Silabus
Sekolah : MTs PSA AL-FALAH “YASMI”
Kelas : VII (tujuh)
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami lingkungan kehidupan manusia.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.1 Mendeskripsikan
keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap
kehidupan.
|
Tenaga Endogen dan Tenaga Eksogen
Gejala diastropisme dan vulkanisme
Faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi
Jenis-jenis batuan
Proses pelapukan
Proses erosi dan
penyebabnya
Proses sedimentasi.
Dampak positif dan negatif
dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya
penanggulangan-nya.
|
Mengamati gambar
bentukan-bentukan di mka bumi yang merupakan hasil dari tenaga geologi.
Mengamati gambar tentang
gejala-gejala diastropisme dan vulkanisme.
Mengamati peta sebaran
tipe gunung api di Indonesia.
Mengkaji faktor-faktor
penyebab terjadinya gempa bumi.
Mengamati contoh jenis
batuan melalui gambar dan batuan yang ada di lingkungan sekitar.
Mengamati gambar dan
lingkungan sekitar tentang proses pelapukan.
Mengamati obyek dan gambar tentang erosi.
Menelaah contoh kenampakan
hasil proses sedimentasi
Membaca buku sumber
tentang dampak positif dan negatif tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan
serta upaya penanggulangannya.
|
·Mendeskripsikan proses alam endogen yang
menyebabkan terjadinya bentuk muka
bumi.
·Mendeskripsikan gejala diastropisme dan
vulkanisme serta sebaran tipe gunung api.
·Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab
terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkannya.
·Mengindentifikasi jenis batuan berdasarkan
proses pembentukannya.
·Mendeskripsikan
proses pelapukan.
·Mendeskripsikan
proses erosi, dan faktor-faktor penyebabnya, dampaknya..
·Memberikan contoh bentukan yang dihasilkan oleh
proses sedimentasi.
·Mengidentifikasi dampak positif dan negatif
dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangannya.
|
Tes Tulis
Tes tulis
Penugasan
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tertulis
Tertulis
|
PG
.
Pilihan Ganda
Tugas rumah
Tes Uraian
Tes Uraian
Pilihan ganda
Tes Uraian
Tes Uraian
|
Penyebab terjadinya tenaga Endogen adalah ....
A.
Konvergen, devergen dan mendatar
B.
Tektonisme, vulkanisme dan seisme
C.
Konvergen, vulkanisme dan gempa
D.
Devergen, tektonisme dan mendatar
E.
Tektonisme, vulkanisme dan mendatar
Tipe gunung api yang banyak terdapat di Indonesia yaitu
….
a.
maar
b.
perisai
c.
starto
d.
kaldera
Buatlah peta jalur gempa bumi di Indonesia pada kertas karton ukuran A2!
Berikan dua contoh jenis
batuan sedimen!
Jelaskan proses pelapukan
biologis!
Erosi yang disebabkan
gelombang air laut yang mengikis pantai disebut ....
a. abrasi
b. deflasi
c. glasial
d. korasi
Berilah 2 contoh bentang
alam hasil sedimentasi oleh air!
Jelaskan 3 manfaat
material vulkanik gunung api !
|
12 JP
|
Peta
Atlas
Globe
Gambar proses terjadinya diastropisme.
Gambar tipe gunung api
Gambar jenis batuan
LKS
CD
Buku sumber yang relevan.
|
1.2.Mendeskripsikan kehidupan pada masa
pra-aksara di Indonesia.
|
Pengertian dan kurun waktu pra-aksara
Jenis-jenis manusia
Indonesia yang hidup pada masa pra –aksara
Perkembangan kehidupan pada masa
pra-aksara.
Peninggalan –peninggalan
kebudayaan.
Kedatangan nenek moyang dari Yunan tersebar di Nusantara.
|
Membaca referensi untuk merumuskan pengertian dan kurun waktu masa pra
-aksara
Dengan Atlas Sejarah dan
foto –foto/ gambar mengamati jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada
masa Pra-aksara
Membaca buku referensi,
mengamati gambar dan diskusi untuk
menelaah kehidupan pada masa pra-aksara dan peralatan yang digunakan.
Membaca buku referensi dan mengamati gambar untuk mengidentifikasi
peninggalan –peninggalan kebudayaan pada masa pra aksara.
Mengamati atlas sejarah kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa
Indonesia.
|
·
Menjelaskan
pengertian dan kurun waktu masa pra
–aksara
· Mengidentifikasi jenis- jenis manusia Indonesia
yang hidup pada masa pra- aksara
· Mendeskripsikan perkembangan kehidupan pada masa pra- aksara dan peralatan
kehidupan yang dipergunakan.
· Mengidentiifikasi peninggalan –peninggalan
kebudayaan pada masa pra-aksara.
· Melacak
kedatangan dan persebaran nenek
moyang bangsa Indonesia di Nusantara dengan atlas sejarah.
|
Tes tulis
Penugasan
Tes tulis
Tes tulis
Penugasan
|
Tes Uraian
Tugas rumah
Tes Uraian
Tes pilihan ganda
Tugas rumah
|
Jelaskan pengertian masa pra aksara.
Kumpulkan gambar manusia
purba dan peninggalan kebudayaannya serta kelompokkan sesuai kurun waktunya
kemudian buatlah mading
Secara berkelompok
Berilah contoh-contoh peralatan yang dipergunakan pada
masa berburu!
