasaan dan isinya rangkuman buku yang sudah kamu tulis! 
4 X 40’
Buku ilmu pengetahuan populer/penemuan
12.2 Menulis teks berita secara sing­kat, padat, dan jelas




Penulisan teks berita
o  Mengamati contoh teks berita
o  Berburu berita di sekitar sekolah
o  Menyusun data-data pokok berita 
o  Merangkai data pokok-pokok berita menjadi berita yang singkat, padat, dan jelas
o  Menyunting berita
o  Menampilkan berita dalam majalah dinding atau majalah sekolah
·   Mampu menyusun data pokok berita
·   Mampu merangkai data pokok-pokok berita menjadi berita yang singkat, padat, dan jelas
·   Mampu menyunting berita

Penugasan
Tugas proyek
§         Tulislah data pokok berita yang ka­mu peroleh berdasarkan peng­amat­an terhadap suatu peristiwa!
§         Kembangkan data pokok berita men­jadi sebuah  teks berita!
§         Suntinglah tulisan berita yang su­dah kamu susun!
4 X 40’
Lingkungan sekolah
Buku teks
Contoh teks berita

12.3 Menulis slogan/poster untuk berba­gai keperluan dengan pi­lih­an kata dan kalimat yang bervariasi, serta per­sua­si
Penulisan slogan/poster
o        Mengamati bermacam-macam poter, kemudian beranya jawab tentang jenis-jenis poster
o        Membahas bahasa dalam poster
o        Menyunting bahasa poster yang salah
o        Menulis slogan/poster sesuai dengan konteks
o        Menyunting slogan/poster sendiri

·   Mampu menunjukkan jenis-jenis slogan/poster
·   Mampu menulis slogan/poster sesuai dengan konteks
·   Mampu menyunting slogan/poster

Penugasan
Tugas proyek
§         Tunjukkan beberapa jenis poster berdasarkan keperluannya!
§         Buatlah sebuah slogan/poster se­suai dengan konteks!
§         Suntinglah slogan/poster yang su­dah kamu susun!
2 X 40’
Contoh poster
Buku teks yang berisi berbagai slogan/poster

Standar Kompetensi: Mendengarkan
                                   13. Memahami unsur intrinsik novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
13.1 Mengiden­tifikasi karak­ter tokoh no­vel remaja (asli atau ter­jemahan) yang dibaca­kan

Pengidentifikasian karakter tokoh
o  Mendengarkan pembacaan cupli­kan novel remaja terjemahan, ke­mu­dian bertanya jawab mengenai tokoh-tokoh dalam novel
o  Mendata tokoh utama dan sam­pingan dalam novel
o  Mengidentifikasi karakter tokoh disertai dengan bukti/alasan yang logis
·   Mampu mendata tokoh utama dan sampingan dalam cuplikan novel
·   Mampu mengidentifikasi karakter tokoh disertai dengan bukti/alasan yang logis

Tes tulis
Tes uraian
§   Tunjukkan tokoh mana yang terma­suk sebagai tokoh utama dengan tokoh pendamping yang terdapat di dalam suatu cuplikan novel!

§   Tentukan karakter tokoh disertai de­ngan bukti/alasan yang logis dalam cuplikan novel yang kamu dengar!
2 X 40’
Buku teks
Perpustaka-an
Novel remaja
terjemahan
13.2 Menjelas­kan tema dan latar novel remaja (asli atau terje­mah­an) yang dibacakan
Penjelasan tema dan latar novel
o  Mendengarkan pembacaan cuplikan novel remaja terjemahan
o  Bertanya jawab mengenai  ide-ide utama dalam cuplikan novel
o  Bertanya jawab mengenai macam-macam latar
o  Menganalisis latar cuplikan novel
·   Mampu menyimpulkan tema  cuplikan
·   Mampu mendata latar-latar yang ada dalam cuplikan novel

