pendidikan

Saturday, February 8, 2014

Silabus Bahasa Indonesia



Silabus


Sekolah                      : MTs YASMI PSA AL-FALAH
Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : VIII/1

Standar Kompetensi : Mendengarkan
1.      Memahami wacana  lisan berbentuk laporan


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1.1                
Meng­­­ana­lisis laporan

 Penganalisisan laporan perjalanan
o  Mendengarkan laporan
o  Menuliskan  pokok-pokok laporan yang diperdengarkan dengan kalimat  singkat
o  Bertanya jawab tentang laporan yang diperdengarkan
o  Menganalisis pola urutan waktu atau ruang dalam laporan yang diperdengarkan.
·   Mampu menuliskan  pokok-pokok laporan yang diperdengarkan dengan kalimat singkat
·   Mampu menganalisis pola urutan waktu atau ruang dalam laporan yang diperdengarkan.

Tes lisan


Tes tulis

Dafttar pertanyaan

Tes uraian

§   Tulislah enam pokok laporan dari laporan yang kamu dengarkan!

§   Tentukan pola urutan laporan dan buktikan dengan cara mencuplik isinya!

4 X 40’
Narasumber (Siswa)

1.2                
Me­nang­gapi isi laporan

Cara menanggapi laporan perjalanan dan implementasi- nya
o  Mendengarkan laporan perjalan­an
o  Menuliskan pokok-pokok isi laporan perjalanan dengan kalimat singkat
o  Memberikan tanggapan, kritik, saran terhadap laporan perjalan­an
·   Mampu menanggapi laporan perjalanan teman dengan mengajukan pertanyaan atau pendapat
·   Mampu memberikan masukan terhadap laporan perjalanan teman

Observasi


Observasi
Lembar observasi

Lembar observasi
§   Tanggapilah isi laporan perjalanan yang dibacakan!

§   Berilah tanggapan, kritik, ataupun saran atas laporan perjalanan yang dibacakan!

2 X 40’
Narasumber
(siswa)







Standar Kompetensi :  Berbicara
                                           2.  Megungkap berbagai informasi melalui wawancara dan presentasi laporan


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
2.1 Ber­wa­wan­­cara de­ngan nara­sumber dari berbagai kalangan dengan perhatikan etika ber­wawancara



Cara berwawancara  dan implementasi-nya

o  Mendengarkan wawancara untuk bertanya jawab tentang etika berwawancara
o  Menentukan narasumber yang akan diwawancarai
o  Menentukan topik wawancara
o  Membuat daftar pertanyaan untuk wawancara
o  Melakukan wawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan
o  Mencatat pokok-pokok hasil wawancara
·   Mampu membuat daftar  pokok-pokok pertanyaan untuk wawancara
·   Mampu melakukan wawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara

Tes tulis


Tes unjuk kerja



Tes uraian


Tes simulasi



§   Buatlah daftar pokok-pokok pertanyaan untuk wawancara!

§   Lakukan wawancara dengan narasumber! (Guru harus dapat melihat wawancara itu sehingga dia dapat menilai kemampuan berwawancara siswa)


6 X40’
Buku Teks
Nara sumber
Rekaman Wawancara

2.2 Menya­mpaikan laporan se­cara lisan dengan ba­hasa yang baik dan benar


Penyampaian laporan perjalanan
o  Mendengarkan laporan perjalanan (model)
o  Menanggapi cara penyampaian laporan dari sisi lafal, intonasi, ekspresi
o  Mencatat pokok-pokok laporan berdasarkan pola tertentu
o  Berlatih menyampaikan laporan
o  Menyampaikan laporan secara pribadi
·   Mampu mencatat pokok-pokok laporan berdasarkan pola urutan waktu, ruang, atau topik
·   Mampu menyampaikan laporan secara lisan

Tes lisan


Tes unjuk kerja

Tes uraian


Uji petik kerja produk
§   Buatlah catatan kecil pokok-pokok laporan yang akan kamu sampai­kan secara lisan!
§   Sampaikan laporan perjalananmu secara lisan di depan kelas!

6 X 40’
Buku teks
Kaset rekaman Contoh laporan









Standar Kompetensi:  Membaca
                                          3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai, membaca cepat


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
3.1 Mene­mu­kan infor­masi seca­ra cepat dan tepat dari ensik­lopedi/
Bu­­­ku tele­pon de­ngan mem­baca me­mindai



Cara menemukan informasi di dalam ensiklo­pedi/buku te­­le­pon dan implementasi- nya
o  Mencari ensiklopedi/buku telepon di perpustakaan untuk menentukan subjek informasi
o  Mencari subjek informasi (lema) secara cepat dan tepat
o  Membaca informasi secara cepat dan tepat.
o  Menutup ensiklopedi/buku telepon
o  Mengemukakan kembali informasi dalam ensiklopedi/buku telepon  dengan bahasa sendiri.
·   Mampu menemukan subjek informasi secara cepat dan tepat
·   Mampu menemukan informasi secara cepat dan tepat
·   Mampu mengemukakan kembali informasi itu dengan bahasa sendiri

