Silabus
Sekolah : MTs
YASMI PSA AL-FALAH
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
VIII/1
Standar Kompetensi : Mendengarkan
1. Memahami wacana
lisan berbentuk laporan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.1
Menganalisis laporan
|
Penganalisisan
laporan perjalanan
|
o Mendengarkan
laporan
o Menuliskan pokok-pokok laporan yang diperdengarkan
dengan kalimat singkat
o Bertanya
jawab tentang laporan yang diperdengarkan
o Menganalisis
pola urutan waktu atau ruang dalam laporan yang diperdengarkan.
|
· Mampu
menuliskan pokok-pokok laporan yang
diperdengarkan dengan kalimat singkat
· Mampu
menganalisis pola urutan waktu atau ruang dalam laporan yang diperdengarkan.
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Dafttar pertanyaan
Tes uraian
|
§ Tulislah
enam pokok laporan dari laporan yang kamu dengarkan!
§ Tentukan
pola urutan laporan dan buktikan dengan cara mencuplik isinya!
|
4 X 40’
|
Narasumber (Siswa)
|
1.2
Menanggapi isi laporan
|
Cara menanggapi laporan perjalanan dan implementasi-
nya
|
o
Mendengarkan laporan perjalanan
o
Menuliskan pokok-pokok isi laporan
perjalanan dengan kalimat singkat
o
Memberikan tanggapan, kritik, saran
terhadap laporan perjalanan
|
· Mampu
menanggapi laporan perjalanan teman dengan mengajukan pertanyaan atau
pendapat
· Mampu
memberikan masukan terhadap laporan perjalanan teman
|
Observasi
Observasi
|
Lembar observasi
Lembar observasi
|
§ Tanggapilah
isi laporan perjalanan yang dibacakan!
§ Berilah
tanggapan, kritik, ataupun saran atas laporan perjalanan yang dibacakan!
|
2 X 40’
|
Narasumber
(siswa)
|
Standar Kompetensi : Berbicara
2. Megungkap berbagai informasi melalui
wawancara dan presentasi laporan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2.1
Berwawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan perhatikan
etika berwawancara
|
Cara berwawancara
dan implementasi-nya
|
o Mendengarkan
wawancara untuk bertanya jawab tentang etika berwawancara
o Menentukan
narasumber yang akan diwawancarai
o Menentukan
topik wawancara
o Membuat
daftar pertanyaan untuk wawancara
o Melakukan
wawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan
o Mencatat
pokok-pokok hasil wawancara
|
· Mampu
membuat daftar pokok-pokok pertanyaan
untuk wawancara
· Mampu
melakukan wawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan
memperhatikan etika berwawancara
|
Tes tulis
Tes unjuk
kerja
|
Tes uraian
Tes simulasi
|
§ Buatlah
daftar pokok-pokok pertanyaan untuk wawancara!
§ Lakukan
wawancara dengan narasumber! (Guru harus dapat melihat wawancara itu sehingga
dia dapat menilai kemampuan berwawancara siswa)
|
6 X40’
|
Buku Teks
Nara sumber
Rekaman Wawancara
|
2.2
Menyampaikan laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar
|
Penyampaian laporan perjalanan
|
o Mendengarkan
laporan perjalanan (model)
o Menanggapi
cara penyampaian laporan dari sisi lafal, intonasi, ekspresi
o Mencatat
pokok-pokok laporan berdasarkan pola tertentu
o Berlatih
menyampaikan laporan
o Menyampaikan
laporan secara pribadi
|
· Mampu
mencatat pokok-pokok laporan berdasarkan pola urutan waktu, ruang, atau topik
· Mampu
menyampaikan laporan secara lisan
|
Tes lisan
Tes unjuk
kerja
|
Tes uraian
Uji petik kerja produk
|
§ Buatlah
catatan kecil pokok-pokok laporan yang akan kamu sampaikan secara lisan!
§ Sampaikan
laporan perjalananmu secara lisan di depan kelas!
|
6 X 40’
|
Buku teks
Kaset rekaman Contoh laporan
|
Standar Kompetensi: Membaca
3. Memahami ragam wacana
tulis dengan membaca memindai, membaca cepat
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.1
Menemukan informasi secara cepat dan tepat dari ensiklopedi/
Buku telepon dengan membaca memindai
|
Cara menemukan informasi di dalam ensiklopedi/buku telepon
dan implementasi- nya
|
o Mencari
ensiklopedi/buku telepon di perpustakaan untuk menentukan
subjek informasi
o Mencari
subjek informasi (lema) secara cepat dan tepat
o Membaca
informasi secara cepat dan tepat.
o Menutup
ensiklopedi/buku telepon
o Mengemukakan
kembali informasi dalam ensiklopedi/buku telepon dengan bahasa sendiri.
|
· Mampu
menemukan subjek informasi secara cepat dan tepat
· Mampu
menemukan informasi secara cepat dan tepat
· Mampu
mengemukakan kembali informasi itu dengan bahasa sendiri
|
Observasi
Observasi
Observasi
|
Lembar
Obs.