Peninggalan budaya Megalithikum diantaranya ialah ....
a.menhir dan dolmen
b.nekara dan menhir
c.sarkopagus dan dolmen
d.kapak lonjong dan moko
Buatlah peta kedatangan dan persebaran nenek moyang
bangsa Indonesia di Nusantara!
|
8 JP
|
Buku sumber yang relefan
Atlas Sejarah
Foto –foto
Gambar –gambar sejarah
Musium
Situs sejarah
|
Standar Kompetensi : 2. Memahami kehidupan sosial
manusia.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2.1 Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial
|
Kaitan interaksi sosial dengan proses sosial.
Pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial.
|
Mengkaji kaitan interaksi
sosial dan proses sosial dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan terdeka.
Mengkaji pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial.
|
· Menjelaskan kaitan interaksi sosial dan proses
sosial.
· Menjelaskan pengaruh interaksi sosial terhadap
keselarasan sosial.
|
Tes tulis
Portofolio
|
Tes Uraian
Rubrik
|
Jelaskan kaitan interaksi sosial dengan proses sosial!
Buatlah kliping yang terdiri dari 5 peristiwa proses assosiatif dan 5
proses dissosiatif dari surat kabar atau tabloid.
|
4 JP
|
Gambar-gambar tentang interaksi sosial dan sosialisasi.
VCD
Buku-buku sumber yang relevan.
Surat kabar.
Masyarakat
|
2.2Mendeskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian
|
Pengertian sosialisasi
Faktor yang mempengaruhi sosialisasi.
Fungsi sosialisasi dalam
pembentukan kepribadian.
|
Tanya jawab tentang pengertian sosialisasi.
Mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi sosialisasi.
Diskusi tentang fungsi sosialisasi dalam pembentukan kepribadian.
|
· Menjelaskan pengertian dan pentingnya proses
sosialisasi.
· Mengidentifikasi faktor-faktor yang
mempengaruhi sosialisasi.
· Menguraikan fungsi sosialisasi
dalam pembentukan kepribadian.
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes Uraian
Tes Uraian
Pilihan ganda
|
Jelaskan pengertian
sosialisasi!
Sebutkan faktor-faktor
yang mempengaruhi sosialisasi!
Seorang anak diajarkan
untuk mencium tangan orangtuanya. Proses
sosialisasi ini digolongkan sebagai sosialisasi ....
a.
primer
b.
skunder
c.
tersier
d.
kuarter
|
6 JP
|
Gambar-gambar tentang interaksi sosial dan sosialisasi.
VCD
Buku-buku sumber yang
relevan.
Surat kabar.
Masyarakat
|
2.3Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial
|
Syarat-syarat terjadinya
interaksi sosial.
Bentuk-bentuk interaksi
sosial:
Antar individu dengan
individu.
Antar individu dengan
kelompok.
Antar keompok dengan
kelompok.
|
Tanya jawab tentang syarat-syarat terjadinya interaksi sosial.
Diskusi tentang bentuk-bentuk interaksi sosial.
|
· Menjelaskan syarat-syarat terjadinya interaksi
sosial.
· Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi
sosial.
|
Tes tulis
Tes unjuk kerja
|
Pilihan ganda
Tes petik kerja prosedur dan produk
|
Contoh interaksi sosial
berikut ini adalah ....
a.
Guru
mengajar siswa
b.
Petani
menyiram tanaman
c.
Pawang
melatih gajah
d.
Sopir
menyetir taksi
Buatlah kliping berita
dari media cetak, masing-masing lima contoh peristiwa tentang interaksi
sosial antar :
-
individu
dengan individu
-
individu
dengan kelompok
-
kelompok
dengan kelompok
|
6 JP
|
Gambar-gambar tentang
interaksi sosial dan sosialisasi.
VCD
Buku-buku sumber yang
relevan.
Surat kabar.
Masyarakat
|
2.4Mengurai-kan proses interaksi sosial
|
Proses sosial asosiatif
Proses sosial disosiatif.
|
Diskusi tentang proses
sosial asosiatif .
Diskusi tentang proses sosial disosiatif.
|
· Mengidentifikasi proses sosial asosiatif .
· Memberi contoh proses sosial disosiatif.
|
Tes tulis
Tes unjuk kerja
|
Tes Uraian
Panduan observasi
|
Jelaskan apa yang dimaksud
dengan kerjasama!
Cobalah identifikasi
contoh dan proses sosial disosiatif yang terjadi di lingkungan masyarakatmu!
|
6 JP
|
Gambar-gambar tentang
interaksi sosial dan sosialisasi.
VCD
Buku-buku sumber yang
relevan.
Surat kabar.
Masyarakat
|
Standar Kompetensi : 3. Memahami
usaha manusia memenuhi kebutuhan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.1. Mendes-krepsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi
yang bermoral dalam memenui kebutuh-an
|
Hakekat manusia sebagai
makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral
Makna manusia sebagai
makhluk sosial dan makhluk ekonomi.
Ciri-ciri manusia sebagai
makhluk sosial dan makhluk ekonomi.
Mengaplikasikan hubungan yang harmonis antar manusia sebagai makhluk
sosial dan ekonomi yang bermoral.
|
Mendiskusikan hakekat manusia hakekat makhluk sosial dan ekonomi
Mengkaji tentang makna
manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral
Membaca buku referensi selanjutnya
mendiskusikan ciri-ciri manusia sbagai
makhluk sosial dan ekonomi yg bermoral
Menyimpulkan cara mengaplikasikan hubungan yang harmonis antar manusia
sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral.
|
·
Mendeskripsikan hakekat manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang
bermoral
·
Mengidentifikasi makna manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk
ekonomi yang bermoral
·
Mengidentifikasi
ciri-citi makhluk sosial dan makhluk ekonomi yangbermoral
·
Mewujudkan hubungan yang harmonis antarmanusia sebagai
makhluk sosial & ekonomi yang
bermoral
|
Tes
Lisan
Tes tulis
Tes tulis
Observasi
|
Daftar pertanyaan
Tes Uraian
Tes pilihan ganda
Lembar Observasi
|
Coba berikan contoh dalam
kehidupan sehari-hari
kegiatan
manusia sebagai makhluk
sosial
Jelaskan makna manusia
sebagai
makhluk ekonomi yang
bermoral!