Tes tulis

Tes tulis
Tes uraian

Tes uraian
§   Tulis tema cuplikan novel yang ka­mu dengarkan!
§   Tulislah latar disertai dengan bukti cuplikan novel yang kamu dengar­kan!
4 X 40’
Buku Teks
Perpustaka-an
Novel remaja
terjemahan
13.3 Mendes­kripsikan alur novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan
Pendeskripsian alur novel remaja
o  Mendengarkan pembacaan cup­lik­an novel remaja terjemahan
o  Bertanya jawab mengenai struktur alur
o  Menganalisis tahap-tahap alur
o  Menentukan alur dengan bukti des­kripsi cerita pada setiap  ta­hap­annya
·   Mampu mendata tahap-tahap alur cerita
·   Mampu menentukan alur dengan bukti deskripsi cerita pada setiap  tahapannya

Tes tulis

Tes tulis

Tes uraian

Tes uraian
§  Tulislah tahap-tahap alur cerita yang terdapat di dalam suatu cup­likan novel yang kamu dengarkan!

§  Tulislah alur cuplikan novel yang kamu dengarkan!
2 X 40’
Buku Teks
Perpustaka-an
Novel remaja
terjemahan





Standar Kompetensi: Berbicara
                                   14. Mengapresiasi kutipan novel remaja (asli atau terjemahan) melalui kegiatan diskusi


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
14.1 Mengo­men­tari ku­tipan novel remaja (asli atau terje­mah­an)


Cara mengomentari  kutipan novel dan implementasi- nya
o  Membaca kutipan novel remaja terjemahan, kemudian bertanya jawab tentang masalah-masalah yang ada dalam kutipan
o  Menunjukkan keunggulan, kekurangan, pendapat, kritik, ataupun saran dengan alasan yang logis
·   Mampu mendata masalah-masalah yang perlu dikomentari
·   Mampu mengomentari novel dengan alasan yang logis


Observasi


Lembar observasi

§   Datalah masalah-masalah yang terdapat di dalam suatu cuplikan novel yang dapat dikomentari!
§   Berikan pendapat, kritik, saran, ataupun keunggulan, kelemahan kutipan novel terjemahan yang kamu baca!
2 X 40’
Novel remaja terjemahan
Buku sumbe
Buku teks
14.2 Menang­gapi hal yang menarik dari  kutipan novel remaja (asli atau terje­mah­an)
Cara menanggapi kutipan novel remaja dan implementasi- nya
o  Membaca kutipan novel remaja terjemahan, kemudian mendis­kusikan hal yang menarik dari ku­tipan novel terjemahan
o  Menanggapi komentar teman ten­tang suatu novel remaja dengan santun

·   Mampu mengemukakan hal yang menarik dari novel dengan alasan yang logis
·   Mampu menanggapi komentar  teman tentang novel dengan santun



Observasi

Lembar observasi

§   Kemukakan hal-hal yang menarik yang terdapat di dalam novel remaja yang kamu baca!  Jelaskan pula alasan-alasannya sehingga kamu berpendapat demikian!
§   Tanggapilah komentar-komentar temanmu yang isinya menunjukkan menarik tidaknya yang terdapat dalam suatu kutipan novel terje­mah­an!
4 X 40’
Novel remaja terjemahan
Buku sumbe
Buku teks










Standar Kompetensi: Membaca
                                   15. Memahami buku novel remaja (asli atau terjemahan) dan antologi puisi


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
15.1 Menjelas­kan alur ceri­ta, pelaku, dan latar no­vel (asli atau terjemahan)



Cara menjelaskan alur, pelaku, dan latar novel serta implementasi- nya
o        Membaca kutipan novel terje­mah­an untuk mendiskusikan alur, pe­laku, dan latar dalam kutipan novel terjemahan serta menyim­pulkan keterkaitan alur, pelaku, dan latar
o        Membaca buku novel terjemahan, kemudian menganalisis alur ceri­ta, pelaku, dan latar novel terje­mahan
·   Mampu menentukan karakter tokoh dengan bukti yang meyakinkan
·   Mampu menentukan latar novel dengan bukti yang faktual
·   Menganalisis keterkaitan antar­un­sur intrinsik dalam teks drama