Lembar
observasi
Lembar
observasi
|
§ Temukan
kata ”lema” dalam waktu 10 detik!
§
Temukan informasi tentang ...
dalam waktu 2 menit!
§
Kemukakan informasi yang kamu
peroleh secara lisan!
|
4 X 40’
|
Perpustaka-an
Buku telepon
Ensiklopedi
Buku teks
|
3.2
Mendes-kripsikan tempat atau arah dalam konteks yang sebenarnya sesuai dengan
yang tertera dalam denah
|
Pendeskripsian tempat dan arah berdasarkan denah
|
o Mencermati
petunjuk arah mata angin
o Bertanya
jawab tentang petunjuk arah
o Mencermati
denah
o Mendiskusikan
perjalanan yang paling mudah ke arah
tempat yang dituju
o Mengemukakan
rute perjalanan ke tempat yang dituju
|
· Mampu
membaca arah mata angin
· Mampu
memberikan penjelasan arah ke tempat yang dituju dari tempat yang paling
dekat
· Mampu
mendeskripsikan arah ke tempat yang dituju
|
Observasi
Observasi
Tes tulis
|
Lembar observasi
Lembar observasi
Tes uraian
|
§ Kemukakan
arah mata angin dengan arah sebenarnya!
§ Kemukakan
tempat yang dituju dengan memberikan penjelasan arah dari tempat yang paling
dekat!
§ Uraikan perjalananmu ke arah tempat yang dituju!
|
2 X 40’
|
Buku teks
Denah
|
3.3
Menyimpulkan isi suatu teks dengan membaca cepat 250 kata per menit
|
Penyimpulan isi teks bacaan
|
o Membaca
cepat dengan waktu tertentu
o Mengukur
kecepatan membaca cepat diri sendiri dan teman
o Membaca
cepat dengan target 250 kata per menit
o Menjawab
pertanyaan
o Menghitung
KEM sendiri dan teman
o Mendiskusikan
simpulan isi teks
|
· Mampu
mengukur kecepatan membaca untuk diri sendiri dan teman
· Mampu
menjawab pertanyaan dengan peluang ketepatan 75%
· Mampu
menyimpulkan isi teks bacaan
|
Observasi
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Lembar observasi
Tes isian atau tes pilihan
ganda
Tes uraian
|
§ Bacalah
teks kemudian hitung kecepatan membacamu!
§ Jawablah
pertanyaan berikut ini!
§ Tulislah
simpulan bacaan dalam beberapa kalimat!
|
2 X 40’
|
Media cetak, Buku referensi
Pengukur waktu
|
Standar Kompetensi: Menulis
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk
laporan, surat dinas, dan petunjuk
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
4.1
Menulis laporan dengan bahasa yang
baik dan benar
|
Penulisan laporan perjalanan
|
o
Membaca teks laporan perjalanan atau
menikmati tayangan perja- lanan di TV
o
Mendiskusikan pokok-pokok laporan
perjalanan
o
Menyusun kerangka laporan
o
Menulis laporan perjalanan pribadi
|
· Mampu
menyusun kerangka laporan berdasarkan urutan ruang, waktu, atau tema
· Mampu
mengembangkan kerangka laporan dengan bahasa yang komunikatif
|
Tes tulis
Tes unjuk
kerja
|
Tes uraian
Uji petik kerja produk
|
§ Buatlah
kerangka laporan perjalanan dengan pola tertentu!
§ Kembangkan
kerangka laporan menjadi laporan tertulis!
|
2 X 40’
|
Media cetak, media elektronik (rekaman perjalanan)
|
4.2
Menulis surat dinas berkenaan dengan
kegiatan sekolah dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku
|
Penulisan surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah
|
o Mengamati
beberapa surat dinas, kemudian mendiskusikan sistematika surat dinas
o Mendiskusikan
penggunaan bahasa dalam surat dinas
o Bertanya
jawab mengenai kegiatan sekolah yang akan dilaksanakan
o Menulis
surat dinas yang berkenaan dengan kegiatan sekolah yang akan dilaksanakan
dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku.
o Menyunting
surat dinas
|
· Mampu
menentukan sistematika surat dinas
· Mampu
menulis surat dinas dengan bahasa baku
· Mampu
menyunting surat dinas
|
Tes tertulis
Tes unjuk
kerja
Tes unjuk
kerja
|
Tes uraian
Uji petik kerja produk
Uji petik
kerja produk
|
§ Tentukan sistematika surat dinas!
§ Tulislah
surat dinas kepada kepala sekolah untuk minta izin melakukan kegiatan Osis di
ruang aula (Kamu adalah ketua Osis)!
