RENCANA
PELAKSANA PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
Kelas :
VII ( tujuh )
Mata Pelajaran :
SENI BUDAYA /SENI MUSIK
Semester :
1 (satu)
Alokasi Waktu :
2 x 40 menit
Standar Kompetensi :
Mengapresiasikan Karya Seni
Musik
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi jenis
lagu daerah setempat
Indikator :
· Mengidentifikasi jenis-jenis lagu etnik
dari daerah setempat
·
Mengidentifikasi
elemen-elemen musik; irama, tempo, nada, dinamika dan dari lagu daerah setempat
·
Mendeskripsikan
lagu (pemainan pergaulan) yang ada di daerah setempat
- Tujuan Pembelajaran
Pada akhir
pelajaran siswa dapat
a.
menyebutkan judul lagu yang
diperdengarkan
b. menyebutkan elemen-elemen lagu seperti :
irama, nada, tempo dan dinamika lagu
c. menjelaskan makna dari lagu daerah
setempat
2. Materi Ajar : lagu etnik daerah setempat
3. Metode :
ModelPendekatan Ctldan Lifeskill
4.
Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan
Pendahuluan
a.
Tanya jawab berbagai hal terkait
dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan
b.
Kegiatan Inti
·
Mendengarkan lagu-lagu etnik
daerah setempat melalui VCD/CD/kaset atau guru
·
Mendiskusikan
tentang elemen-elemen musik seperti : irama, tempo, nada serta dinamika
·
Melakukan
tanya jawab tentang lagu yang sudah diperdengarkan
·
Memberikan tanggapan pribadi
secara lisan atau tertulis.
c.
Kegiatan Akhir
Menanyakan
kesulitan siswa selama PBM
Menyimpulkan materi pembelajaran
5. Alat/Sumber belajar : Buku
teks, lagu-lagu etnik daerah, dan vcd/cd/kaset/guru
6. Penilaian : Teknik : Tes lisan/ tertulis
Bentuk Instrumen : Daftar pertanyaan
Contoh
Instrumen : a. Sebutkan nama irama,dinamika,tempo lagu yang
diperdengarkan
b. Sebutkan alat musik yang digunakan dalam lagu
yang diperdengarkan
c. Sebutkan fungsi lagu yang diperdengarkan
dalam kehidupan masyarakat setempat
d. Ceritakan makna lagu yang diperdengarkan
RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
Kelas : VII ( tujuh )
Mata Pelajaran : Seni Budaya/seni Tari
Semester : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Standar
Kompetensi : Mengekspresikan Karya Seni
tari
Kompetensi Dasar : Mengekplorasi gerak dan pola lantai
dari tari tunggal daerah setempat
Indikator : a. Menyebutkan jenis-jenis tari tunggal
daerah
Setempat
b.
Menyebutkan
ragam gerak tari tunggal
c.
Menjelaskan
keragaman tari tunggal berdasarkan fungsinya dalam masyarakat daerah setempat
1. Tujuan Pembelajaran : Siswa mampu :
a. membuat eksplorasi gerak tari
tunggal
b. membuat pola lantai gerak tari tunggal
c. membuat komposisi tari sederhana.
d. melengkapi tari dengan tata rias dan busana.
e. menampilkan tari hasil ciptaan sendiri.
2. Materi Ajar :
tari tunggal dari daerah setempat
3. Metode :
Demonstrasi, resifrokal (saling menilai)
4. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan
Pendahuluan
a. Tanya jawab berbagai hal
terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan apresiasi.
b. Kegiatan Inti
1.
Menyaksikan,
mengamati tari etnik daerah setempat melalui VCD/CD/casset
2.
Mendiskusikan
tentang unsur-unsur tari
3.
Membuat
gerakan tari yang sesuai dengan tata rias dan tata busana tari
4.
Mendiskusikan
pola lantai untuk tari tunggal
5.
Latihan
tari sesuai komposisi yang dirancang
6.
Menampilkan
tari yang sudah dirancang
c. Kegiatan Penutup
Membuat kesimpulan
hasil latihan kelompok tentang tari etnik daerah setempat
5.
Sumber belajar : Buku teks
tarian etnik daerah setempat
tape recorder dan
vcd/cd
guru
6.
Penilaian : Teknik : Tes unjuk kerja,
lisan,
Tulis dan
penugasan.
Bentuk
Insrumen : uji petik prosedur dan
Produk,pertanyaan
Lisan dan simulasi.
Contoh instrumen : a. buatlah pola lantai yang sesuai dengan
komposisi yang berdasarkan tari etnik daerah setempat
b.
peragakan/tampil kan hasil karya tarimu didepan kelas
Contoh lembar penilaian penampilan
tari
Aspek-aspek
yang dinilai
|
Kriteria
Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Teknik kaki
|
|||||
Teknik tangan
|
|||||
Koordinasi gerak kaki dan tangan
|
|||||
Kelenturan
|
|||||
Keserasian gerak tari dengan musik
pengiring, dan penjiwaan.
|
Keterangan :
1 = sangat
kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik
No comments:
Post a Comment