Berikut ini yang bukan
ciri-ciri makhluk sosial adalah :
a. saling tolong menolong
b. setia kawan dan toleransi
c. individual dan egois
d. simpati dan empati
Lakukan pengamatan pada
warga di sekitar tempat tinggalmu kegiatan sosial apa yang dilakukan
|
8 JP
|
Guru IPS
Buku Materi
Yang relefan
Lingkungan sekolah
Lingkungan
Keluarga
Lingkungan masyarakat
|
3.2.
Mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan
prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari
|
Pemanfaatan
sumber daya
ekonomi
Tindakan
ekonomi
Pengertian motif dan
prinsip ekonomi
macam-macam motif dan
prinsip ekonomi.
Kegiatan/tindak-an ekonomi sehari-hari
berdasar motif dan
prinsip ekonomi.
Manfaat/prinsip ekonomi dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Mendiskusikan perilaku manusia dalam memanfaatkan sumber daya
Mendiskusikan
tindakan ekonomi rasional
yg dila-kukan manusia
Mendiskusikan pengertian motif
dan prinsip ekonomi
Membaca literatur dan mendiskusikan macam – macam
motif dan prinsip Ekonomi
Mendiskusikan tentang
contoh-contoh dan pentingnya kegiatan / tindakan ekonomi yang
berdasarkan motif dan prinsip ekonomi
Tanya jawab tentang
manfaat/ pentingnya prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari.
|
· Mendeskripsikan perilaku manusia dalam memanfaatkan sumber daya yang
terbatas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya
· Mendeskripsikan berbagai tindakan ekonomi
rasional yang dilakukan manusia
· Mendefinisikan pengertian motif dan
prinsip ekonomi.
· Mengidentifikasi macam-macam motif dan prinsip
ekonomi.
· Mengaplikasikan
kegiatan / tindakan ekonomi sehari-hari berdasar motif dan prinsip
ekonomi.
· Mengidentifikasi manfaat /pentingnya prinsip
ekonomi dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tes Lisan
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Observasi
Tes tulis
|
Daftar pertanyaan
Tes Isian
Tes Uraian
Tes pilihan ganda
Lembar Observasi
Tes Uraian
|
Bagaimana sikap kita dalam
memanfaatkan sumberdaya
yang terbatas ?
Salah satu tindakan
ekonomi
yang rasional yg dpt kita
lakukan adalah ... .
Jelaskan pengertian motif
ekonomi.
Pada umumnya motif ekonomi
yang dilakukan manusia adalah karena ... .
a. kebutuhan
b. keuntungan
c. sosial
d. penghargaan
Amatilah kegiatan penduduk
disekitarmu! Buatlah laporan tentang kegiatan
sehari-hari yang dilakukan
berdasarkan motif ekonomi!
Tentukan 5 macam kegiatan
ekonomi yang dilakukan seseorang dalam
kehidupan sehari-hari yang berdasarkan
prinsip ekonomi.
|
6 JP
|
Guru PS
Ekonomi
Buku
Materi yg relevan
Keluarga
Lingkung
an masya
rakat
|
Mengetahui, Cicantayan, 18 Juli 2011
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran,
Drs Johan Abdul FAtah Rahdi
Galasaputra, S.IP
Silabus
Sekolah : MTs PSA
AL-FALAH “YASMI”
Kelas : VII(tujuh)
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Semester : 2(dua)
Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia
untuk mengenali perkembangan lingkungannya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
4.1.
Menggunakan
peta, atlas,dan globe, untuk mendapat-kan informasi keruangan
|
Pengertian peta, atlas, dan globe.
Jenis peta dan bentuk peta.
Penggunaan indeks, daftar isi, garis lintang dan bujur, serta keterangan
tepi pada peta, atlas, dan globe untuk mencari informasi geografis pada peta.
Skala peta.
Memperbesar dan memper-kecil peta.
|
Menyimpulkan perbedaan antara peta, atlas, dan globe.
Mengamati berbagai jenis dan bentuk peta.
Mengamati peta, atlas, dan globe tentang informasi
geografis yang ada di dalamnya.
·
Menelaah
arti berbagai jenis skala yang terdapat pada peta.
Praktik memperbesar dan memperkecil peta dengan garis-garis koordinat.
|
· Membedakan peta, atlas, dan globe.
· Mengidentifikasi jenis,bentuk dan pemanfaatan
peta.
· Mengidentifikasi informasi geografis dari peta,
atlas dan globe.
· Mengartikan
berbagai skala.
· Memperbesar dan memperkecil peta dengan bantuan
garis-garis koordinat
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes unjuk kerja
Tes tulis
Tes unjuk kerja
|
Tes Uraian
Tes Uraian
Tes identifikasi
Tes Uraian
Petik uji kerja produk
|
Jelaskan perbedaan peta dan atlas.
Jelaskan perbedaan peta umum dengan peta khusus
!
Carilah kota Ampenan pada Atlasmu dengan
menggunakan indeks .
Pada peta yang bersksla 1 : 5.000.000 jarak kota A ke B
hádala 5 centimeter. Berapakah jarak sebenarnya?
Pilihlah peta salah satu pulau di Indonesia
dalam atlasmu, kemudian perbesarlah 2 kali!
|
8 JP
|
Peta
Atlas
Globe
LKS
CD
Buku geografi yang relevan.
|
4.2.