§ Suntinglah
surat dinas temanmu!
|
2 X 40’
|
Contoh Surat-surat dinas di sekolah
Buku teks
Buku referensi
|
4.3
Menulis petunjuk melakukan sesuatu
dengan urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif
|
Penulisan bahasa petunjuk
|
o
Membaca petunjuk (model)
o
Mendiskusikan urutan-urutan
o
Membandingkan bahasa petunjuk dengan
bahasa deskriptif
o
Menyimpulkan ciri-ciri bahasa
petunjuk
o
Tanya jawab tentang penyuntingan bahasa petunjuk (model) yang belum efektif
o
Menulis petunjuk
o
Menyunting bahasa petunjuk teman
|
· Mampu
mendata urutan melakukan sesuatu
· Mampu
menyimpulkan ciri-ciri bahasa petuntuk
· Mampu
menulis petunjuk dengan bahasa yang efektif
· Menyunting
bahasa petunjuk
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes unjuk
kerja
Tes unjuk
kerja
|
Tes uraian
Tes uraian
Uji petik kerja produk
Uji petik kerja produk
|
§ Datalah
urutan melakukan sesuatu yang ada dalam petunjuk!
§ Tulislah
ciri-ciri bahasa petunjuk!
§
Tulislah petunjuk tentang cara
minum obat!
§
Suntinglah bahasa petunjuk
temanmu!
|
2 X 40 ‘
|
Model-model petunjuk Buku teks
|
Standar Kompetensi : Mendengarkan
5. Mengapresiasi pementasan drama
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
5.1
Menang-gapi unsur pementasan naskah drama
|
Cara menanggapi unsur-unsur pementasan drama dan
implementasi- nya
|
o
Mendengarkan/menonton pementasan
drama (model)
o
Mendiskusikan unsur-unsur drama
o
Menanggapi dangan cara memberi
pendapat, kritik, maupun saran
|
o Mampu
menentukan unsur-unsur pementasan drama
· Mampu
menanggapi tiap-tiap unsur dengan alasan yang logis
|
Tes tulis
Observasi
|
Tes uraian
Lembar observasi
|
§ Tentukan
unsur-unsur drama!
§ Tanggapilah
drama yang baru kamu dengar/tonton!
|
4 X 40’
|
Pementasan drama
atau model pementasan yang dilakukan siswa
|
5.2
Mengevaluasi pemeran tokoh dalam pementasan drama
|
Cara mengevaluasi pemeran dan implementasi- nya
|
o Mendengarkan/menonton
pementasana drama (model)
o Tanya
jawab tentang karakter tiap-tiap
tokoh
o Mengevaluasi
pemeranan tokoh dengan alasan yang logis
|
o Mampu
menentukan karakter tiap-tiap tokoh
· Mampu
mengevaluasi pemeranan tokoh berdasarkan karakter yang seharusnya diperankan
dengan alasan yang logis
|
Tes tulis
Tes unjuk
kerja
|
Uraian
Uji petik kerja
produk
|
§ Tentukan karakter tokoh!
§ Berikan
penilaian tentang pemeranan tokoh dengan alasan yang logis!
|
4 X 40’
|
Pementasan drama
atau model pementasan yang dilakukan siswa
|
Standar Kompetensi : Berbicara
6.
Mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan bermain peran
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
6.1
Bermain peran sesuai dengan naskah yang ditulis siswa
|
Bermain peran
|
o Membaca
teks drama yang telah ditulis
o Menentukan
karakter tokoh
o Memilih
tokoh yang akan diperankan
o Berlatih
menghayati karakter tokoh beserta teman sebagai lawan main
o Olah
vokal
o Menyiapkan
perangkat pendukung tokoh yang akan diperankan
o Memerankan
tokoh sesuai karakter yang dituntut dengan lafal yang jelas dan intonasi yang
tepat
|
· Mampu
menentukan karakter tokoh dalam naskah yang telah ditulis siswa
· Mampu
memerankan tokoh sesuai karakter yang dituntut dengan lafal yang jelas
dan intonasi yang tepat
|
Tes lisan
Tes unjuk
kerja
|
Daftar
pertanyaan
Tes simulasi
|
§ Tentukan
karakter setiap tokoh!
§ Perankan
tokoh sesuai dengan karakter dan dialog antartokoh!
|
6 X 40’
|
Buku teks drama
Lingkungan kelas
Perangkat pendukung pementasan
|
6.2
Bermain peran dengan cara improvisasi sesuai dengan kerangka naskah
yang ditulis oleh siswa
|
Bermain peran dengan berimprovisasi
|
o Membaca
kerangka teks drama yang telah ditulis
o Menentukan
karakter tokoh
o Memilih
tokoh yang akan diperankan
o Berlatih
menghayati karakter tokoh beserta teman sebagai lawan main
o Olah
vokal
o Menyiapkan
perangkat pendukung tokoh yang akan diperankan
o Memerankan
tokoh dengan improvisasi
|
· Mampu
menentukan karakter tokoh
· Mampu
berimprovisasi berdasarkan kerangka naskah
|
Tes lisan
Tes unjuk
kerja
|
Daftar pertanyaan
Tes simulasi
|
§ Tentukan
karakter setiap tokoh seperti yang terdapat di dalam kerangka naskah
tulisan siswa!
