pendidikan
Saturday, February 8, 2014
Linux
Didalam era tekhnologi yang canggih ini,
kebutuhan akan server sangat diperlukan, terutama untuk instansi-instansi atau
perusahaan-perusahaan besar. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya tuntutan
pekerjaan yang memerlukan adanya server.
Dahulu server berbentuk fisik, sekarang hal tersebut sudah tidak menjadi tren lagi, karena ada yang lebih hemat dan lebih efisien, yaitu server virtual, jadi server yang dibuat nantinya berada komputer di dalam komputer. Sehingga hal ini akan menghemat biaya investasi dan juga penghematan ruangan.
Dahulu server berbentuk fisik, sekarang hal tersebut sudah tidak menjadi tren lagi, karena ada yang lebih hemat dan lebih efisien, yaitu server virtual, jadi server yang dibuat nantinya berada komputer di dalam komputer. Sehingga hal ini akan menghemat biaya investasi dan juga penghematan ruangan.
1.1 Latar Belakang
Secara sederhana virtualisasi adalah komputer
didalam komputer yang di implementasikan oleh software yaitu virtual machine.
Sebuah virtual machine menyamakan keseluruhan sistem hardware, mulai dari
processor sampai network card, dan memungkinkan beberapa sistem operasi untuk
berjalan secara bersamaan. Setiap sistem operasi berada pada partisi software
yang berbeda secara independent. (http://wss-id.org/blogs/leonardo/default.aspx
20 Ferbruari 2009).
Teknologi virtualisasi muncul karena adanya keinginan sebuah perusahaan atau instansi untuk membangun sebuah infrastuktur teknologi informasi ke level yang lebih tinggi tanpa harus dihadapkan pada ongkos investasi yang berlipat. Hal ini sangat penting karena seiring pertumbuhan bisnisnya, perusahaan atau instansi dihadapkan pada kebutuhan infrastruktur teknologi informasi yang semakin besar. Hal tersebut tentu akan berimbas pada naiknya kebutuhan energi, tambahan sumber daya manusia, dan secara keseluruhan akan menaikkan total biaya yang harus dikeluarkan.
Dalam penerapan virtualisasi, virtual machine merupakan sebuah solusi dalam pengimplementasian virtualisasi karena virtual machine memiliki perlindungan yang lengkap pada berbagai sistem sumber daya, yaitu dengan meniadakan pembagian sumber daya secara langsung, sehingga tidak ada masalah proteksi dalam virtual machine. Sistem virtual machine adalah kendaraan yang sempurna untuk penelitian dan pengembangan sistem operasi. Dengan virtual machine, jika terdapat suatu perubahan pada satu bagian dari mesin, maka dijamin tidak akan mengubah komponen lainnya.
Pada penerapan virtualisasi server ini, virtual machine yang digunakan yaitu VirtualBox. dan yang dijadikan sebagai host adalah sistem operasi linux Ubuntu 8.10 sedangkan yang dijadikan sebagai guest adalah linux Ubuntu 8.10 server. Linux Ubuntu dipilih karena lisensi linux adalah GNU yaitu sistem operasi lengkap bergaya UNIX yang bebas bagi masyarakat. Dan juga dikarenakan linux Ubuntu mempunyai banyak komunitas.
Dengan menggunakan linux Ubuntu sebagai server, berbagai macam kebutuhan seperti DNS server, web server, dan sebagainya bisa diterapkan dengan mudah dan murah karena paket-paket program server tersebut telah disertakan dalam CD linux Ubuntu server yang ada.
Teknologi virtualisasi muncul karena adanya keinginan sebuah perusahaan atau instansi untuk membangun sebuah infrastuktur teknologi informasi ke level yang lebih tinggi tanpa harus dihadapkan pada ongkos investasi yang berlipat. Hal ini sangat penting karena seiring pertumbuhan bisnisnya, perusahaan atau instansi dihadapkan pada kebutuhan infrastruktur teknologi informasi yang semakin besar. Hal tersebut tentu akan berimbas pada naiknya kebutuhan energi, tambahan sumber daya manusia, dan secara keseluruhan akan menaikkan total biaya yang harus dikeluarkan.
Dalam penerapan virtualisasi, virtual machine merupakan sebuah solusi dalam pengimplementasian virtualisasi karena virtual machine memiliki perlindungan yang lengkap pada berbagai sistem sumber daya, yaitu dengan meniadakan pembagian sumber daya secara langsung, sehingga tidak ada masalah proteksi dalam virtual machine. Sistem virtual machine adalah kendaraan yang sempurna untuk penelitian dan pengembangan sistem operasi. Dengan virtual machine, jika terdapat suatu perubahan pada satu bagian dari mesin, maka dijamin tidak akan mengubah komponen lainnya.
Pada penerapan virtualisasi server ini, virtual machine yang digunakan yaitu VirtualBox. dan yang dijadikan sebagai host adalah sistem operasi linux Ubuntu 8.10 sedangkan yang dijadikan sebagai guest adalah linux Ubuntu 8.10 server. Linux Ubuntu dipilih karena lisensi linux adalah GNU yaitu sistem operasi lengkap bergaya UNIX yang bebas bagi masyarakat. Dan juga dikarenakan linux Ubuntu mempunyai banyak komunitas.
Dengan menggunakan linux Ubuntu sebagai server, berbagai macam kebutuhan seperti DNS server, web server, dan sebagainya bisa diterapkan dengan mudah dan murah karena paket-paket program server tersebut telah disertakan dalam CD linux Ubuntu server yang ada.