Penugasan
Tugas proyek
§   Bacalah sebuah novel terjemahan kemudian tentukanlah karakter to­koh-tokohnya!
§   Buatlah laporan tentang alur ceri­ta­nya, pelaku, dan latar novel terse­but.
§   Analisislah keterkaitan alur cerita, pelaku, dan latarnya!
4 X 40’
Novel remaja terjemahan
15.2 Mengenali ciri-ciri umum puisi dari bu­ku antologi puisi


Pengenalan ciri-ciri umum puisi.

o  Membaca puisi-puisi dalam buku antologi puisi, kemudian ber tanya jawab untuk mendata hal-hal yang khusus dari puisi-puisi da­lam antologi
o  Mendiskusikan  ciri-ciri umum puisi
·   Mampu mendata hal-hal yang ber­sifat khusus dari puisi-puisi dalam antologi
·   Mampu mengidentifikasi ciri-ciri umum puisi yang terdapat di dalam antologi puisi
Penugasan
Tugas proyek
Bacalah sebuah buku antologi pui­si, lalu buatlah laporan yang berisi data hal-hal yang khusus dari seti­ap puisi, kemudian simpulkan ciri umum puisi dari antologi tersebut!
4 X 40’
Buku teks
perpustakaan



Standar Kompetensi: Menulis
                                   16. Mengungkapkan pikiran dan perasaan dalam puisi bebas


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
16.1 Menulis puisi bebas dengan mengguna-kan pilihan kata yang sesuai
 Penulisan puisi bebas dengan pilihan kata yang sesuai
o  Membaca berbagai puisi, kemu­dian mendaftar topik yang akan diangkat sebagai puisi
o  Bertanya jawab untuk menen­tu­kan puisi yang akan ditulis
o  Mengamati objek, mendata objek yang akan dijadikan bahan penu­lisan puisi
o  Mendeskripsikan objek dalam la­rik-larik puitis
o  Menulis puisi dengan menggu­nakan pilihan kata yang tepat
o  Menyunting sendiri pilihan kata yang terdapat di dalam puisi yang ditulis agar bersifat puitis
·   Mampu mendata objek yang akan dijadikan bahan menulis puisi
·   Menulis puisi dengan  menggu­nakan pilihan kata yang tepat
·   Mampu menyunting sendiri pilihan kata puisi yang ditulis

Portofolio
Portofolio
Tulislah sebuah puisi berdasarkan objek tertentu, dan dengan pilih­an kata yang tepat. Suntinglah pui­simu sehingga menjadi lebih puitis. Cermatilah komentar gurumu dan atau temanmu untuk perbaikan puisi yang kamu hasilkan

4 X 40’
Buku Teks
Gambar
Foto
Lingkungan

16.2 Menulis puisi bebas dengan mem­perhatikan un­sur persa­jakan
Penulisan puisi bebas dengan memperhatikan unsur persajakan
o  Membaca berbagai puisi untuk mendaftar topik yang akan diang­kat sebagai puisi
o  Bertanya jawab untuk menen­tu­kan puisi yang akan ditulis
o  Mengamati objek dan mendata objek yang akan dipuisikan
o  Mendeskripsikan objek dalam larik-larik yangbersifat puitis
o  Menulis puisi dengan memper­ha­ti­kan unsur persajakan
o  Menyunting puisi yang ditulis sen­diri
·   Mampu mendata objek yang akan dijadikan bahan untuk penulisan puisi
·   Mampu mendeskripsikan objek dalam larik-larik yang bersifat puitis
·   Mampu menyunting sendiri puisi yang ditulisnya

Portofolio
Portofolio
Tulislah sebuah puisi dengan  berdasarkan topik tertentu, dan dengan persajakan kata yang tepat! Suntinglah puisimu sehingga men­jadi lebih puitis. Cermatilah komen­tar gurumu dan atau temanmu , kemudian tuliskan perasaanmu atas proses penulisan puisi yang kamu lakukan selanjutnya
2 X 40’
Buku Teks
Gambar
Foto
Lingkungan