Observasi

Observasi

Observasi
Lembar Obs.
Lembar observasi
Lembar observasi
§   Temukan kata ”lema” dalam waktu 10 detik!
§   Temukan informasi tentang ... dalam waktu 2 menit!
§   Kemukakan informasi yang kamu peroleh secara lisan!
4 X 40’
Perpustaka-an
Buku telepon
Ensiklopedi
Buku teks
3.2 Mendes-kripsikan tem­pat atau arah dalam kon­teks yang se­benarnya se­suai de­ngan yang tertera dalam denah

Pendeskripsian tempat dan arah berdasarkan denah
o  Mencermati petunjuk arah mata angin
o  Bertanya jawab tentang  petunjuk arah
o  Mencermati denah
o  Mendiskusikan perjalanan yang paling mudah  ke arah tempat yang dituju
o  Mengemukakan rute perjalanan ke tempat yang dituju
·   Mampu membaca arah mata angin
·   Mampu memberikan penjelasan arah ke tempat yang dituju dari tempat yang paling dekat
·   Mampu mendeskripsikan arah ke tempat yang dituju


Observasi

Observasi


Tes tulis
Lembar observasi
Lembar observasi

Tes uraian
§   Kemukakan arah mata angin dengan arah sebenarnya!
§   Kemukakan tempat yang dituju de­ngan memberikan penjelasan arah dari tempat yang paling dekat!
§   Uraikan  perjalananmu ke arah tem­pat yang dituju!
2 X 40’
Buku teks
Denah
3.3 Menyim­pul­kan isi suatu teks dengan membaca ce­pat 250 kata per menit
Penyimpulan isi teks bacaan
o  Membaca cepat dengan waktu tertentu
o  Mengukur kecepatan membaca cepat diri sendiri dan teman
o  Membaca cepat dengan target 250 kata per menit
o  Menjawab pertanyaan
o  Menghitung KEM sendiri dan teman
o  Mendiskusikan simpulan isi teks
·   Mampu mengukur kecepatan membaca untuk diri sendiri dan teman
·   Mampu menjawab pertanyaan dengan peluang ketepatan 75%

·   Mampu menyimpulkan isi teks bacaan
Observasi


Tes tertulis



Tes tertulis
Lembar observasi

Tes isian atau tes pilihan ganda
Tes uraian
§   Bacalah teks kemudian hitung kecepatan membacamu!

§   Jawablah pertanyaan berikut ini! 

§   Tulislah simpulan bacaan dalam beberapa kalimat!
2 X 40’
Media cetak, Buku referensi
Pengukur waktu

Standar Kompetensi: Menulis
                                   4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat dinas, dan petunjuk

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
4.1               Menulis laporan de­ngan baha­sa yang ba­ik dan be­nar

Penulisan laporan perjalanan


o        Membaca teks laporan perjalanan atau menikmati tayangan perja­­- la­n­­an di TV
o        Mendiskusikan pokok-pokok la­poran perjalanan
o        Menyusun kerangka laporan
o        Menulis laporan perjalanan pri­badi
·   Mampu menyusun kerangka la­poran berdasarkan urutan ruang, waktu, atau tema
·   Mampu mengembangkan kerang­ka laporan dengan bahasa yang komunikatif

Tes tulis


Tes unjuk kerja

Tes uraian


Uji petik kerja produk
§   Buatlah kerangka laporan perjalanan dengan pola tertentu!

§   Kembangkan kerangka laporan menjadi laporan tertulis!
2 X 40’
Media cetak, media elektronik (rekaman perjalanan)
4.2               Menulis surat dinas berkenaan de­ngan kegi­atan sekolah dengan sis­te­matika yang tepat dan bahasa baku

Penulisan surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah

o  Mengamati beberapa surat dinas, kemudian mendiskusikan siste­ma­tika  surat dinas
o  Mendiskusikan penggunaan ba­hasa dalam surat dinas
o  Bertanya jawab mengenai kegiat­an sekolah yang akan dilaksana­kan
o  Menulis surat dinas yang berkenaan dengan kegiatan sekolah yang akan dilaksanakan dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku.
o  Menyunting surat dinas
·   Mampu menentukan sistematika surat dinas
·   Mampu menulis surat dinas dengan bahasa baku


·   Mampu menyunting surat dinas



Tes tertulis

Tes unjuk kerja


Tes unjuk kerja

Tes uraian

Uji petik kerja produk

Uji petik kerja produk

§   Tentukan  sistematika surat dinas!