1.2 Perumusan Masalah
Karena luasnya pembahasan yang berhubungan dengan
virtualisasi server, maka perlu adanya pembahasan yang sistematis. Dan
pembahasan tersebut dapat dirumuskan sebagai berikut:
1. Bagaimana mengimplementasikan server didalam lingkungan VirtualBox..
2. Bagaimana backup server di lingkungan VirtualBox.
3. Mengkonfigurasi paket–paket yang ada pada server.
1.3 Batasan Masalah1. Bagaimana mengimplementasikan server didalam lingkungan VirtualBox..
2. Bagaimana backup server di lingkungan VirtualBox.
3. Mengkonfigurasi paket–paket yang ada pada server.
Adapun batasan masalah dalam perancangan dan pembuatan virtualisasi server ini adalah sebagai berikut:
1. Sistem operasi yang digunakan sebagai host adalah linux Ubuntu 8.10.
2. Sistem operasi yang dijadikan sebagai guest adalah linux Ubuntu 8.10 server.
3. Konfigurasi paket server menyesuaikan spesifikasi hardware PC yang digunakan.
1.4 Tujuan Tugas Akhir
Tujuan dari tugas akhir ini adalah:
1. Membuat suatu desain dan implementasi teknologi virtualisasi server linux dengan menggunakan VirtualBox.
2. Mengimplementasikan teknologi virtualisasi dengan memvirtualisasi server linux dengan menggunakan VirtualBox.
3. Memberikan gambaran kepada para pengembang di dunia teknologi informasi untuk bisa memanfaatkan dan menggunakan teknologi virtualisasi server secara maksimal.
1.5 Manfaat Tugas Akhir
Manfaat yang diharapkan dari pembuatan tugas akhir ini adalah:
1. Peningkatan efisiensi konsumsi daya dan utilitas server.
2. Meningkatkan pemanfaatan host menjadi lebih maksimal.
3. Memberikan kemudahan dalam membackup server di lingkungan virtual.
4. Pengamanan dalam bentuk fisik lebih terpusat, karena di dalam virtualisasi justru yang perlu diperhatikan adalah pengamanan mesin-mesin virtual yang ada pada host tersebut.
5. Mengetahui dan memahami tentang konsep membangun sebuah server dengan memanfaatkan teknologi virtuialisasi.
1.6 Metode Penulisan
Metode yang dilakukan dalam menyusun tugas akhir ini adalah:
1. Interview
Melakukan tanya jawab, baik itu bertemu secara langsung, lewat forum diskusi atau mailing list di internet untuk memperoleh informasi atau data.
2. Literatur
Mempelajari berbagai literatur yang berhubungan dengan virtual machine dan server sebuah Jaringan Komputer baik itu dari buku bacaan maupun dari internet.
1.7 Sistematika Penulisan
Tugas akhir ini akan menjelaskan beberapa bahasan yang berhubungan dengan virtualisasi server linux dengan menggunakan VirtualBox.
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini menjelaskan tentang latar belakang, perumusan masalah, tujuan tugas akhir, manfaat tugas akhir, metode penulisan, dan sistematika penulisan.
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
Bab ini menjelaskan landasan teori yang dipakai sebagai penunjang pembuatan tugas akhir ini. Penjelasanya meliputi pengetahuan tentang linux, Ubuntu, server, virtual machine (VM), VirtualBox, dan pengetahuan tentang jaringan komputer.
BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM
Bab ini menjelaskan mengenai Analisa sistem dan perancangan sistem. Dimana pada perancangan sistem meliputi kebutuhan sistem, alur kerja, dan perancangan virtualisasi server linux Ubuntu dengan VirtualBox.
BAB IV IMPLEMENTASI SISTEM
Bab ini menjelaskan bagaimana mengimplementasikan virtualisasi server linux Ubuntu dengan menggunakan VirtualBox. Serta menjelaskan kebutuhan apa saja yang diperlukan dan konfigurasi apa yang digunakan supaya tujuan dari tugas akhir ini tercapai dan berjalan dengan baik.
BAB V UJI COBA DAN EVALUASI
Bab ini menjelaskan tentang pengujian yang dilakukan untuk mengetahui apakah virtualisasi server linux dengan menggunakan VirtualBox bisa bekerja dengan baik.
BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN
Bab ini menjelaskan tentang kesimpulan dari keseluruhan isi dari laporan tugas akhir ini. Serta saran yang disampaikan penulis untuk mengembangkan sistem yang ada demi kesempurnaan sistem yang lebih baik.
DAFTAR PUSTAKA
Pada bagian ini akan dipaparkan tentang sumber-sumber literatur, tutorial, buku maupun sistus web yang digunakan dalam pembutan tugas akhir ini.
Silabus Bahasa Indonesia
Silabus
Sekolah : MTs
YASMI PSA AL-FALAH
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
VIII/1
Standar Kompetensi : Mendengarkan
1. Memahami wacana
lisan berbentuk laporan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.1
Menganalisis laporan
|
Penganalisisan
laporan perjalanan
|
o Mendengarkan
laporan
o Menuliskan pokok-pokok laporan yang diperdengarkan
dengan kalimat singkat
o Bertanya
jawab tentang laporan yang diperdengarkan
o Menganalisis
pola urutan waktu atau ruang dalam laporan yang diperdengarkan.
|
· Mampu
menuliskan pokok-pokok laporan yang
diperdengarkan dengan kalimat singkat
· Mampu
menganalisis pola urutan waktu atau ruang dalam laporan yang diperdengarkan.
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Dafttar pertanyaan
Tes uraian
|
§ Tulislah
enam pokok laporan dari laporan yang kamu dengarkan!
§ Tentukan
pola urutan laporan dan buktikan dengan cara mencuplik isinya!
|
4 X 40’
|
Narasumber (Siswa)
|
1.2
Menanggapi isi laporan
|
Cara menanggapi laporan perjalanan dan implementasi-
nya
|
o
Mendengarkan laporan perjalanan
o
Menuliskan pokok-pokok isi laporan
perjalanan dengan kalimat singkat
o
Memberikan tanggapan, kritik, saran
terhadap laporan perjalanan
|
· Mampu
menanggapi laporan perjalanan teman dengan mengajukan pertanyaan atau
pendapat
· Mampu
memberikan masukan terhadap laporan perjalanan teman
|
Observasi
Observasi
|
Lembar observasi
Lembar observasi
|
§ Tanggapilah
isi laporan perjalanan yang dibacakan!
§ Berilah
tanggapan, kritik, ataupun saran atas laporan perjalanan yang dibacakan!
|
2 X 40’
|
Narasumber
(siswa)
|
Standar Kompetensi : Berbicara
2. Megungkap berbagai informasi melalui
wawancara dan presentasi laporan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2.1
Berwawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan perhatikan
etika berwawancara
|
Cara berwawancara
dan implementasi-nya
|
o Mendengarkan
wawancara untuk bertanya jawab tentang etika berwawancara
o Menentukan
narasumber yang akan diwawancarai
o Menentukan
topik wawancara
o Membuat
daftar pertanyaan untuk wawancara
o Melakukan
wawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan
o Mencatat
pokok-pokok hasil wawancara
|
· Mampu
membuat daftar pokok-pokok pertanyaan
untuk wawancara
· Mampu
melakukan wawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan
memperhatikan etika berwawancara
|
Tes tulis
Tes unjuk
kerja
|
Tes uraian
Tes simulasi
|
§ Buatlah
daftar pokok-pokok pertanyaan untuk wawancara!