Membuat
sketsa dan peta wilayah yang menggam barkan obyek geografi
|
Sketsa wilayah dan obyek geografi.
Menentukan skala peta.
Simbol-simbol geografi pada peta.
|
Membuat sketsa wilayah dan obyek geografi dari peta atau observasi
lapangan.
Menghitung dan menentukan skala peta.
Menentukan simbol-simbol geografi dapa peta.
|
· Membuat sketsa wilayah dan obyek geografi.
· Menentukan skala peta.
· Menentukan simbol-simbol geografi pada peta.
|
Tes unjuk kerja
Tes unjuk kerja
Tes unjuk kerja.
|
Uji petik kerja produk
Tes identifikasi
Tes identifikasi
|
Buatlah sketsa tempat
tinggalmu!
Tentukan skala sketsa yang
telah kamu buat!
Tentukan simbol-simbol
obyek yang ada di lingkungan tempat tinggalmu dan tempatkan pada sketsa yang
telah kamu buat.
|
4 JP
|
Peta
Atlas
Globe
LKS
Buku geografi yang relevan.
|
4.3.
Mendeskripsikan
kondisi geografis dan penduduk
|
Deskripsi kondisi geografis suatu wilayah pada peta.
Deskripsi kondisi peduduk suatu wilayah.
Kaitan antara kondisi geografis dengan keadaan
penduduk.
|
Membaca peta tentang kondisi geografis suatu wilayah.
Mendiskusikan keadaan penduduk suatu wialayah pada peta.
Diskusi tentang kaitan antara keadaan
geografis dengan keadaan penduduk.
|
· Mendeskripsikan kondisi geografis suatu wilayah
pada peta.
· Mendeskripsikan kondisi penduduk suatu wilayah.
· Menganalisis kaitan antara kondisi geografis
dengan keadaan penduduk.
|
Tes tulis
Tes unjuk kerja
Penugasan
|
Tes Uraian
Uji petik kerja produk
Tugas proyek
|
Perhatiakan peta Pulau
Sumatera. Jelaskan relief Pulau Sumatera agian timur!
Buatlah peta persebaran
penduduk daerah tempat tinggalmu!
Amatilah keadaan kepadatan
penduduk pada kondisi geografis tertentu (misalnya: di pantai, dataran
rendah, pegunungan)
|
4 JP
|
Peta Indonesia
Atlas
LKS
Buku sumber yang relevan
|
4.4.
Mendeskripsikan
gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap
kehidupan.
|
Sifat fisik atmosfer.
Unsur-unsur cuaca dan iklim.
Tipe-tipe hujan.
Faktor yang mempengaruhi suhu udara.
Proses terjadinya angin dan jenis-jenis angin.
Siklus hidrologi.
Jenis-jenis air permukaan dan air tanah.
Zona laut menurut letak dan keda-lamannya.
Batas
wilayah laut.
|
Mengamati dan tanya jawab
tentang keadaan udara di luar kelas untuk menyimpulkan sifat-sifat fisik
udara.
Tanya jawab tentang sifat
fisik atmosfer serta unsur-unsur cuaca dan iklim.
Mengamati gambar dan tanya
jawab tentang tipe-tipe hujan.
Menghitung
suhu suatu daerah berdasarkan ketinggian di atas permukaan air laut.
Pengamatan gambar dan tanya
jawab tentang proses terjadinya angina jenis-jenis angina, dan
contoh-contohnya.
Pengamatan gambar dan tanya
tentang siklus hidrologi.
Pengamatan langsung atau gambar tentang bentuk-bentuk tubuh air.
Pengamatan gambar dan peta serta tanya jawab tentang zona laut menurut
letak (laut pedalaman, laut tepi, laut tengah) dan kedalamannya (litoral,
batial dan abisal).
Pengamatan peta tentang batas-batas wilayah laut.
|
· Mendeskripsikan sifat-sifat fisik atmosfer.
· Mendiskripsikan
cuaca dan iklim.
· Mengidentifikasi
tipe hujan (orografis, zenithal, frontal).
· Menghitung
suhu suatu daerah berdasarkan ketinggian di atas permukaan air laut.
· Menganalisis
proses terjadinya angin dan memberikan contoh-contohnya.
·Mendeskripsikan siklus hidrologi dan bagian-bagiannya.
·Mengklasifikasikan bentuk-bentuk tubuh air permukaan
dan air tanah serta pemanfaatannya.
·Mendiskripsikan zona laut menurut letak (laut
pedalaman, laut tepi, laut tengah) dan kedalamannya (litoral, batial,
abisal).
·Menafsirkan pengertian batas landas kontinen, laut
territorial, dan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) dan menunjukkannya pada peta.
|
Tes lisan
Tes tulis
Penugasan
Tes tulis
Tes unjuk kerja
Portofolio
Unjuk kerja
Tes unjuk kerja
Tes lunjuk kerja
|
·
Daftar pertanyaan
·
Tes Uraian
·
Tugas rumah
Tes Uraian
Uji petik kerja produk
Karya
Uji petik kerja produk.
Tes identifikasi
Tes identifikasi
|
· Sebutkan sifat-sifat fisik udara !
·
· Tuliskan 5 unsur cuaca dan iklim!
· Buatlah gambar proses terjadinya , hujan
zenithal, hujan orografis, hujan frontal (pilih salah satu) ¡
Hitunglah suhu udara di kota Bogor yang terletak pada ketinggian 700 meter di
atas permukaan laut.
Buatlah gambar proses terjadinya angin fohn,
angin darat dan laut, angin gunung dan lembah (pilih salah satu) ¡
Buatlah gambar siklus
hidrologis dan bagian-bagiannya!