§ Perankan
tokoh sesuai dengan karakter dan kerangka cerita dengan cara improvisasi!
|
6X 40’
|
Buku Teks
Lingkungan kelas
Perangkat pendukung pementasan
|
Standar Kompetensi: Membaca
7. Memahami teks
drama dan novel remaja
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
7.1
Mengidentifika-si unsur intrinsik teks drama
|
Pengidentifikasian unsur intrinsik teks drama
|
o Membaca
teks drama, kemudian mendiskusikan
unsur-unsur instrinsik teks drama
o Menganisis unsur-unsur intrinsik teks drama melalui
diskusi
o Mendiskusikan
keterkaitan antarunsur intrinsik agar bisa menemukan makna secara utuh
|
· Mampu
menentukan unsur-unsur intrinsik teks drama
· Mampu
menganalisis teks drama berdasarkan unsur-unsur intrinsiknya
· Menganalisis
keterkaitan antarunsur intrinsik dalam teks drama
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes unjuk
kerja
|
Tes
Uraian
Tes Uraian
Uji petik
kerja produk
|
§ Apakah
tema teks drama yang telah kamu baca?
§ Tentukan
dua intrinsik teks drama disertai
dengan contoh!
§ Tentukan sebuah makna dengan cara mengaitkan minimal dua unsur intrinsik!
|
4 X 40’
|
Buku teks
Buku referensi
|
7.2
Membuat sinopsis novel remaja Indonesia
|
Pembuatan sinopsis novel
|
o
Mendiskusikan cara menentukan
kerangka cerita dalam novel
o
Menentukan kerangka novel
o
Menulis sinopsis novel
|
· Mampu
menganalisis kerangka novel remaja yang dibaca
· Mampu
menyusun sinopsis cerita novel berdasarkan kerangka sinopsis
|
Penugasan
|
Tugas proyek
|
§ Bacalah
sebuah novel remaja Indonesia kemudian buatlah kerangka sinopsis dan sinopsis
ceritanya!
|
4 X 40’
|
Novel remaja Indonesia
|
Standar Kompetensi: Menulis
8. Mengungkapkan
pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis kreatif naskah drama
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
8.1
Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan keaslian ide
|
Penulisan naskah drama dengan keaslian ide
|
o Mendata
cerita, kemudian memilih satu cerita untuk diangkat sebagai dasar
penulisan naskah drama
o Menyusun
kerangka cerita drama berdasarkan cerita yang sudah dipilih.
o Bertanya
jawab mengenai keaslian ide
o Menulis
naskah drama satu babak berdasarkan kerangka naskah drama
|
· Mampu
menyusun kerangka naskah drama yang mengandung keaslian ide.
· Mampu
mengembangkan kerangka cerita menjadi teks drama satu babak yang mengandung
keaslian ide.
|
Tes unjuk kerja
|
Uji petik kerja produk
|
Susunlah kerangka cerita drama berdasarkan cerita yang
sudah kamu pilih kemudian kembangkan menjadi naskah drama!
|
4 X 40’
|
Buku teks drama
Buku referensi yang berisikan drama
|
8.2
Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan kaidah penulisan
naskah drama
|
Penulisan naskah drama sesuai dengan kaidah penulisan
naskah drama
|
o Mendata
cerita untuk memilih satu cerita untuk diangkat sebagai dasar penulisan
naskah drama
o Menyusun
kerangka naskah drama berdasarkan cerita yang sudah dipilih.
o Bertanya
jawab mengenai kaidah penulisan naskah drama
o Menulis
naskah drama satu babak berdasarkan kerangka cerita drama dengan
memperhatikan kaidah penulisan naskah drama.
|
· Mampu
menyusun kerangka cerita drama.
·
Mampu menulis naskah drama satu babak
berdasarkan kerangka cerita drama dengan memperha-tikan kaidah penulisan
naskah drama.
|
Tes unjuk kerja
|
Uji petik kerja produk
|
Susunlah kerangka cerita drama berdasarkan cerita yang
sudah kamu pilih kemuian kembangkan menjadi naskah drama!
|
4 X 40’
|
Buku Teks
Buku referensi
|
Mengetahui, Cicantayan, …………… 2010
Kepala Guru Mata Pelajaran
Drs Johan Abdul Fatah
Drs Johan Abdul Fatah
Silabus
Sekolah : MTs
YASMI PSA AL-FALAH
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
VIII/ 2
Standar Kompetensi : Mendengarkan
9.
Memahami isi berita radio/televisi
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
9.1
Menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, mengapa, di mana, kapan, dan
bagaimana) yang didengar atau ditonton melalui radio/televisi
|
Cara menemukan pokok-pokok berita dan implementasi- nya
|
o Mendengarkan
rekaman berita dari radio/TV
o Mendiskusikan
pokok-pokok berita yang didengar dari rekaman
o Menentukan
pokok-pokok berita
o Menuliskan
pokok-pokok berita dengan ejaan yang benar
|
· Mampu
menemukan pernyataan-pernyataan yang merupakan jawaban dari pertanyaan
pokok-pokok berita
· Mampu
menuliskan pokok-pokok berita dengan ejaan yang benar
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Tes uraian
Tes uraian
|
§ Kemukakan
secara lisan pokok-pokok berita yang terdapat di dalam berita yang akan kamu
dengar!
