pendidikan

Saturday, February 8, 2014

Linux



Didalam era tekhnologi yang canggih ini, kebutuhan akan server sangat diperlukan, terutama untuk instansi-instansi atau perusahaan-perusahaan besar. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya tuntutan pekerjaan yang memerlukan adanya server.
Dahulu server berbentuk fisik, sekarang hal tersebut sudah tidak menjadi tren lagi, karena ada yang lebih hemat dan lebih efisien, yaitu server virtual, jadi server yang dibuat nantinya berada komputer di dalam komputer. Sehingga hal ini akan menghemat biaya investasi dan juga penghematan ruangan.
1.1 Latar Belakang
Secara sederhana virtualisasi adalah komputer didalam komputer yang di implementasikan oleh software yaitu virtual machine. Sebuah virtual machine menyamakan keseluruhan sistem hardware, mulai dari processor sampai network card, dan memungkinkan beberapa sistem operasi untuk berjalan secara bersamaan. Setiap sistem operasi berada pada partisi software yang berbeda secara independent. (http://wss-id.org/blogs/leonardo/default.aspx 20 Ferbruari 2009).
Teknologi virtualisasi muncul karena adanya keinginan sebuah perusahaan atau instansi untuk membangun sebuah infrastuktur teknologi informasi ke level yang lebih tinggi tanpa harus dihadapkan pada ongkos investasi yang berlipat. Hal ini sangat penting karena seiring pertumbuhan bisnisnya, perusahaan atau instansi dihadapkan pada kebutuhan infrastruktur teknologi informasi yang semakin besar. Hal tersebut tentu akan berimbas pada naiknya kebutuhan energi, tambahan sumber daya manusia, dan secara keseluruhan akan menaikkan total biaya yang harus dikeluarkan.
Dalam penerapan virtualisasi, virtual machine merupakan sebuah solusi dalam pengimplementasian virtualisasi karena virtual machine memiliki perlindungan yang lengkap pada berbagai sistem sumber daya, yaitu dengan meniadakan pembagian sumber daya secara langsung, sehingga tidak ada masalah proteksi dalam virtual machine. Sistem virtual machine adalah kendaraan yang sempurna untuk penelitian dan pengembangan sistem operasi. Dengan virtual machine, jika terdapat suatu perubahan pada satu bagian dari mesin, maka dijamin tidak akan mengubah komponen lainnya.
Pada penerapan virtualisasi server ini, virtual machine yang digunakan yaitu VirtualBox. dan yang dijadikan sebagai host adalah sistem operasi linux Ubuntu 8.10 sedangkan yang dijadikan sebagai guest adalah linux Ubuntu 8.10 server. Linux Ubuntu dipilih karena lisensi linux adalah GNU yaitu sistem operasi lengkap bergaya UNIX yang bebas bagi masyarakat. Dan juga dikarenakan linux Ubuntu mempunyai banyak komunitas.
Dengan menggunakan linux Ubuntu sebagai server, berbagai macam kebutuhan seperti DNS server, web server, dan sebagainya bisa diterapkan dengan mudah dan murah karena paket-paket program server tersebut telah disertakan dalam CD linux Ubuntu server yang ada.
1.2 Perumusan Masalah
Karena luasnya pembahasan yang berhubungan dengan virtualisasi server, maka perlu adanya pembahasan yang sistematis. Dan pembahasan tersebut dapat dirumuskan sebagai berikut:
1. Bagaimana mengimplementasikan server didalam lingkungan VirtualBox..
2. Bagaimana backup server di lingkungan VirtualBox.
3. Mengkonfigurasi paket–paket yang ada pada server.
1.3 Batasan Masalah
Adapun batasan masalah dalam perancangan dan pembuatan virtualisasi server ini adalah sebagai berikut:
1. Sistem operasi yang digunakan sebagai host adalah linux Ubuntu 8.10.
2. Sistem operasi yang dijadikan sebagai guest adalah linux Ubuntu 8.10 server.
3. Konfigurasi paket server menyesuaikan spesifikasi hardware PC yang digunakan.
1.4 Tujuan Tugas Akhir
Tujuan dari tugas akhir ini adalah:
1. Membuat suatu desain dan implementasi teknologi virtualisasi server linux dengan menggunakan VirtualBox.
2. Mengimplementasikan teknologi virtualisasi dengan memvirtualisasi server linux dengan menggunakan VirtualBox.
3. Memberikan gambaran kepada para pengembang di dunia teknologi informasi untuk bisa memanfaatkan dan menggunakan teknologi virtualisasi server secara maksimal.
1.5 Manfaat Tugas Akhir
Manfaat yang diharapkan dari pembuatan tugas akhir ini adalah:
1. Peningkatan efisiensi konsumsi daya dan utilitas server.
2. Meningkatkan pemanfaatan host menjadi lebih maksimal.
3. Memberikan kemudahan dalam membackup server di lingkungan virtual.
4. Pengamanan dalam bentuk fisik lebih terpusat, karena di dalam virtualisasi justru yang perlu diperhatikan adalah pengamanan mesin-mesin virtual yang ada pada host tersebut.
5. Mengetahui dan memahami tentang konsep membangun sebuah server dengan memanfaatkan teknologi virtuialisasi.
1.6 Metode Penulisan
Metode yang dilakukan dalam menyusun tugas akhir ini adalah:
1. Interview
Melakukan tanya jawab, baik itu bertemu secara langsung, lewat forum diskusi atau mailing list di internet untuk memperoleh informasi atau data.
2. Literatur
Mempelajari berbagai literatur yang berhubungan dengan virtual machine dan server sebuah Jaringan Komputer baik itu dari buku bacaan maupun dari internet.
1.7 Sistematika Penulisan
Tugas akhir ini akan menjelaskan beberapa bahasan yang berhubungan dengan virtualisasi server linux dengan menggunakan VirtualBox.
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini menjelaskan tentang latar belakang, perumusan masalah, tujuan tugas akhir, manfaat tugas akhir, metode penulisan, dan sistematika penulisan.
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
Bab ini menjelaskan landasan teori yang dipakai sebagai penunjang pembuatan tugas akhir ini. Penjelasanya meliputi pengetahuan tentang linux, Ubuntu, server, virtual machine (VM), VirtualBox, dan pengetahuan tentang jaringan komputer.
BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM
Bab ini menjelaskan mengenai Analisa sistem dan perancangan sistem. Dimana pada perancangan sistem meliputi kebutuhan sistem, alur kerja, dan perancangan virtualisasi server linux Ubuntu dengan VirtualBox.
BAB IV IMPLEMENTASI SISTEM
Bab ini menjelaskan bagaimana mengimplementasikan virtualisasi server linux Ubuntu dengan menggunakan VirtualBox. Serta menjelaskan kebutuhan apa saja yang diperlukan dan konfigurasi apa yang digunakan supaya tujuan dari tugas akhir ini tercapai dan berjalan dengan baik.
BAB V UJI COBA DAN EVALUASI
Bab ini menjelaskan tentang pengujian yang dilakukan untuk mengetahui apakah virtualisasi server linux dengan menggunakan VirtualBox bisa bekerja dengan baik.
BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN
Bab ini menjelaskan tentang kesimpulan dari keseluruhan isi dari laporan tugas akhir ini. Serta saran yang disampaikan penulis untuk mengembangkan sistem yang ada demi kesempurnaan sistem yang lebih baik.
DAFTAR PUSTAKA
Pada bagian ini akan dipaparkan tentang sumber-sumber literatur, tutorial, buku maupun sistus web yang digunakan dalam pembutan tugas akhir ini.

No comments:

Post a Comment