Sebutkan jenis-jenis air
permukaan!
Tunjukkan pada peta,
laut-laut yang termasuk dangkalan sahul!
Jelaskan apa yang dimaksud
dengan laut teritorial!
|
8 JP
|
Peta Indonesia
Atlas
LKS
Buku sumber yang relevan
Peta arah angin muson di Indonesia
Gambar-gambar.
|
Standar Kompetensi : 5. Memahaami perkembangan
masyarakat sejak masa Hindu-Buddha sampai masa Kolonial Eropa.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
5.1 Mendeskripsikan
perkem-bangan masyara-kat, kebudaya-an, dan pemerintahan pada masa
Hindu-Buddha serta peninggalan-pening-galannya.
|
Peranan perdagangan bagi masuk dan berkembangnya agama Hindu dan Buddha
ke Indonesia
Peta daerah yang di pengaruhi unsur Hindu dan Buddha
Perkembangan kerajaan Hindu Buddha (Kutai, Taruma Negara, Mata-ram kuno,
Sriwijaya,Kedi-ri,Singasari, dan Majapahit).
Peninggalan –peninggalan sejarah Kerajaan yang bercorak Hindu dan Buddha
|
Membaca referensi dan mengamati
atlas sejarah tentang masuk dan berkembangnya agama Hindu Buddha di Indonesia
Mengamati peta daerah yang dipengaruhi unsur Hindu dan Buddha
Membaca referensi dan mengamati gambar menyusun secara kronologi
perkembagan kerajaan Hindu dan Buddha
Mengamati gambar untuk mengenal peninggalan –peninggalan sejarah kerajaan
–kerajaan Hindu dan Buddha di Indonesia
|
·
Mendeskripsikan
masuk dan berkembangnya agama Hindu dan Buddha di Indonesia
·
Menunjukkan
pada peta daerah-daerah yang dipengaruhi unsur Hindu Buddha di Indonesia
·
Menyusun
kronologi perkembangan kerajaan Hindu-Buddha ke berbagai wilayah Indonesia
·
Mengidentifikasi
dan memberi contoh peninggalan-peninggalan sejarah kerajaan-kerajaan bercorak
Hindu-Buddha di berbagai daerah
|
Tes tulis
Penugasan
Tes tulis
Penugasan
|
Tes Uraian
Tugas
rumah
Tes pilihan ganda
Tugas rumah
|
Jelaskan proses masuknya
agama Hindu dan Buddha ke Indonesia
Kumpulkan gambar
peninggalan kerajaan Hindu Buddha dan kelompokkan seuai corak keagamaannya !
Kerajaan Sriwijaya dapat
berkembang besar karena berbagai faktor diantaranya ialah...
a.
wilayahnya
sangat luas
b.
hasil
hutannya melimpah
c.
memiliki
angkatan laut yang luas
d.
berhasil
menarik pajak dari pedagang luar negeri
Kumpulkan gambar –gambar
peninggalan sejarah kerajaan –kerajaan Hindu dan Buddha dan kelompokkan
masing –masing sesuai corak agamanya
|
6 JP
|
Buku sumber yang relevan
Atlas
sejarah
Foto
dan gambar
Benda
reflika
Musium
Situs sejarah
|
5.2 Mendeskripsikan perkem-bangan masyara-kat,
kebudaya-an, dan pemerintahan pada masa Islam di Indonesia, serta
pening-galan-pening-galannya.
|
Proses masuk dan berkembangnya agama Islam melalui aktivitas pelayaran
dan perdagangan antara Asia Barat, India dan Cina.
Saluran-saluran Islamisasi di Indonesia
Cara yang digunakan oleh Wali Songo/Ulama lainnya dalam menyebarkan
Islam.
Peta jalur dan daerah penyebaran
Islam di Inndonesia
Kronologi perkembangan kerajaan Islam di berbagai wilayah Indonesia
Contoh peninggalan –peninggalan sejarah
bercorak Islam di berbagai
daerah
|
Mengamati peta dan gambar-gambar untuk mendeskripsikan
masuk dan berkemangnya agama Islam ke Indonesia
Diskusi tentang saluran-saluran
Islamisasi di Indonesia
Tanya jawab tentang cara yang digunakan oleh Wali Songo/Ulama lainnya
dalam menyebarkan Islam.
Membaca dan mengamati peta jalur penyebaran Islam serta
diskusi membahas daerah-daerah yang dipengaruhi agama Islam
Dengan membaca referensi membahas perkembangan kerajaan
Islam di berbagai wilayah Indonesia
Dengan mengamati gambar-gambar dan bertanya jawab
tentang peninggalan sejarah bercorak Islam di berbagai daerah di Indonesia.
|
· Melacak proses masuk dan berkem-bangnya agama
Islam ke Indonesia
· Mendiskrepsikan saluran-saluran Islamisasi di
Indonesia
· Menjelaskan cara yang digunakan oleh Wali
Songo/Ulama lainnya dalam menyebarkan Islam.
· Membaca dan membuat peta jalur dan daerah
penyebaran Islam di Indonesia
· Menyusun kronologi perkem-bangan kerajaan
Islam di berbagai wilayah Indonesia
· Mengidentifikasi dan memberi contoh
peninggalan-peninggalan sejarah
bercorak Islam diberbagai
daerah
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Penugasan
Tes tulis
Penugasan
|
TesPilihan Ganda
Tes uraian
Tes Uraian
Tugas rumah
Tes Uraian
Tugas rumah
|
Masuknya agama Islam di
Indonesia diantaranya terjadi melalui....
a.proses perdagangan
b.perluasan wilayah
c.perebutan pengaruh
d.pengembangan kebudayaan
Jelaskan salura-saluran
Islamisasi di Indonesia!