§ Tuliskan
pokok-pokok berita dengan singkat!
|
2 X 40’
|
TV/Radio/
Rekaman
berita
|
9.2
Mengemukakan kembali berita yang didengar/ditonton melalui radio/
televisi
|
Cara mengemukakan kembali berita dan implementasi- nya
|
o Mendengarkan
rekaman berita dari radio/TV
o Menganalisis pokok-pokok berita yang didengar
o Mendiskusikan
penulisan berita dengan urutan pokok-pokok berita yang bervariasi
o Menulis
satu teks berita
o Menyunting teks berita tulisan sendiri atau
teman
|
· Mampu
menuliskan pokok-pokok berita dengan ejaan yang benar
· Mampu
merangkai pokok-pokok berita secara
bervasiasi menjadi teks berita
· Mampu
menyunting berita yang ditulis
|
Tes tulis
Tes unjuk
kerja
Tes unjuk
kerja
|
Tes Uraian
Uji petik
kerja produk
Uji petik
kerja
|
§ Tulis
pokok-pokok berita dengan singkat!
§ Tulislah
teks berita dengan cara merangkai
secara bervariasi pokok-pokok berita!
§ Suntinglah
teks beritamu dan berita temanmu!
|
4 X 40’
|
TV/Radio/
Rekaman
berita
|
Standar Kompetensi: Berbicara
10. Mengemukakan
pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan diskusi dan protokoler
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
10.1
Menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam diskusi
disertai dengan bukti atau alasan
|
Cara
menyampaikanpendapat dalam diskusi dan implementasi- nya
|
o Mengamati
model diskusi, kemudian membahas mekanisme berdiskusi
o
Mendiskusikan etika menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan
pendapat dalam diskusi melalui pengamatan model
o Menyampaikan
persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam diskusi disertai dengan
bukti atau alas an
|
· Mampu
menentukan mekanisme diskusi
· Mampu
menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam diskusi
dengan etika yang baik dan argumentatif
|
Observasi
|
Lembar observasi
|
§ Tunjukkan
beberapa mekanisme diskusi berdasarkan model diskusi!
§ Berdiskusilah
dengan tema tertentu sesuai dengan aturan berdiskusi!
|
4 X 40’
|
Lingkungan
Narasumber, Media cetak ataupun elektronik, Model,
Buku teks, Buku referensi
|
10.2 Membawakan acara dengan
bahasa yang baik dan benar serta santun
|
Cara membawakan acara dan implementasi- nya
|
o Mengamati
nara sumber membawakan acara
o Tanya
jawab untuk menyimpulkan tata cara protokoler pembawa acara dalam berbagai
acara
o Menyimpulkan
tata urutan sapaan, sambutan
o Menyimpulkan
garis besar susunan acara
o Membawakan
acara dengan bahasa yang baik dan benar serta santun sesuai dengan konteks
acara
|
· Mampu
menyimpulkan tata cara protokoler pembawa acara dalam berbagai acara
· Mampu
menunjukkan garis besar susunan acara
· Mampu
membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar serta santun sesuai dengan
konteks acara
|
Tes unjuk
kerja
|
Tes simulasi
|
§ Jelaskan
apa yang dimaksud dengan tata cara protokoler pembawa acara!
§ Tunjukkan
garis besar susunan suatu acara!
§ Berperanlah
sebagai pembawa acara untuk mengantarkan acara sesuai dengan konteks!
|
6 X 40’
|
Nara sumber
Buku Teks, Buku referensi
|
Standar Kompetensi: Membaca
11. Memahami ragam
wacana tulis dengan membaca ekstensif, membaca intensif, dan membaca nyaring
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
11. 1
Menemukan masalah utama dari berbagai berita yang bertopik sama melalui
membaca ekstensif
|
Cara
menemukan masalah utama dan implementasi- nya
|
o
Membaca beberapa berita untuk
bertanya jawab mengenai permasalahan yang dalam tiap-tiap berita
o
Bertanya jawab mengenai masalah
utama pada setiap berita
o
Bertanya jawab untuk menyimpulkan
kesamaan masalah dalam beberapa berita
|
· Mampu mendata masalah-masalah dari
tiap-tiap berita
· Mampu
menentukan masalah utama dari tiap-tiap berita
· Mampu
menyimpulkan kesamaan masalah melalui kegiatan membandingkan beberapa berita
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes uraian
Tes uraian
Tes uraian
|
§
Tuliskan permasalahan-permasalahan
yang terdapat pada tiga teks berita!
§
Tuliskan masalah utama yang terdapat
pada tiga teks berita!