§ Lakukan
wawancara dengan narasumber! (Guru harus dapat melihat wawancara itu sehingga
dia dapat menilai kemampuan berwawancara siswa)
|
6 X40’
|
Buku Teks
Nara sumber
Rekaman Wawancara
|
2.2
Menyampaikan laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar
|
Penyampaian laporan perjalanan
|
o Mendengarkan
laporan perjalanan (model)
o Menanggapi
cara penyampaian laporan dari sisi lafal, intonasi, ekspresi
o Mencatat
pokok-pokok laporan berdasarkan pola tertentu
o Berlatih
menyampaikan laporan
o Menyampaikan
laporan secara pribadi
|
· Mampu
mencatat pokok-pokok laporan berdasarkan pola urutan waktu, ruang, atau topik
· Mampu
menyampaikan laporan secara lisan
|
Tes lisan
Tes unjuk
kerja
|
Tes uraian
Uji petik kerja produk
|
§ Buatlah
catatan kecil pokok-pokok laporan yang akan kamu sampaikan secara lisan!
§ Sampaikan
laporan perjalananmu secara lisan di depan kelas!
|
6 X 40’
|
Buku teks
Kaset rekaman Contoh laporan
|
Standar Kompetensi: Membaca
3. Memahami ragam wacana
tulis dengan membaca memindai, membaca cepat
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.1
Menemukan informasi secara cepat dan tepat dari ensiklopedi/
Buku telepon dengan membaca memindai
|
Cara menemukan informasi di dalam ensiklopedi/buku telepon
dan implementasi- nya
|
o Mencari
ensiklopedi/buku telepon di perpustakaan untuk menentukan
subjek informasi
o Mencari
subjek informasi (lema) secara cepat dan tepat
o Membaca
informasi secara cepat dan tepat.
o Menutup
ensiklopedi/buku telepon
o Mengemukakan
kembali informasi dalam ensiklopedi/buku telepon dengan bahasa sendiri.
|
· Mampu
menemukan subjek informasi secara cepat dan tepat
· Mampu
menemukan informasi secara cepat dan tepat
· Mampu
mengemukakan kembali informasi itu dengan bahasa sendiri
|
Observasi
Observasi
Observasi
|
Lembar
Obs.
Lembar
observasi
Lembar
observasi
|
§ Temukan
kata ”lema” dalam waktu 10 detik!
§
Temukan informasi tentang ...
dalam waktu 2 menit!
§
Kemukakan informasi yang kamu
peroleh secara lisan!
|
4 X 40’
|
Perpustaka-an
Buku telepon
Ensiklopedi
Buku teks
|
3.2
Mendes-kripsikan tempat atau arah dalam konteks yang sebenarnya sesuai dengan
yang tertera dalam denah
|
Pendeskripsian tempat dan arah berdasarkan denah
|
o Mencermati
petunjuk arah mata angin
o Bertanya
jawab tentang petunjuk arah
o Mencermati
denah
o Mendiskusikan
perjalanan yang paling mudah ke arah
tempat yang dituju
o Mengemukakan
rute perjalanan ke tempat yang dituju
|
· Mampu
membaca arah mata angin
· Mampu
memberikan penjelasan arah ke tempat yang dituju dari tempat yang paling
dekat
· Mampu
mendeskripsikan arah ke tempat yang dituju
|
Observasi
Observasi
Tes tulis
|
Lembar observasi
Lembar observasi
Tes uraian
|
§ Kemukakan
arah mata angin dengan arah sebenarnya!
§ Kemukakan
tempat yang dituju dengan memberikan penjelasan arah dari tempat yang paling
dekat!
§ Uraikan perjalananmu ke arah tempat yang dituju!
|
2 X 40’
|
Buku teks
Denah
|
3.3
Menyimpulkan isi suatu teks dengan membaca cepat 250 kata per menit
|
Penyimpulan isi teks bacaan
|
o Membaca
cepat dengan waktu tertentu
o Mengukur
kecepatan membaca cepat diri sendiri dan teman
o Membaca
cepat dengan target 250 kata per menit
o Menjawab
pertanyaan
o Menghitung
KEM sendiri dan teman
o Mendiskusikan
simpulan isi teks
|
· Mampu
mengukur kecepatan membaca untuk diri sendiri dan teman
· Mampu
menjawab pertanyaan dengan peluang ketepatan 75%
· Mampu
menyimpulkan isi teks bacaan
|
Observasi
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Lembar observasi
Tes isian atau tes pilihan
ganda
Tes uraian
|
§ Bacalah
teks kemudian hitung kecepatan membacamu!
§ Jawablah
pertanyaan berikut ini!
§ Tulislah
simpulan bacaan dalam beberapa kalimat!
|
2 X 40’
|
Media cetak, Buku referensi
Pengukur waktu
|
Standar Kompetensi: Menulis
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk
laporan, surat dinas, dan petunjuk
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
4.1
Menulis laporan dengan bahasa yang
baik dan benar
|
Penulisan laporan perjalanan
|
o
Membaca teks laporan perjalanan atau
menikmati tayangan perja- lanan di TV
o
Mendiskusikan pokok-pokok laporan
perjalanan
o
Menyusun kerangka laporan
o
Menulis laporan perjalanan pribadi
|
· Mampu
menyusun kerangka laporan berdasarkan urutan ruang, waktu, atau tema
· Mampu
mengembangkan kerangka laporan dengan bahasa yang komunikatif
|
Tes tulis
Tes unjuk
kerja
|
Tes uraian
Uji petik kerja produk
|
§ Buatlah
kerangka laporan perjalanan dengan pola tertentu!