Jelaskan peranan Sunan
Gunung jati dalam proses awal perkembangan Islam
Buatlah peta jalur
penyebaran Islam dan berilah batas –batas daerah-daerahyang dipengaruhi agama
Islam
Jelaskan faktor-faktor penyebab
kerajaan Aceh dapat berkembang pesat
Kumpulkan gambar-gambar
peninggalan sejarah bercorak Islam lakukan pemajangan
|
8 JP
|
Buku sumber yang relevan
Atlas
Sejarah
Foto
Fo /gambar peniggalan bercorak Islam
Ensiklopedi
Islam
Musium
Situs sejarah
|
5.3 Mendeskripsikan perkem-bangan masyara-kat,
kebudaya-an, dan pemerintahan pada masa Kolonial Eropa
|
Proses masuknya
bangsa-bangsa Eropa
ke Indonesia
Cara-cara yang digunakan
bangsa Eropa untuk mencapai tujuannya
Reaksi Bangsa Indonesia
terhadap bangsa Eropa; perlawanan terhadap
Portugis, Spanyol
dan VOC
Mendeskripsikanperkembangan
masyarakat,kebudayaan dan
pemerintahan pada masa
kolonial Eropa
|
Melacak proses masuknya bangsa-bangsa Eropa dengan mengamati peta
penjelajahan samodra
Membaca buku referensi tentang
cara-cara yang digunakan bangsa Eropa untuk mencapai tujuannya
Membaca referensi dan mengamati gambar-gambar perlawanan terhadap
Portugis ,Spanyol dan VOC
Membaca referensi tentang perkembangan kehidupan masyarakat ,kebudayaan
dan pemerintahan pada masa kolonial Eropa
|
·
Menguraikan
proses masuknya bangsa–bangsa Eropa ke
Indonesia
·
Mengidentifikasi
cara- cara yang digunakan bangsa Eropa
untuk mencapai tujuannya
·
Mengidentifikasi
reaksi bangsa Indonesia terhadap bangsa Eropa
· Mendiskripsikan perkembangan kehidupan masyarakat, kebudayaan ,dan
pemerintahan pada masa kolonial Eropa
|
Tes Tulis
Tes Tulis
Penugasan
Tes tulis
|
Tes Uraian
Tes Uraian
Tugas rumah
Tes Uraian
|
Jelaskan tujuan
kedatangan bangsa-bangsa datang ke
Indonesia
Jelaskan cara –cara yang
digunakan bangsa Eropa untuk mencapai tujuannya
Kumpulkan foto/gambar
perlawanan terhadap Portugis,
Spanyol dan VOC dan
buatlah mading dan urutkan kronologis
Bandingkan perbedaan
kehidupan pemerinthan sebelum dan sesudah masa kolonial Eropa
|
6 JP
|
BuBuku sumber yang relevan
Atlas Sejarah
Foto/ gambar
|
Standar Kompetensi : 6. memahami kegiatan ekonomi
masyarakat.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
6.1 Mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi penduduk,
penggunaan lahan, dan pola permukiman berdasarkan kondisi fisik permukaan
bumi.
|
·
Penggunaan lahan :
Macam-macam mata
pencaharian penduduk.
Kaitan bentuk muka bumi
dengan penggunaan lahan.
Bentuk penggunaan lahan di
pedesaan dan perkotaan.
Pola permukiman penduduk
(mengikuti alur sungai, jalan dan pantai).
Kaitan bentang lahan
dengan persebaran permukiman penduduk.
|
· Mencari informasi dari buku sumber atau media
belajar lain tentang macam-macam mata pencaharian penduduk.
·
Tanya jawab kaitan bentuk muka bumi
dengan penggunaan lahan.
·
Mengamati peta tata guna lahan dan
tanya jawab tentang penggunaan lahan di pedesaan dan perkaotaan..
·
Mengamati gambar dan tanya jawab
tentang pola permukiman penduduk (mengikuti alur sungai, jalan, pantai).
· Tanya
jawab tentang kaitan bentang lahan dengan persebaran permukiman
penduduk.serta alasan penduduk bermukim di suatu lokasi.
|
·
Mengidentifikasi
mata pencaharian penduduk (pertanian, non pertanian).
·
Mendeskripsikan
bentuk penggunaan lahan di pedesaan dan perkotaan.
·
Mendeskripsikan
pola permukiman penduduk (mengikuti alur sungai, jalan, pantai).
·
Mendiskripsikan
persebaran (agihan) permukiman penduduk di berbagai bentang lahan dan mengungkapkan alasan penduduk memilih
bermukim di lokasi tersebut
·
Mendeskripsikan
bentang lahan dengan persebaran permukiman penduduk.
|
·
·
Tes lisan
Tes
lisan
·
Tes tulis
·
Non tes
Tes tulis
|
·
Daftar pertanyaan
Daftar
pertanyaan
·
Pilihan Ganda
Rubrik
Tes Uraian
|
· Sebutkan macam-macam mata pencaharian penduduk
non pertanian !
Jelaskan penggunaan lahan
di daerah dataran rendah!
· Pola pemukiman penduduk di daerah sekitar alur
sungai adalah ….
a.memusat
b.menyebar
c.memanjang
d.melingkar
Buatlah gambar 3 pola pemukiman penduduk !
Jelaskan mengapa daerah
dataran rendah lebih padat dibanding dengan pegunungan?
|
6
JP
|
·
· Gambar kaitan bentuk muka bumi dengan
penggunaan lahan.
·
· Gambar pola-pola permukiman penduduk.
·
Peta persebaran permukiman penduduk.