§
Tuliskan kesamaan masalah yang
terdapat di ketiga berita yang kamu baca!
|
4 X 40’
|
Media cetak
|
11.2
Menemukan informasi untuk bahan diskusi melalui membaca intensif
|
Cara menemukan informasi dan implementasi- nya
|
o
Membaca berita atau artikel dari
media cetak
o
Mendiskusikan informasi yang
problematik atau kontradiktif
o
Mendiskusikan rumusan masalah untuk
bahan diskusi
|
· Mampu
mendata informasi yang problematik dan atau
kontradiktif dari bacaan
· Mampu
merumuskan masalah dari data yang diperoleh
untuk bahan diskusi
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes uraian
Tes uraian
|
§
Tulislah informasi yang bersifat problematik
dan kontradiktif yang terdapat pada suatu
teks!
§
Rumuskan permasalahan yang terdapat
pada suatu teks untuk bahan diskusi!
|
4 X 40’
|
Media cetak
|
11.3
Membacakan teks berita dengan intonasi yang tepat serta artikulasi dan
volume suara yang jelas
|
Pembacaan teks berita
|
o Mengamati
nara sumber/model membacakan teks berita, kemudian mendiskusikan intonasi,
artikulasi, dan ekspresi narasumber/ model yang bersangkutan
o Berdiskusi
untuk memberikan tanda penjedaan
o Membacakan
teks berita dengan intonasi yang tepat, arikulasi dan volume suara yang
jelas, serta ekspresi sesuai dengan konteks
|
· Mampu
memberi tanda penjedaan dalam teks berita
· Mampu
membacakan teks berita dengan intonasi yang tepat, artikulasi dan volume
suara yang jelas, serta ekspresi yang
sesuai dengan konteks
|
Tes unjuk
kerja
|
Uji petik
kerja prosedur dan produk
|
§
Berilah tanda jeda pada teks berita
yang akan kamu bacaa!
§
Bacakanlah teks berita tersebut di
depan kelas!
|
6 X 40’
|
Buku Teks
Nara sumber
|
Standar Kompetensi: Menulis
12 Mengungkapkan informasi dalam bentuk
rangkuman, teks berita, slogan/poster
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
12. 1
Menulis rangkuman buku ilmu pengetahuan populer
|
Penulisan
rangkuman
|
o Membaca teks
o Mendiskusikan
pokok-pokok pikiran dalam teks
o
Merangkai pokok-pokok pikiran menjadi
rangkuman
o Membaca
buku ilmu pengetahuan populer/penemuan
o Menulis
pokok-pokok isi buku
o Menulis
rangkuman buku
o Menyunting
rangkuman
|
·
Mampu menulis pokok-pokok isi buku
·
Mampu merangkai pokok-pokok isi
buku menjadi rangkuman
· Menyunting
rangkuman
|
Penugasan
|
Tugas proyek
|
§
Bacalah sebuah buku ilmu pengetahuan
populer/penemuan kemudian
§
Tuliskan pokok-pokok isinya!
§
Buatlah rangkuman berdasarkan
pokok-pokok isi buku yang kamu baca!
§
Suntinglah dalam hal kebahasaan dan
isinya rangkuman buku yang sudah kamu tulis!
|
4 X 40’
|
Buku ilmu pengetahuan populer/penemuan
|
12.2
Menulis teks berita secara singkat, padat, dan jelas
|
Penulisan teks berita
|
o Mengamati
contoh teks berita
o Berburu
berita di sekitar sekolah
o Menyusun
data-data pokok berita
o Merangkai
data pokok-pokok berita menjadi berita yang singkat, padat, dan jelas
o Menyunting
berita
o Menampilkan
berita dalam majalah dinding atau majalah sekolah
|
· Mampu
menyusun data pokok berita
· Mampu
merangkai data pokok-pokok berita menjadi berita yang singkat, padat, dan
jelas
· Mampu
menyunting berita
|
Penugasan
|
Tugas proyek
|
§
Tulislah data pokok berita yang kamu
peroleh berdasarkan pengamatan terhadap suatu peristiwa!
§
Kembangkan data pokok berita menjadi
sebuah teks berita!
§
Suntinglah tulisan berita yang sudah
kamu susun!
|
4 X 40’
|
Lingkungan sekolah
Buku teks
Contoh teks berita
|
12.3
Menulis slogan/poster untuk berbagai keperluan dengan pilihan kata dan
kalimat yang bervariasi, serta persuasi
|
Penulisan slogan/poster
|
o
Mengamati bermacam-macam poter,
kemudian beranya jawab tentang jenis-jenis poster
o
Membahas bahasa dalam poster
o
Menyunting bahasa poster yang salah
o
Menulis slogan/poster sesuai dengan
konteks
o
Menyunting slogan/poster sendiri
|
· Mampu
menunjukkan jenis-jenis slogan/poster
· Mampu
menulis slogan/poster sesuai dengan konteks
· Mampu
menyunting slogan/poster
|
Penugasan
|
Tugas proyek
|
§
Tunjukkan beberapa jenis poster
berdasarkan keperluannya!
§
Buatlah sebuah slogan/poster sesuai
dengan konteks!