§ Kembangkan
kerangka laporan menjadi laporan tertulis!
|
2 X 40’
|
Media cetak, media elektronik (rekaman perjalanan)
|
4.2
Menulis surat dinas berkenaan dengan
kegiatan sekolah dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku
|
Penulisan surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah
|
o Mengamati
beberapa surat dinas, kemudian mendiskusikan sistematika surat dinas
o Mendiskusikan
penggunaan bahasa dalam surat dinas
o Bertanya
jawab mengenai kegiatan sekolah yang akan dilaksanakan
o Menulis
surat dinas yang berkenaan dengan kegiatan sekolah yang akan dilaksanakan
dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku.
o Menyunting
surat dinas
|
· Mampu
menentukan sistematika surat dinas
· Mampu
menulis surat dinas dengan bahasa baku
· Mampu
menyunting surat dinas
|
Tes tertulis
Tes unjuk
kerja
Tes unjuk
kerja
|
Tes uraian
Uji petik kerja produk
Uji petik
kerja produk
|
§ Tentukan sistematika surat dinas!
§ Tulislah
surat dinas kepada kepala sekolah untuk minta izin melakukan kegiatan Osis di
ruang aula (Kamu adalah ketua Osis)!
§ Suntinglah
surat dinas temanmu!
|
2 X 40’
|
Contoh Surat-surat dinas di sekolah
Buku teks
Buku referensi
|
4.3
Menulis petunjuk melakukan sesuatu
dengan urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif
|
Penulisan bahasa petunjuk
|
o
Membaca petunjuk (model)
o
Mendiskusikan urutan-urutan
o
Membandingkan bahasa petunjuk dengan
bahasa deskriptif
o
Menyimpulkan ciri-ciri bahasa
petunjuk
o
Tanya jawab tentang penyuntingan bahasa petunjuk (model) yang belum efektif
o
Menulis petunjuk
o
Menyunting bahasa petunjuk teman
|
· Mampu
mendata urutan melakukan sesuatu
· Mampu
menyimpulkan ciri-ciri bahasa petuntuk
· Mampu
menulis petunjuk dengan bahasa yang efektif
· Menyunting
bahasa petunjuk
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes unjuk
kerja
Tes unjuk
kerja
|
Tes uraian
Tes uraian
Uji petik kerja produk
Uji petik kerja produk
|
§ Datalah
urutan melakukan sesuatu yang ada dalam petunjuk!
§ Tulislah
ciri-ciri bahasa petunjuk!
§
Tulislah petunjuk tentang cara
minum obat!
§
Suntinglah bahasa petunjuk
temanmu!
|
2 X 40 ‘
|
Model-model petunjuk Buku teks
|
Standar Kompetensi : Mendengarkan
5. Mengapresiasi pementasan drama
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
5.1
Menang-gapi unsur pementasan naskah drama
|
Cara menanggapi unsur-unsur pementasan drama dan
implementasi- nya
|
o
Mendengarkan/menonton pementasan
drama (model)
o
Mendiskusikan unsur-unsur drama
o
Menanggapi dangan cara memberi
pendapat, kritik, maupun saran
|
o Mampu
menentukan unsur-unsur pementasan drama
· Mampu
menanggapi tiap-tiap unsur dengan alasan yang logis
|
Tes tulis
Observasi
|
Tes uraian
Lembar observasi
|
§ Tentukan
unsur-unsur drama!
§ Tanggapilah
drama yang baru kamu dengar/tonton!
|
4 X 40’
|
Pementasan drama
atau model pementasan yang dilakukan siswa
|
5.2
Mengevaluasi pemeran tokoh dalam pementasan drama
|
Cara mengevaluasi pemeran dan implementasi- nya
|
o Mendengarkan/menonton
pementasana drama (model)
o Tanya
jawab tentang karakter tiap-tiap
tokoh
o Mengevaluasi
pemeranan tokoh dengan alasan yang logis
|
o Mampu
menentukan karakter tiap-tiap tokoh
· Mampu
mengevaluasi pemeranan tokoh berdasarkan karakter yang seharusnya diperankan
dengan alasan yang logis
|
Tes tulis
Tes unjuk
kerja
|
Uraian
Uji petik kerja
produk
|
§ Tentukan karakter tokoh!
§ Berikan
penilaian tentang pemeranan tokoh dengan alasan yang logis!
|
4 X 40’
|
Pementasan drama
atau model pementasan yang dilakukan siswa
|
Standar Kompetensi : Berbicara
6.
Mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan bermain peran
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
6.1
Bermain peran sesuai dengan naskah yang ditulis siswa
|
Bermain peran
|
o Membaca
teks drama yang telah ditulis
o Menentukan
karakter tokoh
o Memilih
tokoh yang akan diperankan
o Berlatih
menghayati karakter tokoh beserta teman sebagai lawan main
o Olah
vokal
o Menyiapkan
perangkat pendukung tokoh yang akan diperankan
o Memerankan
tokoh sesuai karakter yang dituntut dengan lafal yang jelas dan intonasi yang
tepat
|
· Mampu
menentukan karakter tokoh dalam naskah yang telah ditulis siswa
· Mampu
memerankan tokoh sesuai karakter yang dituntut dengan lafal yang jelas
dan intonasi yang tepat
|
Tes lisan
Tes unjuk
kerja
|
Daftar
pertanyaan
Tes simulasi
|
§ Tentukan
karakter setiap tokoh!
§ Perankan
tokoh sesuai dengan karakter dan dialog antartokoh!
|
6 X 40’
|
Buku teks drama
Lingkungan kelas
Perangkat pendukung pementasan
|
6.2
Bermain peran dengan cara improvisasi sesuai dengan kerangka naskah
yang ditulis oleh siswa
|
Bermain peran dengan berimprovisasi
|
o Membaca
kerangka teks drama yang telah ditulis
o Menentukan
karakter tokoh
o Memilih
tokoh yang akan diperankan
o Berlatih
menghayati karakter tokoh beserta teman sebagai lawan main
o Olah
vokal
o Menyiapkan
perangkat pendukung tokoh yang akan diperankan
o Memerankan
tokoh dengan improvisasi
|
· Mampu
menentukan karakter tokoh
· Mampu
berimprovisasi berdasarkan kerangka naskah
|
Tes lisan
Tes unjuk
kerja
|
Daftar pertanyaan
Tes simulasi
|
§ Tentukan
karakter setiap tokoh seperti yang terdapat di dalam kerangka naskah
tulisan siswa!