·
LKS
·
CD
Buku geografi yang relevan.
|
6.2.
Mendeskripsikan
kegiatan pokok ekonomi, yang meliputi kegiataan konsumsi, produksi, dan distribusi barang
/jasa
|
Kegiatan
Pokok
ekonomi.
Pengertian konsumsi dan jenis barang-barang yang dikonsumsi siswa dan keluarga (harian, mingguan, dan
bulanan )
Skala prioritas dalam memenuhi
kebutuhan sebagai siswa.
Aspek- aspek positif dan negatif perilaku konsumtif seseorang.
· faktor-faktor yang mempenga-ruhi konsumsi seseorang
Pengertian produksi dan sumber daya ekonomi
Macam-macam sumber daya ekonomi
Etika ekonomi dalam memanfaatkan
fak tor-faktor produksi dalam kehidupan
satu uaha/bisnis
Usaha-usaha untuk mening-katkan jumlah dan mutu hasil produksi (bidang
Pengertian dan tujuan distribusi
Sistem distribusi beserta contohnya (langsung, tidak langsung dan semi
langsung)
Etika ekonomi dalam kegiatan distribusi yang memenuhi
unsur keadilan dan pemerataan.
Pengertian usaha, perusahaan dan badan usaha
|
Membaca buku referensi dan mendiskusikan pengertian dan
macam- macam kegiatan
pokok ekonomi
Mendiskusikan pengertian
Konsumsi dan jenis-
jenis barang yang
dikonsumsi siswa dan
keluarganya
Tanya jawab tentang skala
prioritas dalam meme-
nuhi kebutuhan
Mendiskusikan aspek
positif
dan negatif perilaku
konsumtif
Tanya jawab tentang faktor-faktor
yang mempengaruhi konsumsi
Seseorang
Mendiskusikan pengertian
Produksi dan sumber daya
Ekonomi
Tanya jawab macam- macam sumber daya ekonomi
Mendiskusikan etika
ekonomi dalam memanfaatkan faktor-faktor produksi
Mendiskusikan tujuan peningkatan jumlah dan
mutu hasil produksi
Mendiskusikan makna distribusi, tujuan distribusi
Tanya jawab tentangi
sistem
distribusi
Mendiskusikan etika ekonomi dalam melakukan distribusi
Mendiskusikan penger-
tian usaha, perusahaan dan badan usaha, dan memberikan contohnya.
|
·
Mendefinisikan
penger-
tian
dan macam-macam
kegiatan
ekonomi.
·
Mendefinisikan
pengertian
konsumsi dan jenis
barang-barang yang
dikonsumsi siswa dan
keluarga
( harian,
mingguan dan
bulanan ).
·
Menyusun
skala pri-
oritas
dalam meme-
nuhi kebutuhan
sebagai siswa.
· Mengidentifikasi aspek- aspek positif dan
negatif perilaku
konsumtif seseorang.
· Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi seseorang.
· Mendefinisikan pengertian produksi dan sumber
daya ekonomi
· Mengklasifikasi macam-macam sumber daya ekonomi
· Mengidentifikasi etika ekonomi dalam memanfaatkan fak tor-faktor produksi dalam
kehidupan
suatu usaha/bisnis
· Mengidentifikasi usaha-usaha yang dapat dilakukan guna meningkatkan jumlah dan mutu
hasil produksi (bidang industri dan
pertanian ) baik melalui
intensifikasi maupun ekstensifikasi
· Mendefinisikan
pengertian dan tujuan distribusi
· Mengklasifikasi sistem distribusi beserta
contohnya (langsung, tidak langsung dan semi langsung)
· Melakukan kegiatan yang menggambarkan contoh etika ekonomi dalam kegiatan distribusi yang memenuhi
unsur keadilan dan pemerataan.
·
Mendefinisikan
pe ngertian usaha, perusahaan dan badan usaha
|
Tes tulis
Tes lisan
.Penugasan
Penugasan
Tes tulis
Tes Lisan
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes Lisan
Penugasan
Observasi
Tes tulis
|
Isian
Daftar pertanyaan
Tugas rumah
Tugas rumah
Pilihan Ganda
Isian
Isian
Tes Uraian
Tugas Rumah
Daftar pertanyaan
Tes Uraian
Tugas Rumah
Tes Uraian
|
Kegiatan pokok ekonomi
adalah a)............... b)
................ c) .........
Jelaskan pengertian
konsumsi
Susunlah daftar konsumsi
yang dibutuhkan siswa, kemudian susunlah berdasarkan sk ala prioritas.
Susunlah dafatar konsumsi
yang dibutuhkan keluarga di rumahmu , menurutmu bagaimana hubungan nya dgn
sikap komsumtif di keluargamu.
Berikut ini yang bukan termsuk faktor-faktor yang mempengaruhi pola
konsumsi seseorang adalah ...
a. penghasilan per bulan
b. jumlah anngota keluarga
c. pendidikan dan
lingkungan
d. keinginan untuk maju
Pengertian produksi adalah
... .
Sumberdaya ekonomi ada
empat macam yaitu :
a. ............ b. .............
c. ............ d. .............
Etika ekonomi dalam meman
faatkan sumber daya ekonomi dapat dilakukan dgn cara bagaimana ?
Peningkatan mutu dan jumlah hasil produksi dapat dilakukan dengan
beberapa cara, sebutkan.
Sebutkan tujuan distribusi
Ada tiga sistim
distribusi, sebutkan dan jelaskan masing-masing
Bentuk etika ekonomi yang
bagaimana dalam melakukan kegiatan distribusi ?