§   Tulislah surat dinas kepada kepala sekolah untuk minta izin melakukan kegiatan Osis di ruang aula (Kamu adalah ketua Osis)!
§   Suntinglah surat dinas temanmu!
2 X 40’
Contoh Surat-surat dinas di sekolah
Buku teks
Buku referensi
4.3               Menulis petunjuk me­lakukan sesu­atu dengan urutan yang tepat dan meng­guna­kan bahasa yang efektif


Penulisan bahasa petunjuk
o        Membaca petunjuk (model)
o        Mendiskusikan urutan-urutan
o        Membandingkan bahasa petunjuk dengan bahasa deskriptif
o        Menyimpulkan ciri-ciri bahasa petunjuk
o        Tanya jawab tentang penyuntingan  bahasa petunjuk (model) yang belum efektif
o        Menulis petunjuk
o        Menyunting bahasa petunjuk teman
·   Mampu mendata urutan melakukan sesuatu
·   Mampu menyimpulkan ciri-ciri bahasa petuntuk
·   Mampu menulis petunjuk dengan bahasa yang efektif

·   Menyunting bahasa petunjuk


Tes tulis

Tes tulis

Tes unjuk kerja

Tes unjuk kerja

Tes uraian

Tes uraian

Uji petik kerja produk
Uji petik kerja produk

§   Datalah urutan melakukan sesuatu yang ada dalam petunjuk!
§   Tulislah ciri-ciri bahasa petunjuk!

§   Tulislah petunjuk tentang cara minum obat!

§   Suntinglah bahasa petunjuk temanmu!
2 X 40 ‘
Model-model petunjuk Buku teks








Standar Kompetensi : Mendengarkan
                                     5. Mengapresiasi pementasan drama


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
5.1 Menang­­-gapi unsur pementasan naskah dra­ma


Cara menanggapi unsur-unsur pementasan drama dan implementasi- nya
o        Mendengarkan/menonton pementasan drama (model)
o        Mendiskusikan unsur-unsur drama
o        Menanggapi dangan cara memberi pendapat, kritik, maupun saran
o  Mampu menentukan unsur-unsur pementasan drama
·   Mampu menanggapi tiap-tiap unsur dengan alasan yang logis


Tes tulis

Observasi
Tes uraian

Lembar observasi
§   Tentukan unsur-unsur drama!

§   Tanggapilah drama yang baru kamu dengar/tonton!
4 X 40’
Pementasan drama  atau model pementasan yang dilakukan siswa
5.2 Menge­valu­asi pemeran tokoh dalam pementasan drama


Cara mengevaluasi pemeran dan implementasi- nya
o  Mendengarkan/menonton pementasana drama (model)
o  Tanya jawab tentang   karakter tiap-tiap tokoh
o  Mengevaluasi pemeranan tokoh dengan alasan yang logis
o  Mampu menentukan karakter tiap-tiap tokoh
·   Mampu mengevaluasi pemeranan tokoh berdasarkan karakter yang seharusnya diperankan dengan alasan yang logis

Tes tulis

Tes unjuk kerja
Uraian

Uji petik  kerja produk
§   Tentukan  karakter tokoh!

§   Berikan penilaian tentang pemeranan tokoh dengan alasan yang logis!
4 X 40’
Pementasan drama  atau model pementasan yang dilakukan siswa















Standar Kompetensi : Berbicara
                                    6. Mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan bermain peran


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
6.1 Bermain peran sesuai dengan nas­kah yang di­tulis siswa





Bermain peran
o  Membaca teks drama yang telah ditulis
o  Menentukan karakter tokoh
o  Memilih tokoh yang akan diperankan
o  Berlatih menghayati karakter tokoh beserta teman sebagai lawan main
o  Olah vokal
o  Menyiapkan perangkat pendukung tokoh yang akan diperankan
o  Memerankan tokoh sesuai karakter yang dituntut dengan lafal yang jelas dan intonasi yang tepat
·   Mampu menentukan karakter tokoh dalam naskah yang telah ditulis siswa
·   Mampu memerankan tokoh sesuai karakter yang dituntut dengan lafal yang jelas dan  intonasi yang tepat

Tes lisan


Tes unjuk kerja
Daftar pertanyaan

Tes simulasi
§   Tentukan karakter setiap tokoh!


§   Perankan tokoh sesuai dengan ka­rakter dan dialog antartokoh!
6 X 40’
Buku teks drama
Lingkungan kelas
Perangkat pendukung pementasan

6.2 Bermain pe­ran dengan cara impro­vi­sasi sesuai de­ngan ke­rangka nas­kah yang di­tulis oleh sis­wa




Bermain peran dengan berimpro­visasi
o  Membaca kerangka teks drama yang telah ditulis
o  Menentukan karakter tokoh
o  Memilih tokoh yang akan diperankan
o  Berlatih menghayati karakter tokoh beserta teman sebagai lawan main
o  Olah vokal
o  Menyiapkan perangkat pendukung tokoh yang akan diperankan
o  Memerankan tokoh dengan improvisasi

·   Mampu menentukan karakter to­koh
·   Mampu berimprovisasi berdasar­kan kerangka naskah


Tes lisan

Tes unjuk kerja
Daftar pertanyaan
Tes simulasi
§   Tentukan karakter setiap tokoh se­perti yang terdapat di dalam ke­rang­ka naskah tulisan siswa!