§ Perankan
tokoh sesuai dengan karakter dan kerangka cerita dengan cara improvisasi!
|
6X 40’
|
Buku Teks
Lingkungan kelas
Perangkat pendukung pementasan
|
Standar Kompetensi: Membaca
7. Memahami teks
drama dan novel remaja
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
7.1
Mengidentifika-si unsur intrinsik teks drama
|
Pengidentifikasian unsur intrinsik teks drama
|
o Membaca
teks drama, kemudian mendiskusikan
unsur-unsur instrinsik teks drama
o Menganisis unsur-unsur intrinsik teks drama melalui
diskusi
o Mendiskusikan
keterkaitan antarunsur intrinsik agar bisa menemukan makna secara utuh
|
· Mampu
menentukan unsur-unsur intrinsik teks drama
· Mampu
menganalisis teks drama berdasarkan unsur-unsur intrinsiknya
· Menganalisis
keterkaitan antarunsur intrinsik dalam teks drama
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes unjuk
kerja
|
Tes
Uraian
Tes Uraian
Uji petik
kerja produk
|
§ Apakah
tema teks drama yang telah kamu baca?
§ Tentukan
dua intrinsik teks drama disertai
dengan contoh!
§ Tentukan sebuah makna dengan cara mengaitkan minimal dua unsur intrinsik!
|
4 X 40’
|
Buku teks
Buku referensi
|
7.2
Membuat sinopsis novel remaja Indonesia
|
Pembuatan sinopsis novel
|
o
Mendiskusikan cara menentukan
kerangka cerita dalam novel
o
Menentukan kerangka novel
o
Menulis sinopsis novel
|
· Mampu
menganalisis kerangka novel remaja yang dibaca
· Mampu
menyusun sinopsis cerita novel berdasarkan kerangka sinopsis
|
Penugasan
|
Tugas proyek
|
§ Bacalah
sebuah novel remaja Indonesia kemudian buatlah kerangka sinopsis dan sinopsis
ceritanya!
|
4 X 40’
|
Novel remaja Indonesia
|
Standar Kompetensi: Menulis
8. Mengungkapkan
pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis kreatif naskah drama
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
8.1
Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan keaslian ide
|
Penulisan naskah drama dengan keaslian ide
|
o Mendata
cerita, kemudian memilih satu cerita untuk diangkat sebagai dasar
penulisan naskah drama
o Menyusun
kerangka cerita drama berdasarkan cerita yang sudah dipilih.
o Bertanya
jawab mengenai keaslian ide
o Menulis
naskah drama satu babak berdasarkan kerangka naskah drama
|
· Mampu
menyusun kerangka naskah drama yang mengandung keaslian ide.
· Mampu
mengembangkan kerangka cerita menjadi teks drama satu babak yang mengandung
keaslian ide.
|
Tes unjuk kerja
|
Uji petik kerja produk
|
Susunlah kerangka cerita drama berdasarkan cerita yang
sudah kamu pilih kemudian kembangkan menjadi naskah drama!
|
4 X 40’
|
Buku teks drama
Buku referensi yang berisikan drama
|
8.2
Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan kaidah penulisan
naskah drama
|
Penulisan naskah drama sesuai dengan kaidah penulisan
naskah drama
|
o Mendata
cerita untuk memilih satu cerita untuk diangkat sebagai dasar penulisan
naskah drama
o Menyusun
kerangka naskah drama berdasarkan cerita yang sudah dipilih.
o Bertanya
jawab mengenai kaidah penulisan naskah drama
o Menulis
naskah drama satu babak berdasarkan kerangka cerita drama dengan
memperhatikan kaidah penulisan naskah drama.
|
· Mampu
menyusun kerangka cerita drama.
·
Mampu menulis naskah drama satu babak
berdasarkan kerangka cerita drama dengan memperha-tikan kaidah penulisan
naskah drama.
|
Tes unjuk kerja
|
Uji petik kerja produk
|
Susunlah kerangka cerita drama berdasarkan cerita yang
sudah kamu pilih kemuian kembangkan menjadi naskah drama!
|
4 X 40’
|
Buku Teks
Buku referensi
|
Mengetahui, Cicantayan, …………… 2010
Kepala Guru Mata Pelajaran
Drs Johan Abdul Fatah
Drs Johan Abdul Fatah
Silabus
Sekolah : MTs
YASMI PSA AL-FALAH
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
VIII/ 2
Standar Kompetensi : Mendengarkan
9.
Memahami isi berita radio/televisi
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
9.1
Menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, mengapa, di mana, kapan, dan
bagaimana) yang didengar atau ditonton melalui radio/televisi
|
Cara menemukan pokok-pokok berita dan implementasi- nya
|
o Mendengarkan
rekaman berita dari radio/TV
o Mendiskusikan
pokok-pokok berita yang didengar dari rekaman
o Menentukan
pokok-pokok berita
o Menuliskan
pokok-pokok berita dengan ejaan yang benar
|
· Mampu
menemukan pernyataan-pernyataan yang merupakan jawaban dari pertanyaan
pokok-pokok berita
· Mampu
menuliskan pokok-pokok berita dengan ejaan yang benar
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Tes uraian
Tes uraian
|
§ Kemukakan
secara lisan pokok-pokok berita yang terdapat di dalam berita yang akan kamu
dengar!
§ Tuliskan
pokok-pokok berita dengan singkat!
|
2 X 40’
|
TV/Radio/
Rekaman
berita
|
9.2
Mengemukakan kembali berita yang didengar/ditonton melalui radio/
televisi
|
Cara mengemukakan kembali berita dan implementasi- nya
|
o Mendengarkan
rekaman berita dari radio/TV
o Menganalisis pokok-pokok berita yang didengar
o Mendiskusikan
penulisan berita dengan urutan pokok-pokok berita yang bervariasi
o Menulis
satu teks berita
o Menyunting teks berita tulisan sendiri atau
teman
|
· Mampu
menuliskan pokok-pokok berita dengan ejaan yang benar
· Mampu
merangkai pokok-pokok berita secara
bervasiasi menjadi teks berita
· Mampu
menyunting berita yang ditulis
|
Tes tulis
Tes unjuk
kerja
Tes unjuk
kerja
|
Tes Uraian
Uji petik
kerja produk
Uji petik
kerja
|
§ Tulis
pokok-pokok berita dengan singkat!