Jelaskan perbedaan
perusahaan dengan badan usaha
|
8 JP
|
Toko/warung
di sekitar
sekolah
Sentra-sentra
usaha yang
ada di sekitar
sekolah dan
masyarakat
tempat tinggal
siswa keluarga
Jalan raya
Pasar
Lingkungan sekolah
|
6.3. Mendes-kripsikan peran badan usaha,
termasuk koperasi, sebagai tempat berlangsungnya proses produksi dalam kaitannya dengan pelaku
ekonomi
|
Macam- macam badan usaha. (menurut
pemilik modal, lapangan usaha banyaknya pekerja dan menurut bentuk hukum)
Tujuan badan usaha(milik
negara/daerah, milik swasta, koperasi)
Pertimbangan yang perlu
diperhatikan dalam berbisnis
Kriteria badan usaha yang
dikelola secara profesional dan
manusiawi.
Peranan pemerintah sebagai
pelaku dan pengatur kegiatan ekonomi
|
Membaca literatur
selanjutnya mendiskusikan jenis-je nis badan usaha menurut pemi lik modal, la
pangan usaha, jumlah pekerja serta menurut bentuk hukum /yuridis
Tanya jawab tentang misi/tujuan
BUMN / BUMD, BUMS dan
Koperasi
Mendiskusikan beberapa
pertimba ngan yang perlu diperhatikan
dalam berbisnis
Tanya jawab tentang kriteria badan usaha yang dikelola secara profesional dan manusiawi.
Mendiskusikan peranan
pemerintah sebagai pelaku dan pengatur kegiatan ekonomi
|
·
Mendeskripsikan macam- macam badan usaha. (menurut pemilik modal, lapangan usaha
banyaknya pekerja dan menurut bentuk hukum)
·
Mengidentifikasi
misi/tujuan badan usaha(milik negara
/daerah, milik swasta,
koperasi)
·
Mengidentifikasi beberapa
pertimbangan yang perlu diperhatikan
dalam berbisnis
·
Mengidentifikasi
badan usaha yang dikelola secara
profesional dan manusiawi
·
Mendeskripsikan peranan pemerintah sebagai pelaku dan
pengatur kegiatan ekonomi
|
Tes Lisan
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Penugasan
|
Daftar Pertanyaan
Tes pilhan ganda.
Tes uraian
Tes uraian
PR
|
Susunlah macam-macam badan
usaha menutut bentuk hukumnya yang ada di sekeliling tempat tinggalmu /
daerahmu
Berikut ini yang bukan
prinsip koperasi adalah ... .
a.
keanggotaan sukarela
b.
pengelolaan demokratis
c.
pembagian SHU sesuai jabatan
d.
dilakukan secara mandiri
Jelaskan tujuan pemerintah
mendirikan badan usaha.
Sebutkan 4 pertimbangan yang perlu diperhatikan
ketika seseorang akan mendirikan perusahaan (berbisnis)
Sebutkan peranan
pemerintah sebagai pengatur dan pelaku kegiatan ekonomi
|
6 JP
|
Guru IPS
Ekonomi
Buku
Materi
Koperasi / kantin
sekolah
Pasar
BUMN/
BUMS yang
ada di wila-yah
masing-masing daerah
Guru
Buku yg relevan
Contoh benda hasil
kreatifitas
Contoh jasa hasil
kreatifitas
|
6.4. Menggunakan gagasan kreatif dalam tindakan
ekonomi untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan
|
Kreativitas dalam tindakan
ekonomi.
Pentingnya inovasi dan syarat-syarat inovasi dalam kehidupan sehari-hari.
Proses kemandirian dalam usaha meningkatkan kesejahteraa
Praktik kreatifitas dan
inovasi.
Gagasan dan berlaku
kreatif,
Inovatif dan kemandirian
dalam kehi- dupan ekonomi
|
Mendiskusikan pengertian
kreatif dan contoh aplikasinya
dalam tindakan ekonomi
Tanya jawab tentang inovatif dan manfaatnya
Mendiskusikan pengertian
mandiri, kemandirian dan usaha-usaha yang dilakukan agar mampu melakukannya
Mengklasifikasi hasil
produktifitas dan inovasi
Mendiskusikan hasil
ekonomi yang kreatif dan inovatif
|
· Mendefinisikan pengertian kreatif
dan proses kreatifitas dalam
tindakan ekonomi
·
Mendefinisikan
pengertian
inovatif dan manfaatnya dalam
kehidupan sehari-hari yang
mampu mendorong peningkatan kesejahteraan
·
Mengidentifikasi
proses
kemandirian dalam usaha meningkatkan
kesejahteraan
· Berlatih mengerjakan sendiri dan kreatifitas
dan inovasi yang direncakan
· Membuat produk berupa barang/ jasa dari sumber
daya yang dimiliki.
|
Tes tulis
Tes lisan
Penugasan
Tes tu;lis
Tes unjuk kerja
|
Tes Uraian
Daftar pertanyaan
Tugas rumah
Tes uraian
Uji Petik kerja produk
|
Jelaskan arti kreatif dan
kreatifitas dalam tindakan ekonomi
Perlukah inovatif bagi
seseorang dan kenapa ?
Bentuk kreatifitas apakah
yang kamu lakukan agar kamu sukses dan naik kelas ?
Proses kemandirian harus
dimulai dari diri sendiri, dari mana kamu mulai hidup mandiri ?
Buatlah salah satu produk
yang me-rupakan bentuk kreatifitas kamu sebagai siswa (taplak meja, hiasan
dinding, bunga-bungaan, dan wayang)
|
6 JP
|
Mengetahui, Cicantayan, 18 Juli 2011
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran,
Drs Johan Abdul FAtah Rahdi
Galasaputra, S.IP
No comments:
Post a Comment