§   Perankan tokoh sesuai dengan ka­rakter dan kerangka cerita dengan cara improvisasi!
6X 40’
Buku Teks
Lingkungan kelas
Perangkat pendukung pementasan


Standar Kompetensi:  Membaca
                                    7. Memahami teks drama dan novel remaja


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
7.1 Mengiden­tifika-si unsur intrinsik teks drama




Pengidentifikasian unsur intrinsik teks drama
o  Membaca teks drama, kemudian mendiskusikan  unsur-unsur in­strin­sik teks drama
o  Menganisis  unsur-unsur intrinsik teks drama melalui diskusi
o  Mendiskusikan keterkaitan antar­unsur intrinsik agar bisa menemu­kan makna secara utuh

·   Mampu menentukan unsur-unsur intrinsik teks drama
·   Mampu menganalisis teks drama berdasarkan unsur-unsur intrin­siknya
·   Menganalisis keterkaitan antar­unsur intrinsik dalam teks drama

Tes tulis

Tes tulis


Tes unjuk kerja
Tes
Uraian
Tes Uraian


Uji petik kerja produk
§   Apakah tema teks drama yang te­lah kamu baca?
§   Tentukan dua intrinsik  teks drama disertai dengan contoh!

§   Tentukan  sebuah makna dengan cara mengaitkan  minimal dua un­sur intrinsik!

4 X 40’
Buku teks
Buku referensi
7.2 Membuat sinopsis no­vel remaja Indonesia


Pembuatan sinopsis novel
o        Mendiskusikan cara menentukan kerangka cerita dalam novel
o        Menentukan kerangka novel
o        Menulis sinopsis novel
·   Mampu menganalisis kerangka novel remaja yang dibaca
·   Mampu menyusun sinopsis cerita novel berdasarkan kerangka si­nopsis

Penugasan


Tugas proyek

§   Bacalah sebuah novel remaja Indonesia kemudian buatlah kerangka sinopsis dan sinopsis ceritanya!
4 X 40’
Novel remaja Indonesia



Standar Kompetensi: Menulis
                                   8. Mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis kreatif naskah drama


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
8.1 Menulis kreatif nas­kah drama sa­tu babak dengan mem­perhatikan keaslian ide


Penulisan naskah drama dengan keaslian ide
o  Mendata cerita, kemudian memi­lih satu cerita untuk diangkat se­ba­gai dasar penulisan naskah drama
o  Menyusun kerangka cerita drama berdasarkan cerita yang sudah dipilih.
o  Bertanya jawab mengenai keasli­an ide
o  Menulis naskah drama satu ba­bak berdasarkan kerangka naskah drama
·   Mampu menyusun kerangka nas­kah drama yang mengandung ke­aslian ide.
·   Mampu mengembangkan ke­rang­ka cerita menjadi teks drama satu babak yang mengandung keas­li­an ide.


Tes unjuk kerja
Uji petik kerja produk
Susunlah kerangka cerita drama berdasarkan cerita yang sudah ka­mu pilih kemudian kembangkan men­jadi naskah drama!

4 X 40’
Buku teks dra­ma
Buku referensi yang berisi­kan drama
8.2 Menulis kreatif nas­kah drama sa­tu babak de­ngan mem­perhatikan ka­idah penu­lisan naskah drama

Penulisan naskah drama sesuai dengan kaidah penulisan naskah drama
o  Mendata cerita untuk memilih satu cerita untuk diangkat sebagai dasar penulisan naskah drama
o  Menyusun kerangka naskah drama berdasarkan cerita yang sudah dipilih.
o  Bertanya jawab mengenai kaidah penulisan naskah drama
o  Menulis naskah drama satu ba­bak berdasarkan kerangka cerita drama dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama.
·   Mampu menyusun kerangka cerita drama.
·   Mampu menulis naskah drama satu babak berdasarkan kerangka cerita drama dengan memperha-tikan kaidah penulisan naskah drama.
Tes unjuk kerja
Uji petik kerja produk
Susunlah kerangka cerita drama berdasarkan cerita yang sudah kamu pilih kemuian kembangkan menjadi naskah drama!

4 X 40’
Buku Teks
Buku referensi

Mengetahui,                                                                                                                                                                                          Cicantayan, …………… 2010
Kepala                                                                                                                                                                                                 Guru Mata Pelajaran


Drs Johan Abdul Fatah                                                                                                                                                                      Drs Johan Abdul Fatah

Silabus


Sekolah                      : MTs YASMI PSA AL-FALAH
Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : VIII/ 2

Standar Kompetensi : Mendengarkan
                                    9. Memahami isi berita radio/televisi


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
9.1 Mene­mu­kan pokok-pokok berita (apa, siapa, mengapa, di mana, kapan, dan bagaima­na) yang di­dengar atau ditonton me­lalui radio/te­levisi
Cara menemukan pokok-pokok berita dan implementasi- nya
o  Mendengarkan rekaman berita dari radio/TV
o  Mendiskusikan pokok-pokok beri­ta yang didengar dari rekaman
o  Menentukan pokok-pokok berita
o  Menuliskan pokok-pokok berita dengan ejaan yang benar

·   Mampu menemukan pernyataan-pernyataan yang merupakan jawaban dari pertanyaan pokok-pokok berita
·   Mampu menuliskan pokok-pokok berita dengan ejaan yang benar

Tes lisan



Tes tulis


Tes uraian



Tes uraian


§   Kemukakan secara lisan pokok-pokok berita yang terdapat di dalam berita yang akan kamu dengar!