§ Tulislah
teks berita dengan cara merangkai
secara bervariasi pokok-pokok berita!
§ Suntinglah
teks beritamu dan berita temanmu!
|
4 X 40’
|
TV/Radio/
Rekaman
berita
|
Standar Kompetensi: Berbicara
10. Mengemukakan
pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan diskusi dan protokoler
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
10.1
Menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam diskusi
disertai dengan bukti atau alasan
|
Cara
menyampaikanpendapat dalam diskusi dan implementasi- nya
|
o Mengamati
model diskusi, kemudian membahas mekanisme berdiskusi
o
Mendiskusikan etika menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan
pendapat dalam diskusi melalui pengamatan model
o Menyampaikan
persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam diskusi disertai dengan
bukti atau alas an
|
· Mampu
menentukan mekanisme diskusi
· Mampu
menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam diskusi
dengan etika yang baik dan argumentatif
|
Observasi
|
Lembar observasi
|
§ Tunjukkan
beberapa mekanisme diskusi berdasarkan model diskusi!
§ Berdiskusilah
dengan tema tertentu sesuai dengan aturan berdiskusi!
|
4 X 40’
|
Lingkungan
Narasumber, Media cetak ataupun elektronik, Model,
Buku teks, Buku referensi
|
10.2 Membawakan acara dengan
bahasa yang baik dan benar serta santun
|
Cara membawakan acara dan implementasi- nya
|
o Mengamati
nara sumber membawakan acara
o Tanya
jawab untuk menyimpulkan tata cara protokoler pembawa acara dalam berbagai
acara
o Menyimpulkan
tata urutan sapaan, sambutan
o Menyimpulkan
garis besar susunan acara
o Membawakan
acara dengan bahasa yang baik dan benar serta santun sesuai dengan konteks
acara
|
· Mampu
menyimpulkan tata cara protokoler pembawa acara dalam berbagai acara
· Mampu
menunjukkan garis besar susunan acara
· Mampu
membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar serta santun sesuai dengan
konteks acara
|
Tes unjuk
kerja
|
Tes simulasi
|
§ Jelaskan
apa yang dimaksud dengan tata cara protokoler pembawa acara!
§ Tunjukkan
garis besar susunan suatu acara!
§ Berperanlah
sebagai pembawa acara untuk mengantarkan acara sesuai dengan konteks!
|
6 X 40’
|
Nara sumber
Buku Teks, Buku referensi
|
Standar Kompetensi: Membaca
11. Memahami ragam
wacana tulis dengan membaca ekstensif, membaca intensif, dan membaca nyaring
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
11. 1
Menemukan masalah utama dari berbagai berita yang bertopik sama melalui
membaca ekstensif
|
Cara
menemukan masalah utama dan implementasi- nya
|
o
Membaca beberapa berita untuk
bertanya jawab mengenai permasalahan yang dalam tiap-tiap berita
o
Bertanya jawab mengenai masalah
utama pada setiap berita
o
Bertanya jawab untuk menyimpulkan
kesamaan masalah dalam beberapa berita
|
· Mampu mendata masalah-masalah dari
tiap-tiap berita
· Mampu
menentukan masalah utama dari tiap-tiap berita
· Mampu
menyimpulkan kesamaan masalah melalui kegiatan membandingkan beberapa berita
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes uraian
Tes uraian
Tes uraian
|
§
Tuliskan permasalahan-permasalahan
yang terdapat pada tiga teks berita!
§
Tuliskan masalah utama yang terdapat
pada tiga teks berita!
§
Tuliskan kesamaan masalah yang
terdapat di ketiga berita yang kamu baca!
|
4 X 40’
|
Media cetak
|
11.2
Menemukan informasi untuk bahan diskusi melalui membaca intensif
|
Cara menemukan informasi dan implementasi- nya
|
o
Membaca berita atau artikel dari
media cetak
o
Mendiskusikan informasi yang
problematik atau kontradiktif
o
Mendiskusikan rumusan masalah untuk
bahan diskusi
|
· Mampu
mendata informasi yang problematik dan atau
kontradiktif dari bacaan
· Mampu
merumuskan masalah dari data yang diperoleh
untuk bahan diskusi
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes uraian
Tes uraian
|
§
Tulislah informasi yang bersifat problematik
dan kontradiktif yang terdapat pada suatu
teks!
§
Rumuskan permasalahan yang terdapat
pada suatu teks untuk bahan diskusi!
|
4 X 40’
|
Media cetak
|
11.3
Membacakan teks berita dengan intonasi yang tepat serta artikulasi dan
volume suara yang jelas
|
Pembacaan teks berita
|
o Mengamati
nara sumber/model membacakan teks berita, kemudian mendiskusikan intonasi,
artikulasi, dan ekspresi narasumber/ model yang bersangkutan
o Berdiskusi
untuk memberikan tanda penjedaan
o Membacakan
teks berita dengan intonasi yang tepat, arikulasi dan volume suara yang
jelas, serta ekspresi sesuai dengan konteks
|
· Mampu
memberi tanda penjedaan dalam teks berita
· Mampu
membacakan teks berita dengan intonasi yang tepat, artikulasi dan volume
suara yang jelas, serta ekspresi yang
sesuai dengan konteks
|
Tes unjuk
kerja
|
Uji petik
kerja prosedur dan produk
|
§
Berilah tanda jeda pada teks berita
yang akan kamu bacaa!
§
Bacakanlah teks berita tersebut di
depan kelas!
|
6 X 40’
|
Buku Teks
Nara sumber
|
Standar Kompetensi: Menulis
12 Mengungkapkan informasi dalam bentuk
rangkuman, teks berita, slogan/poster
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
12. 1
Menulis rangkuman buku ilmu pengetahuan populer
|
Penulisan
rangkuman
|
o Membaca teks
o Mendiskusikan
pokok-pokok pikiran dalam teks
o
Merangkai pokok-pokok pikiran menjadi
rangkuman
o Membaca
buku ilmu pengetahuan populer/penemuan
o Menulis
pokok-pokok isi buku
o Menulis
rangkuman buku
o Menyunting
rangkuman
|
·
Mampu menulis pokok-pokok isi buku
·
Mampu merangkai pokok-pokok isi
buku menjadi rangkuman
· Menyunting
rangkuman
|
Penugasan
|
Tugas proyek
|
§
Bacalah sebuah buku ilmu pengetahuan
populer/penemuan kemudian
§
Tuliskan pokok-pokok isinya!