§
Suntinglah slogan/poster yang sudah
kamu susun!
|
2 X 40’
|
Contoh poster
Buku teks yang berisi berbagai slogan/poster
|
Standar Kompetensi: Mendengarkan
13. Memahami unsur
intrinsik novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
13.1
Mengidentifikasi karakter tokoh novel remaja (asli atau terjemahan) yang
dibacakan
|
Pengidentifikasian karakter tokoh
|
o Mendengarkan
pembacaan cuplikan novel remaja terjemahan, kemudian bertanya
jawab mengenai tokoh-tokoh dalam novel
o Mendata
tokoh utama dan sampingan dalam novel
o Mengidentifikasi
karakter tokoh disertai dengan bukti/alasan yang logis
|
· Mampu
mendata tokoh utama dan sampingan dalam cuplikan novel
· Mampu
mengidentifikasi karakter tokoh disertai dengan bukti/alasan yang logis
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
§ Tunjukkan
tokoh mana yang termasuk sebagai tokoh utama dengan tokoh pendamping yang
terdapat di dalam suatu cuplikan novel!
§ Tentukan
karakter tokoh disertai dengan bukti/alasan yang logis dalam cuplikan novel
yang kamu dengar!
|
2 X 40’
|
Buku teks
Perpustaka-an
Novel remaja
terjemahan
|
13.2
Menjelaskan tema dan latar novel remaja (asli atau terjemahan) yang
dibacakan
|
Penjelasan tema dan latar novel
|
o Mendengarkan
pembacaan cuplikan novel remaja terjemahan
o Bertanya
jawab mengenai ide-ide utama dalam
cuplikan novel
o Bertanya
jawab mengenai macam-macam latar
o Menganalisis
latar cuplikan novel
|
·
Mampu menyimpulkan tema cuplikan
·
Mampu mendata latar-latar yang ada
dalam cuplikan novel
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes uraian
Tes uraian
|
§
Tulis tema cuplikan novel yang kamu
dengarkan!
§
Tulislah latar disertai dengan
bukti cuplikan novel yang kamu dengarkan!
|
4 X 40’
|
Buku Teks
Perpustaka-an
Novel remaja
terjemahan
|
13.3
Mendeskripsikan alur novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan
|
Pendeskripsian alur novel remaja
|
o Mendengarkan
pembacaan cuplikan novel remaja terjemahan
o Bertanya
jawab mengenai struktur alur
o Menganalisis
tahap-tahap alur
o Menentukan
alur dengan bukti deskripsi cerita pada setiap tahapannya
|
· Mampu
mendata tahap-tahap alur cerita
· Mampu
menentukan alur dengan bukti deskripsi cerita pada setiap tahapannya
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes uraian
Tes uraian
|
§ Tulislah
tahap-tahap alur cerita yang terdapat di dalam suatu cuplikan novel yang
kamu dengarkan!
§ Tulislah
alur cuplikan novel yang kamu dengarkan!
|
2 X 40’
|
Buku Teks
Perpustaka-an
Novel remaja
terjemahan
|
Standar Kompetensi: Berbicara
14.
Mengapresiasi kutipan novel remaja (asli atau terjemahan) melalui kegiatan
diskusi
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
14.1
Mengomentari kutipan novel remaja (asli atau terjemahan)
|
Cara mengomentari
kutipan novel dan implementasi- nya
|
o Membaca
kutipan novel remaja terjemahan, kemudian bertanya jawab tentang
masalah-masalah yang ada dalam kutipan
o Menunjukkan
keunggulan, kekurangan, pendapat, kritik, ataupun saran dengan alasan yang
logis
|
· Mampu
mendata masalah-masalah yang perlu dikomentari
· Mampu
mengomentari novel dengan alasan yang logis
|
Observasi
|
Lembar observasi
|
§ Datalah
masalah-masalah yang terdapat di dalam suatu cuplikan novel yang dapat
dikomentari!
§ Berikan
pendapat, kritik, saran, ataupun keunggulan, kelemahan kutipan novel
terjemahan yang kamu baca!
|
2 X 40’
|
Novel remaja terjemahan
Buku sumbe
Buku teks
|
14.2
Menanggapi hal yang menarik dari
kutipan novel remaja (asli atau terjemahan)
|
Cara menanggapi kutipan novel remaja dan implementasi-
nya
|
o Membaca
kutipan novel remaja terjemahan, kemudian mendiskusikan hal yang menarik
dari kutipan novel terjemahan
o Menanggapi
komentar teman tentang suatu novel remaja dengan santun
|
· Mampu
mengemukakan hal yang menarik dari novel dengan alasan yang logis
· Mampu
menanggapi komentar teman tentang
novel dengan santun
|
Observasi
|
Lembar observasi
|
§ Kemukakan
hal-hal yang menarik yang terdapat di dalam novel remaja yang kamu baca! Jelaskan pula alasan-alasannya sehingga
kamu berpendapat demikian!