§   Tuliskan pokok-pokok berita de­ngan singkat!


2 X 40’
TV/Radio/
Rekaman berita

9.2 Mengemu­kakan kem­ba­li berita yang dide­ngar/ditonton melalui radio/ televisi

Cara mengemukakan kembali berita dan implementasi- nya
o  Mendengarkan rekaman berita dari radio/TV
o  Menganalisis  pokok-pokok berita yang didengar
o  Mendiskusikan penulisan berita dengan urutan pokok-pokok berita yang bervariasi
o  Menulis satu teks berita
o   Menyunting teks berita tulisan sendiri atau teman
·   Mampu menuliskan pokok-pokok berita dengan ejaan yang benar

·   Mampu merangkai pokok-pokok berita  secara bervasiasi  menjadi teks berita
·   Mampu menyunting berita yang ditulis

Tes tulis


Tes unjuk kerja

Tes unjuk kerja
Tes Uraian


Uji petik kerja produk
Uji petik kerja


§   Tulis pokok-pokok berita dengan singkat!

§   Tulislah teks berita dengan cara merangkai  secara bervariasi pokok-pokok berita!
§   Suntinglah teks beritamu dan berita temanmu!
4 X 40’
TV/Radio/
Rekaman berita



Standar Kompetensi: Berbicara
                                   10. Mengemukakan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan diskusi dan protokoler


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
10.1 Menyam­paikan perse­tujuan, sang­gahan, dan penolakan pendapat da­lam diskusi disertai de­ngan bukti atau alasan

Cara menyampaikanpendapat dalam diskusi dan implementasi- nya
o  Mengamati model diskusi, kemu­dian membahas mekanisme berdiskusi
o  Mendiskusikan etika menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam diskusi melalui pengamatan model
o  Menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti atau alas an
·   Mampu menentukan mekanisme diskusi
·   Mampu menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam diskusi dengan etika yang baik dan argumentatif

Observasi
Lembar observasi
§   Tunjukkan beberapa mekanisme diskusi berdasarkan model diskusi!
§   Berdiskusilah dengan tema tertentu sesuai dengan aturan berdiskusi!
4 X 40’
Lingkungan
Narasumber, Media cetak ataupun elektronik, Model,
Buku teks, Buku referensi
10.2 Membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar serta santun






Cara membawakan acara dan implementasi- nya
o  Mengamati nara sumber membawakan acara
o  Tanya jawab untuk menyimpulkan tata cara protokoler pembawa acara dalam berbagai acara
o  Menyimpulkan tata urutan sapaan, sambutan
o  Menyimpulkan garis besar susunan acara
o  Membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar serta santun sesuai dengan konteks acara
·   Mampu menyimpulkan tata cara protokoler pembawa acara dalam berbagai acara
·   Mampu menunjukkan garis besar susunan acara
·   Mampu membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar serta santun sesuai dengan konteks acara

Tes unjuk kerja
Tes simulasi
§   Jelaskan apa yang dimaksud de­ngan tata cara protokoler pembawa acara!
§   Tunjukkan garis besar susunan su­a­tu acara!
§   Berperanlah sebagai pembawa aca­ra untuk mengantarkan acara sesuai dengan konteks!
6 X 40’
Nara sumber
Buku Teks, Buku referensi







Standar Kompetensi: Membaca
                                   11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca ekstensif, membaca intensif, dan membaca nyaring


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
11. 1 Menemu­kan masalah utama dari berbagai beri­ta yang ber­topik sama melalui mem­baca eks­ten­sif
Cara menemukan masalah utama dan implementasi- nya
o        Membaca beberapa berita untuk bertanya jawab mengenai perma­salahan yang dalam tiap-tiap berita
o        Bertanya jawab mengenai masa­lah utama pada setiap berita
o        Bertanya jawab untuk menyimpul­kan kesamaan masalah dalam beberapa berita
·   Mampu mendata masalah-masalah dari tiap-tiap berita

·   Mampu menentukan masalah utama dari tiap-tiap berita
·   Mampu menyimpulkan kesamaan masalah melalui kegiatan membandingkan beberapa berita