§
Buatlah rangkuman berdasarkan
pokok-pokok isi buku yang kamu baca!
§
Suntinglah dalam hal kebahasaan dan
isinya rangkuman buku yang sudah kamu tulis!
|
4 X 40’
|
Buku ilmu pengetahuan populer/penemuan
|
12.2
Menulis teks berita secara singkat, padat, dan jelas
|
Penulisan teks berita
|
o Mengamati
contoh teks berita
o Berburu
berita di sekitar sekolah
o Menyusun
data-data pokok berita
o Merangkai
data pokok-pokok berita menjadi berita yang singkat, padat, dan jelas
o Menyunting
berita
o Menampilkan
berita dalam majalah dinding atau majalah sekolah
|
· Mampu
menyusun data pokok berita
· Mampu
merangkai data pokok-pokok berita menjadi berita yang singkat, padat, dan
jelas
· Mampu
menyunting berita
|
Penugasan
|
Tugas proyek
|
§
Tulislah data pokok berita yang kamu
peroleh berdasarkan pengamatan terhadap suatu peristiwa!
§
Kembangkan data pokok berita menjadi
sebuah teks berita!
§
Suntinglah tulisan berita yang sudah
kamu susun!
|
4 X 40’
|
Lingkungan sekolah
Buku teks
Contoh teks berita
|
12.3
Menulis slogan/poster untuk berbagai keperluan dengan pilihan kata dan
kalimat yang bervariasi, serta persuasi
|
Penulisan slogan/poster
|
o
Mengamati bermacam-macam poter,
kemudian beranya jawab tentang jenis-jenis poster
o
Membahas bahasa dalam poster
o
Menyunting bahasa poster yang salah
o
Menulis slogan/poster sesuai dengan
konteks
o
Menyunting slogan/poster sendiri
|
· Mampu
menunjukkan jenis-jenis slogan/poster
· Mampu
menulis slogan/poster sesuai dengan konteks
· Mampu
menyunting slogan/poster
|
Penugasan
|
Tugas proyek
|
§
Tunjukkan beberapa jenis poster
berdasarkan keperluannya!
§
Buatlah sebuah slogan/poster sesuai
dengan konteks!
§
Suntinglah slogan/poster yang sudah
kamu susun!
|
2 X 40’
|
Contoh poster
Buku teks yang berisi berbagai slogan/poster
|
Standar Kompetensi: Mendengarkan
13. Memahami unsur
intrinsik novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
13.1
Mengidentifikasi karakter tokoh novel remaja (asli atau terjemahan) yang
dibacakan
|
Pengidentifikasian karakter tokoh
|
o Mendengarkan
pembacaan cuplikan novel remaja terjemahan, kemudian bertanya
jawab mengenai tokoh-tokoh dalam novel
o Mendata
tokoh utama dan sampingan dalam novel
o Mengidentifikasi
karakter tokoh disertai dengan bukti/alasan yang logis
|
· Mampu
mendata tokoh utama dan sampingan dalam cuplikan novel
· Mampu
mengidentifikasi karakter tokoh disertai dengan bukti/alasan yang logis
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
§ Tunjukkan
tokoh mana yang termasuk sebagai tokoh utama dengan tokoh pendamping yang
terdapat di dalam suatu cuplikan novel!
§ Tentukan
karakter tokoh disertai dengan bukti/alasan yang logis dalam cuplikan novel
yang kamu dengar!
|
2 X 40’
|
Buku teks
Perpustaka-an
Novel remaja
terjemahan
|
13.2
Menjelaskan tema dan latar novel remaja (asli atau terjemahan) yang
dibacakan
|
Penjelasan tema dan latar novel
|
o Mendengarkan
pembacaan cuplikan novel remaja terjemahan
o Bertanya
jawab mengenai ide-ide utama dalam
cuplikan novel
o Bertanya
jawab mengenai macam-macam latar
o Menganalisis
latar cuplikan novel
|
·
Mampu menyimpulkan tema cuplikan
·
Mampu mendata latar-latar yang ada
dalam cuplikan novel
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes uraian
Tes uraian
|
§
Tulis tema cuplikan novel yang kamu
dengarkan!
§
Tulislah latar disertai dengan
bukti cuplikan novel yang kamu dengarkan!
|
4 X 40’
|
Buku Teks
Perpustaka-an
Novel remaja
terjemahan
|
13.3
Mendeskripsikan alur novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan
|
Pendeskripsian alur novel remaja
|
o Mendengarkan
pembacaan cuplikan novel remaja terjemahan
o Bertanya
jawab mengenai struktur alur
o Menganalisis
tahap-tahap alur
o Menentukan
alur dengan bukti deskripsi cerita pada setiap tahapannya
|
· Mampu
mendata tahap-tahap alur cerita
· Mampu
menentukan alur dengan bukti deskripsi cerita pada setiap tahapannya
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes uraian
Tes uraian
|
§ Tulislah
tahap-tahap alur cerita yang terdapat di dalam suatu cuplikan novel yang
kamu dengarkan!
§ Tulislah
alur cuplikan novel yang kamu dengarkan!
|
2 X 40’
|
Buku Teks
Perpustaka-an
Novel remaja
terjemahan
|
Standar Kompetensi: Berbicara
14.
Mengapresiasi kutipan novel remaja (asli atau terjemahan) melalui kegiatan
diskusi
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
14.1
Mengomentari kutipan novel remaja (asli atau terjemahan)
|
Cara mengomentari
kutipan novel dan implementasi- nya
|
o Membaca
kutipan novel remaja terjemahan, kemudian bertanya jawab tentang
masalah-masalah yang ada dalam kutipan
o Menunjukkan
keunggulan, kekurangan, pendapat, kritik, ataupun saran dengan alasan yang
logis
|
· Mampu
mendata masalah-masalah yang perlu dikomentari
· Mampu
mengomentari novel dengan alasan yang logis
|
Observasi
|
Lembar observasi
|
§ Datalah
masalah-masalah yang terdapat di dalam suatu cuplikan novel yang dapat
dikomentari!