§ Tanggapilah
komentar-komentar temanmu yang isinya menunjukkan menarik tidaknya yang
terdapat dalam suatu kutipan novel terjemahan!
|
4 X 40’
|
Novel remaja terjemahan
Buku sumbe
Buku teks
|
Standar Kompetensi: Membaca
15. Memahami buku
novel remaja (asli atau terjemahan) dan antologi puisi
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
15.1
Menjelaskan alur cerita, pelaku, dan latar novel (asli atau terjemahan)
|
Cara menjelaskan alur, pelaku, dan latar novel serta
implementasi- nya
|
o
Membaca kutipan novel terjemahan
untuk mendiskusikan alur, pelaku, dan latar dalam kutipan novel terjemahan
serta menyimpulkan keterkaitan alur, pelaku, dan latar
o
Membaca buku novel terjemahan,
kemudian menganalisis alur cerita, pelaku, dan latar novel
terjemahan
|
· Mampu
menentukan karakter tokoh dengan bukti yang meyakinkan
· Mampu
menentukan latar novel dengan bukti yang faktual
· Menganalisis
keterkaitan antarunsur intrinsik dalam teks drama
|
Penugasan
|
Tugas proyek
|
§ Bacalah
sebuah novel terjemahan kemudian tentukanlah karakter tokoh-tokohnya!
§ Buatlah
laporan tentang alur ceritanya, pelaku, dan latar novel tersebut.
§ Analisislah
keterkaitan alur cerita, pelaku, dan latarnya!
|
4 X 40’
|
Novel remaja terjemahan
|
15.2
Mengenali ciri-ciri umum puisi dari buku antologi puisi
|
Pengenalan ciri-ciri umum puisi.
|
o Membaca
puisi-puisi dalam buku antologi puisi, kemudian ber tanya jawab
untuk mendata hal-hal yang khusus dari puisi-puisi dalam antologi
o Mendiskusikan ciri-ciri umum puisi
|
· Mampu
mendata hal-hal yang bersifat khusus dari puisi-puisi dalam antologi
· Mampu
mengidentifikasi ciri-ciri umum puisi yang terdapat di dalam antologi puisi
|
Penugasan
|
Tugas proyek
|
Bacalah sebuah buku antologi puisi, lalu buatlah
laporan yang berisi data hal-hal yang khusus dari setiap puisi, kemudian
simpulkan ciri umum puisi dari antologi tersebut!
|
4 X 40’
|
Buku teks
perpustakaan
|
Standar Kompetensi: Menulis
16. Mengungkapkan
pikiran dan perasaan dalam puisi bebas
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
16.1
Menulis puisi bebas dengan mengguna-kan pilihan kata yang sesuai
|
Penulisan puisi
bebas dengan pilihan kata yang sesuai
|
o Membaca
berbagai puisi, kemudian mendaftar topik yang akan diangkat sebagai puisi
o Bertanya
jawab untuk menentukan puisi yang akan ditulis
o Mengamati
objek, mendata objek yang akan dijadikan bahan penulisan puisi
o Mendeskripsikan
objek dalam larik-larik puitis
o Menulis
puisi dengan menggunakan pilihan kata yang tepat
o Menyunting
sendiri pilihan kata yang terdapat di dalam puisi yang ditulis agar bersifat
puitis
|
· Mampu
mendata objek yang akan dijadikan bahan menulis puisi
· Menulis
puisi dengan menggunakan pilihan kata
yang tepat
· Mampu
menyunting sendiri pilihan kata puisi yang ditulis
|
Portofolio
|
Portofolio
|
Tulislah sebuah puisi berdasarkan objek tertentu, dan
dengan pilihan kata yang tepat. Suntinglah puisimu sehingga menjadi lebih
puitis. Cermatilah komentar gurumu dan atau temanmu untuk
perbaikan puisi yang kamu hasilkan
|
4 X 40’
|
Buku Teks
Gambar
Foto
Lingkungan
|
16.2
Menulis puisi bebas dengan memperhatikan unsur persajakan
|
Penulisan puisi bebas dengan memperhatikan unsur
persajakan
|
o Membaca
berbagai puisi untuk mendaftar topik yang akan diangkat sebagai puisi
o Bertanya
jawab untuk menentukan puisi yang akan ditulis
o Mengamati
objek dan mendata objek yang akan dipuisikan
o Mendeskripsikan
objek dalam larik-larik yangbersifat puitis
o Menulis
puisi dengan memperhatikan unsur persajakan
o Menyunting
puisi yang ditulis sendiri
|
· Mampu
mendata objek yang akan dijadikan bahan untuk penulisan puisi
· Mampu
mendeskripsikan objek dalam larik-larik yang bersifat puitis
· Mampu
menyunting sendiri puisi yang ditulisnya
|
Portofolio
|
Portofolio
|
Tulislah sebuah puisi dengan berdasarkan topik tertentu, dan dengan
persajakan kata yang tepat! Suntinglah puisimu sehingga menjadi lebih
puitis. Cermatilah komentar gurumu dan atau temanmu , kemudian tuliskan
perasaanmu atas proses penulisan puisi yang kamu lakukan selanjutnya
|
2 X 40’
|
Buku Teks
Gambar
Foto
Lingkungan
|
No comments:
Post a Comment