Tes tulis


Tes tulis

Tes tulis
Tes uraian


Tes uraian

Tes uraian
§         Tuliskan permasalahan-permasa­lahan yang terdapat pada tiga teks berita!
§         Tuliskan masalah utama yang ter­da­pat pada tiga teks berita!
§         Tuliskan kesamaan masalah yang terdapat di ketiga berita yang kamu baca!
4 X 40’
Media cetak
11.2 Menemu­kan informasi untuk bahan diskusi mela­lui membaca intensif
Cara menemukan informasi dan implementasi- nya
o        Membaca berita atau artikel dari media cetak
o        Mendiskusikan informasi yang problematik atau kontradiktif
o        Mendiskusikan rumusan masalah untuk bahan diskusi
·   Mampu mendata informasi yang problematik dan atau  kontradiktif dari bacaan
·   Mampu merumuskan masalah dari data yang diperoleh  untuk bahan diskusi

Tes tulis



Tes tulis
Tes uraian



Tes uraian
§         Tulislah informasi yang bersifat pro­b­lematik dan kontradiktif yang ter­da­pat pada suatu  teks!
§         Rumuskan permasalahan yang ter­dapat pada suatu teks untuk bahan diskusi!  
4 X 40’
Media cetak
11.3 Membaca­kan teks beri­ta dengan in­tonasi yang tepat serta ar­tikulasi dan volume suara yang jelas



Pembacaan teks berita
o   Mengamati nara sumber/model membacakan teks berita, kemu­dian mendiskusikan intonasi, arti­kulasi, dan ekspresi narasum­ber/ model yang bersangkutan
o   Berdiskusi untuk memberikan tanda penjedaan
o   Membacakan teks berita dengan intonasi yang tepat, arikulasi dan volume suara yang jelas, serta ekspresi sesuai dengan konteks
·   Mampu memberi tanda penjeda­an dalam teks berita
·   Mampu membacakan teks berita dengan intonasi yang tepat, arti­kulasi dan volume suara yang je­las, serta ekspresi yang  sesuai dengan konteks


Tes unjuk kerja
Uji petik kerja prosedur dan produk
§         Berilah tanda jeda pada teks berita yang akan kamu bacaa!
§         Bacakanlah teks berita tersebut di depan kelas!
6 X 40’
Buku Teks
Nara sumber




Standar Kompetensi: Menulis
                                  12 Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman, teks berita, slogan/poster


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
12. 1 Menulis rangkuman buku ilmu pe­ngetahuan po­puler



Penulisan rangkuman
o  Membaca teks
o  Mendiskusikan pokok-pokok pikiran dalam teks
o  Merangkai pokok-pokok pikiran menjadi rangkuman
o  Membaca buku ilmu pengetahuan populer/penemuan
o  Menulis pokok-pokok isi buku
o  Menulis rangkuman buku
o  Menyunting rangkuman
·   Mampu menulis pokok-pokok isi buku
·   Mampu merangkai pokok-pokok isi buku menjadi rangkuman
·   Menyunting rangkuman

Penugasan
Tugas proyek
§         Bacalah sebuah buku ilmu pengeta­huan populer/penemuan kemudian
§         Tuliskan pokok-pokok isinya!
§         Buatlah rangkuman berdasarkan pokok-pokok isi buku yang kamu baca!
§         Suntinglah dalam hal kebahasaan dan isinya rangkuman buku yang sudah kamu tulis! 
4 X 40’
Buku ilmu pengetahuan populer/penemuan
12.2 Menulis teks berita secara sing­kat, padat, dan jelas




Penulisan teks berita
o  Mengamati contoh teks berita
o  Berburu berita di sekitar sekolah
o  Menyusun data-data pokok berita 
o  Merangkai data pokok-pokok berita menjadi berita yang singkat, padat, dan jelas
o  Menyunting berita
o  Menampilkan berita dalam majalah dinding atau majalah sekolah
·   Mampu menyusun data pokok berita
·   Mampu merangkai data pokok-pokok berita menjadi berita yang singkat, padat, dan jelas
·   Mampu menyunting berita

Penugasan
Tugas proyek
§         Tulislah data pokok berita yang ka­mu peroleh berdasarkan peng­amat­an terhadap suatu peristiwa!
§         Kembangkan data pokok berita men­jadi sebuah  teks berita!
§         Suntinglah tulisan berita yang su­dah kamu susun!
4 X 40’
Lingkungan sekolah
Buku teks
Contoh teks berita

12.3 Menulis slogan/poster untuk berba­gai keperluan dengan pi­lih­an kata dan kalimat yang bervariasi, serta per­sua­si
Penulisan slogan/poster
o        Mengamati bermacam-macam poter, kemudian beranya jawab tentang jenis-jenis poster
o        Membahas bahasa dalam poster
o        Menyunting bahasa poster yang salah
o        Menulis slogan/poster sesuai dengan konteks
o        Menyunting slogan/poster sendiri

·   Mampu menunjukkan jenis-jenis slogan/poster
·   Mampu menulis slogan/poster sesuai dengan konteks
·   Mampu menyunting slogan/poster

Penugasan
Tugas proyek
§         Tunjukkan beberapa jenis poster berdasarkan keperluannya!
§         Buatlah sebuah slogan/poster se­suai dengan konteks!
§         Suntinglah slogan/poster yang su­dah kamu susun!
2 X 40’
Contoh poster
Buku teks yang berisi berbagai slogan/poster