§ Berikan
pendapat, kritik, saran, ataupun keunggulan, kelemahan kutipan novel
terjemahan yang kamu baca!
|
2 X 40’
|
Novel remaja terjemahan
Buku sumbe
Buku teks
|
14.2
Menanggapi hal yang menarik dari
kutipan novel remaja (asli atau terjemahan)
|
Cara menanggapi kutipan novel remaja dan implementasi-
nya
|
o Membaca
kutipan novel remaja terjemahan, kemudian mendiskusikan hal yang menarik
dari kutipan novel terjemahan
o Menanggapi
komentar teman tentang suatu novel remaja dengan santun
|
· Mampu
mengemukakan hal yang menarik dari novel dengan alasan yang logis
· Mampu
menanggapi komentar teman tentang
novel dengan santun
|
Observasi
|
Lembar observasi
|
§ Kemukakan
hal-hal yang menarik yang terdapat di dalam novel remaja yang kamu baca! Jelaskan pula alasan-alasannya sehingga
kamu berpendapat demikian!
§ Tanggapilah
komentar-komentar temanmu yang isinya menunjukkan menarik tidaknya yang
terdapat dalam suatu kutipan novel terjemahan!
|
4 X 40’
|
Novel remaja terjemahan
Buku sumbe
Buku teks
|
Standar Kompetensi: Membaca
15. Memahami buku
novel remaja (asli atau terjemahan) dan antologi puisi
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
15.1
Menjelaskan alur cerita, pelaku, dan latar novel (asli atau terjemahan)
|
Cara menjelaskan alur, pelaku, dan latar novel serta
implementasi- nya
|
o
Membaca kutipan novel terjemahan
untuk mendiskusikan alur, pelaku, dan latar dalam kutipan novel terjemahan
serta menyimpulkan keterkaitan alur, pelaku, dan latar
o
Membaca buku novel terjemahan,
kemudian menganalisis alur cerita, pelaku, dan latar novel
terjemahan
|
· Mampu
menentukan karakter tokoh dengan bukti yang meyakinkan
· Mampu
menentukan latar novel dengan bukti yang faktual
· Menganalisis
keterkaitan antarunsur intrinsik dalam teks drama
|
Penugasan
|
Tugas proyek
|
§ Bacalah
sebuah novel terjemahan kemudian tentukanlah karakter tokoh-tokohnya!
§ Buatlah
laporan tentang alur ceritanya, pelaku, dan latar novel tersebut.
§ Analisislah
keterkaitan alur cerita, pelaku, dan latarnya!
|
4 X 40’
|
Novel remaja terjemahan
|
15.2
Mengenali ciri-ciri umum puisi dari buku antologi puisi
|
Pengenalan ciri-ciri umum puisi.
|
o Membaca
puisi-puisi dalam buku antologi puisi, kemudian ber tanya jawab
untuk mendata hal-hal yang khusus dari puisi-puisi dalam antologi
o Mendiskusikan ciri-ciri umum puisi
|
· Mampu
mendata hal-hal yang bersifat khusus dari puisi-puisi dalam antologi
· Mampu
mengidentifikasi ciri-ciri umum puisi yang terdapat di dalam antologi puisi
|
Penugasan
|
Tugas proyek
|
Bacalah sebuah buku antologi puisi, lalu buatlah
laporan yang berisi data hal-hal yang khusus dari setiap puisi, kemudian
simpulkan ciri umum puisi dari antologi tersebut!
|
4 X 40’
|
Buku teks
perpustakaan
|
Standar Kompetensi: Menulis
16. Mengungkapkan
pikiran dan perasaan dalam puisi bebas
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
16.1
Menulis puisi bebas dengan mengguna-kan pilihan kata yang sesuai
|
Penulisan puisi
bebas dengan pilihan kata yang sesuai
|
o Membaca
berbagai puisi, kemudian mendaftar topik yang akan diangkat sebagai puisi
o Bertanya
jawab untuk menentukan puisi yang akan ditulis
o Mengamati
objek, mendata objek yang akan dijadikan bahan penulisan puisi
o Mendeskripsikan
objek dalam larik-larik puitis
o Menulis
puisi dengan menggunakan pilihan kata yang tepat
o Menyunting
sendiri pilihan kata yang terdapat di dalam puisi yang ditulis agar bersifat
puitis
|
· Mampu
mendata objek yang akan dijadikan bahan menulis puisi
· Menulis
puisi dengan menggunakan pilihan kata
yang tepat
· Mampu
menyunting sendiri pilihan kata puisi yang ditulis
|
Portofolio
|
Portofolio
|
Tulislah sebuah puisi berdasarkan objek tertentu, dan
dengan pilihan kata yang tepat. Suntinglah puisimu sehingga menjadi lebih
puitis. Cermatilah komentar gurumu dan atau temanmu untuk
perbaikan puisi yang kamu hasilkan
|
4 X 40’
|
Buku Teks
Gambar
Foto
Lingkungan
|
16.2
Menulis puisi bebas dengan memperhatikan unsur persajakan
|
Penulisan puisi bebas dengan memperhatikan unsur
persajakan
|
o Membaca
berbagai puisi untuk mendaftar topik yang akan diangkat sebagai puisi
o Bertanya
jawab untuk menentukan puisi yang akan ditulis
o Mengamati
objek dan mendata objek yang akan dipuisikan
o Mendeskripsikan
objek dalam larik-larik yangbersifat puitis
o Menulis
puisi dengan memperhatikan unsur persajakan
o Menyunting
puisi yang ditulis sendiri
|
· Mampu
mendata objek yang akan dijadikan bahan untuk penulisan puisi
· Mampu
mendeskripsikan objek dalam larik-larik yang bersifat puitis
· Mampu
menyunting sendiri puisi yang ditulisnya
|
Portofolio
|
Portofolio
|
Tulislah sebuah puisi dengan berdasarkan topik tertentu, dan dengan
persajakan kata yang tepat! Suntinglah puisimu sehingga menjadi lebih
puitis. Cermatilah komentar gurumu dan atau temanmu , kemudian tuliskan
perasaanmu atas proses penulisan puisi yang kamu lakukan selanjutnya
|
2 X 40’
|
Buku Teks
Gambar
Foto
Lingkungan
|
Subscribe to:
Posts (Atom)