Standar Kompetensi: Mendengarkan
                                   13. Memahami unsur intrinsik novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
13.1 Mengiden­tifikasi karak­ter tokoh no­vel remaja (asli atau ter­jemahan) yang dibaca­kan

Pengidentifikasian karakter tokoh
o  Mendengarkan pembacaan cupli­kan novel remaja terjemahan, ke­mu­dian bertanya jawab mengenai tokoh-tokoh dalam novel
o  Mendata tokoh utama dan sam­pingan dalam novel
o  Mengidentifikasi karakter tokoh disertai dengan bukti/alasan yang logis
·   Mampu mendata tokoh utama dan sampingan dalam cuplikan novel
·   Mampu mengidentifikasi karakter tokoh disertai dengan bukti/alasan yang logis

Tes tulis
Tes uraian
§   Tunjukkan tokoh mana yang terma­suk sebagai tokoh utama dengan tokoh pendamping yang terdapat di dalam suatu cuplikan novel!

§   Tentukan karakter tokoh disertai de­ngan bukti/alasan yang logis dalam cuplikan novel yang kamu dengar!
2 X 40’
Buku teks
Perpustaka-an
Novel remaja
terjemahan
13.2 Menjelas­kan tema dan latar novel remaja (asli atau terje­mah­an) yang dibacakan
Penjelasan tema dan latar novel
o  Mendengarkan pembacaan cuplikan novel remaja terjemahan
o  Bertanya jawab mengenai  ide-ide utama dalam cuplikan novel
o  Bertanya jawab mengenai macam-macam latar
o  Menganalisis latar cuplikan novel
·   Mampu menyimpulkan tema  cuplikan
·   Mampu mendata latar-latar yang ada dalam cuplikan novel

Tes tulis

Tes tulis
Tes uraian

Tes uraian
§   Tulis tema cuplikan novel yang ka­mu dengarkan!
§   Tulislah latar disertai dengan bukti cuplikan novel yang kamu dengar­kan!
4 X 40’
Buku Teks
Perpustaka-an
Novel remaja
terjemahan
13.3 Mendes­kripsikan alur novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan
Pendeskripsian alur novel remaja
o  Mendengarkan pembacaan cup­lik­an novel remaja terjemahan
o  Bertanya jawab mengenai struktur alur
o  Menganalisis tahap-tahap alur
o  Menentukan alur dengan bukti des­kripsi cerita pada setiap  ta­hap­annya
·   Mampu mendata tahap-tahap alur cerita
·   Mampu menentukan alur dengan bukti deskripsi cerita pada setiap  tahapannya

Tes tulis

Tes tulis

Tes uraian

Tes uraian
§  Tulislah tahap-tahap alur cerita yang terdapat di dalam suatu cup­likan novel yang kamu dengarkan!

§  Tulislah alur cuplikan novel yang kamu dengarkan!
2 X 40’
Buku Teks
Perpustaka-an
Novel remaja
terjemahan





Standar Kompetensi: Berbicara
                                   14. Mengapresiasi kutipan novel remaja (asli atau terjemahan) melalui kegiatan diskusi


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
14.1 Mengo­men­tari ku­tipan novel remaja (asli atau terje­mah­an)


Cara mengomentari  kutipan novel dan implementasi- nya
o  Membaca kutipan novel remaja terjemahan, kemudian bertanya jawab tentang masalah-masalah yang ada dalam kutipan
o  Menunjukkan keunggulan, kekurangan, pendapat, kritik, ataupun saran dengan alasan yang logis
·   Mampu mendata masalah-masalah yang perlu dikomentari
·   Mampu mengomentari novel dengan alasan yang logis


Observasi


Lembar observasi

§   Datalah masalah-masalah yang terdapat di dalam suatu cuplikan novel yang dapat dikomentari!
§   Berikan pendapat, kritik, saran, ataupun keunggulan, kelemahan kutipan novel terjemahan yang kamu baca!
2 X 40’
Novel remaja terjemahan
Buku sumbe
Buku teks
14.2 Menang­gapi hal yang menarik dari  kutipan novel remaja (asli atau terje­mah­an)
Cara menanggapi kutipan novel remaja dan implementasi- nya
o  Membaca kutipan novel remaja terjemahan, kemudian mendis­kusikan hal yang menarik dari ku­tipan novel terjemahan
o  Menanggapi komentar teman ten­tang suatu novel remaja dengan santun

·   Mampu mengemukakan hal yang menarik dari novel dengan alasan yang logis
·   Mampu menanggapi komentar  teman tentang novel dengan santun



Observasi

Lembar observasi

§   Kemukakan hal-hal yang menarik yang terdapat di dalam novel remaja yang kamu baca!  Jelaskan pula alasan-alasannya sehingga kamu berpendapat demikian!
§   Tanggapilah komentar-komentar temanmu yang isinya menunjukkan menarik tidaknya yang terdapat dalam suatu kutipan novel terje­mah­an!
4 X 40’
Novel remaja terjemahan
Buku sumbe
Buku teks










Standar Kompetensi: Membaca
                                   15. Memahami buku novel remaja (asli atau terjemahan) dan antologi puisi


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
15.1 Menjelas­kan alur ceri­ta, pelaku, dan latar no­vel (asli atau terjemahan)



Cara menjelaskan alur, pelaku, dan latar novel serta implementasi- nya
o        Membaca kutipan novel terje­mah­an untuk mendiskusikan alur, pe­laku, dan latar dalam kutipan novel terjemahan serta menyim­pulkan keterkaitan alur, pelaku, dan latar
o        Membaca buku novel terjemahan, kemudian menganalisis alur ceri­ta, pelaku, dan latar novel terje­mahan
·   Mampu menentukan karakter tokoh dengan bukti yang meyakinkan
·   Mampu menentukan latar novel dengan bukti yang faktual
·   Menganalisis keterkaitan antar­un­sur intrinsik dalam teks drama


Penugasan
Tugas proyek
§   Bacalah sebuah novel terjemahan kemudian tentukanlah karakter to­koh-tokohnya!
§   Buatlah laporan tentang alur ceri­ta­nya, pelaku, dan latar novel terse­but.
§   Analisislah keterkaitan alur cerita, pelaku, dan latarnya!
4 X 40’
Novel remaja terjemahan
15.2 Mengenali ciri-ciri umum puisi dari bu­ku antologi puisi


Pengenalan ciri-ciri umum puisi.

o  Membaca puisi-puisi dalam buku antologi puisi, kemudian ber tanya jawab untuk mendata hal-hal yang khusus dari puisi-puisi da­lam antologi
o  Mendiskusikan  ciri-ciri umum puisi
·   Mampu mendata hal-hal yang ber­sifat khusus dari puisi-puisi dalam antologi
·   Mampu mengidentifikasi ciri-ciri umum puisi yang terdapat di dalam antologi puisi
Penugasan
Tugas proyek
Bacalah sebuah buku antologi pui­si, lalu buatlah laporan yang berisi data hal-hal yang khusus dari seti­ap puisi, kemudian simpulkan ciri umum puisi dari antologi tersebut!
4 X 40’
Buku teks
perpustakaan



Standar Kompetensi: Menulis
                                   16. Mengungkapkan pikiran dan perasaan dalam puisi bebas


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
16.1 Menulis puisi bebas dengan mengguna-kan pilihan kata yang sesuai
 Penulisan puisi bebas dengan pilihan kata yang sesuai
o  Membaca berbagai puisi, kemu­dian mendaftar topik yang akan diangkat sebagai puisi
o  Bertanya jawab untuk menen­tu­kan puisi yang akan ditulis
o  Mengamati objek, mendata objek yang akan dijadikan bahan penu­lisan puisi
o  Mendeskripsikan objek dalam la­rik-larik puitis
o  Menulis puisi dengan menggu­nakan pilihan kata yang tepat
o  Menyunting sendiri pilihan kata yang terdapat di dalam puisi yang ditulis agar bersifat puitis
·   Mampu mendata objek yang akan dijadikan bahan menulis puisi
·   Menulis puisi dengan  menggu­nakan pilihan kata yang tepat
·   Mampu menyunting sendiri pilihan kata puisi yang ditulis

Portofolio
Portofolio
Tulislah sebuah puisi berdasarkan objek tertentu, dan dengan pilih­an kata yang tepat. Suntinglah pui­simu sehingga menjadi lebih puitis. Cermatilah komentar gurumu dan atau temanmu untuk perbaikan puisi yang kamu hasilkan

4 X 40’
Buku Teks
Gambar
Foto
Lingkungan

16.2 Menulis puisi bebas dengan mem­perhatikan un­sur persa­jakan
Penulisan puisi bebas dengan memperhatikan unsur persajakan
o  Membaca berbagai puisi untuk mendaftar topik yang akan diang­kat sebagai puisi
o  Bertanya jawab untuk menen­tu­kan puisi yang akan ditulis
o  Mengamati objek dan mendata objek yang akan dipuisikan
o  Mendeskripsikan objek dalam larik-larik yangbersifat puitis
o  Menulis puisi dengan memper­ha­ti­kan unsur persajakan
o  Menyunting puisi yang ditulis sen­diri
·   Mampu mendata objek yang akan dijadikan bahan untuk penulisan puisi
·   Mampu mendeskripsikan objek dalam larik-larik yang bersifat puitis
·   Mampu menyunting sendiri puisi yang ditulisnya

Portofolio
Portofolio
Tulislah sebuah puisi dengan  berdasarkan topik tertentu, dan dengan persajakan kata yang tepat! Suntinglah puisimu sehingga men­jadi lebih puitis. Cermatilah komen­tar gurumu dan atau temanmu , kemudian tuliskan perasaanmu atas proses penulisan puisi yang kamu lakukan selanjutnya
2 X 40’
Buku Teks
Gambar
Foto
Lingkungan


No comments:

Post a Comment